30 Apr 2019
2870

Eirudo.com Meraih Site of the Year - Indonesia Website Awards 2018

Eirudo.com Meraih Site of the Year - Indonesia Website Awards 2018

Eirudo Diky Ardiansyah Site of the Year Indonesia Website Awards (IWA) 2018

Hai! Terima kasih atas dukungan kalian semua yang membuat Eirudo masih tetap mempertahankan blognya dan masih nyempetin update di tengah-tengah kesibukan. Berkat kalian yang masih rajin berkunjung, Eirudo juga jadi semangat akan memperbaiki lagi Blog ini.

Puji syukur, Eirudo terpilih sebagai pemenang Site of the Year Indonesia Website Awards 2018 pada kategori Personal.

Tentu berkat dukungan kalian juga 😀 Kalian yang masih rajin baca-baca meskipun Eirudo sudah jarang sekali posting, sehingga Eirudo masih mau mempertahankan Blog ini tetap online. Dan berpartisipasi pada Awards ini.

Awal mencoba submit Eirudo.com ke IWA 2018 waktu itu iseng Googling dan entah kenapa nemu Indonesia Website Awards. Kemudian mencoba untuk submit dan ikut serta. Beberapa bulan kemudian Eirudo mendapatkan email pemberitahuan apabila terpilih menjadi Site of the Month di bulan Juni. Yang nantinya ikut serta masuk nominee yang akan dipilih lagi salah satu untuk menjadi Site of the Year IWA 2018 di malam penghargaan IWA.

Alhamdulillah, tidak menyangka kalau Eirudo akan lolos terpilih sebagai
Site of the Year Indonesia Website Awards 2018. Terima kasih Exabytes!

Mendapat Undangan Untuk Hadir di Malam Penghargaan

Yang terpilih sebagai SOTY (Site of the Year) akan diumumkan di malam penghargaan. Jadi yang sudah masuk nominee dan sudah diketaui hasilnya hanya SOTM (Site of the Month) saja, karena telah dipost di website IWA.

Pagi-pagi saat asik bekerja, mendapat telpon masuk. Dari Exabytes. Memberitahukan perihal undangan karena Eirudo menjadi salah satu yang terpilih di SOTM. Untuk hadir ke malam penghargaan IWA di Jakarta.

Indonesia Website Awards 2018

Waduh, berhubung Eirudo berdomisili di Surabaya saat ini, agak ragu awalnya untuk datang. Karena Surabaya dan Jakarta sangat jauh, dan Eirudo belom pernah ke Jakarta sebelumnya. Ya, Eirudo memang terbiasa ke luar kota sendirian. Namun untuk ke kota yang belum pernah di kunjungi memang agak parno sendirian hehe. Karena belum mengenal lingkungannya.

Jadi Eirudo mempertimbangkannya terlebih dahulu selama 3 hari, sekalian minta ijin kerja di kantor. Jika diperbolehkan, Eirudo akan berangkat ke Jakarta. Gakpapa, sekalian jalan-jalan dan bertemu teman-teman yang ada di sana.

Karena bossku juga sangat baik, tentu saja diperbolehkan. Karena Eirudo juga memberikan alasan yang jelas kenapa meminta ijin libur. Langsung semangat cari tiket berangkat.

Bingung kan ya, belum pernah ke Jakarta. Jadi belum tau harus naik apa. Untungnya, di tanggal 26 ternyata ada teman Eirudo di sini yang pergi ke Jakarta juga. Naik kereta. Jadi Eirudo barengan saja ama dia. Duduk satu kursi yang sama.

Lucky me! Dapat hotel di tengah kota juga sehingga nanti mau ke mana-mana juga nggak susah.

Apa sih IWA itu?

IWA merupakan Indonesia Website Awards yang diadakan Exabytes untuk memicu semangat pada web developer dan web designer untuk saling berkarya membuat website terbaiknya. Diadakan setiap tahun. Dan ini ke-2 kalinya diadakan di Indonesia.

Yang nanti setiap website yang ikut serta, akan dipilih 1 website pada masing-masing kategori setiap bulannya. Dibedakan menjadi 3 kategori yaitu UKM/E-Commerce, Commercial, dan Personal. Jadi dalam satu tahun akan ada sekitar 36 website yang dipilih. Yang kemudian dipilih salah satu lagi untuk memenangkan Site of the Year pada masing-masing kategori.

Selain itu, yang tidak terpilih pun berkesempatan memenangkan Public Favorites Award, yaitu website yang divoting terbanyak oleh umum.

Exabytes menjadi penyelenggara acara ini. Juga UpCloud yang merupakan Co-organizer acara IWA 2018.

Yang akan dinilai pada kompetisi ini adalah mulai dari design UI/UX, konten, performa akses websitenya, hingga SEO.

Menambah ilmu dan wawasan baru seputar Web Development di malam Penghargaan

Tidak hanya acara pengumuman pemenang Site of the Year saja, di acara ini kita juga dapat menambah wawasan baru tentang Web Development dan apa saja poin penting dalam membentuk sebuah website. Wah, nambah ilmu baru! Dengan begitu bisa mengoreksi lagi website yang ada sekarang untuk menjadi lebih baik lagi.

Sebelum mengumumkan para pemenang, para Juri akan memberikah sharing ilmu mereka. Tentang web development.

Siapakah saja jurinya? Ada kak Ivan Kristianto dari Google Developer Expert, Kak Ahmad Syarif Founder dan CEO-nya CyberLabs group.

Malam Penghargaan Indonesia Website Awards 2018

Malam penghargaan IWA 2018 diadakan di Union Space Satrio Tower lantai 16, Kuningan, Jakarta Selatan. Pada tanggal 27 April 2019. Acara dimulai pukul 5 sore.

Mau berangkat ke acara IWA, agak apes. Kenapa? Kemejaku kusut! Sudah disetrika sebelumnya tapi sepertinya kusut lagi selama dalem tas naik kereta ke Jakarta. Waduh, panik. Akhirnya tetep dipake juga meski kusut. Dan berharap gak ada yang notice. Eh, ketara banget dong pas di atas panggung :')

Hampir telat, karena sedang gerimis sehingga cari ojek online susah. Untungnya ada dan abangnya aku minta agak ngebut hehe. Sampai di Gedung Cyber Tower. Langsung ngabrit ke lantai 16. Sudah banyak sekali yang datang di sana. Untung acaranya belum di mulai. Kirain bakal telat.

Agak kayak orang ilang, karena aku belum mengenal siapapun di sana :') Cuman sempet ngajak ngobrol yang duduknya sebelahan saja. Dan acara pun dimulai.

Selain membacakan para pemenang Site of the Month, kita juga mendapat banyak sekali ilmu baru tentang Web Development dari para Juri. Wah dapat wawasan baru nih.

Hingga di penghujung acara, pembacaan pemenang Site of the Year Indonesia Website Awards 2018. Dag dig dug dueeer! Apakah Eirudo bisa? Pesimis banget tentunya.

Gimana gak pesimis? Eirudo designnya mencolok mata, headernya alai bisa gerak-gerak, juga jarang posting karena udah sibuk kerja. Pas pulang kerja udah kerasa capek hingga malas buka laptop lagi. Dan kebetulan laptopnya juga rusak pada keyboarnya. Lengkap sudah hehe.

Ditambah lagi, konten di Eirudo nulisnya suka nggak berniche khusus. Apapun yang ingin Eirudo tulis, ya ditulis. Gak rapih banget ya. Mohon maaf, kedepannya mau dirapihin deh XD

Dan para pemenang SOTY (Site of the Year) Indonesia Website Awards 2018 adalah:

Terima kasih Exabytes T^T gak nyangka Eirudo yang bakal dipilih sebagai pemenang SIte of the Year 2018. Ini bakal jadi semangat tersendiri buat Eirudo agar terus update dan upgrade websitenya menjadi lebih baik lagi.

Eirudo Diky Ardiansyah Site of the Year Indonesia Website Awards (IWA) 2018Eirudo.com - Site of the Year IWA 2018

Jadinya Eirudo bawa pulang 2 trophy dan 2 sertifikat/piagam sekaligus. Karena terpilih sebagai STOM (Site of the Month) juga SOTY (Site of the Year).

Di malam penghargaan ini Eirudo mendapat hadiah yang nggak sedikit, yang bisa Eirudo gunakan untuk upgrade dan maintenance website ini kedepannya. Seneng banget tentunya! Jadi Eirudo tetep bisa online-in semua domain-domain yang Eirudo punya. Semoga semua project Eirudo yang kelelep waktu bisa dirampungin ya.

Selama di acara, aku nervous banget. Groginya gak ketulungan hingga bingung mau ngomong apa, salah tingkah juga. Maklum, nggak pernah dateng ke acara seperti ini sebelumnya. Gak pernah segemeter ini naik ke panggung. Bingung, seneng, kaget, jadi satu. Di tambah lagi di sana kan sendirian karena nggak ditemenin ama temen.

Terima kasih Exabytes! Eirudo janji bakal lebih semangat lagi dan berusaha menjadi lebih baik dari ini. Teman-teman juga ya, ayo semangat blogging!

Juga dimuat di:

Summary
Eirudo.com Meraih Site of the Year - Indonesia Website Awards 2018
Article Name
Eirudo.com Meraih Site of the Year - Indonesia Website Awards 2018
Description
Gak nyangka, eirudo.com bisa menjadi pemenang Site of the Year Indonesia Website Awards (IWA) 2018 pada kategori personal.
Author
Publisher Name
Eirudo
Publisher Logo
Caci Maki Kalian
Site of the Year - Indonesia Website Awards (IWA) 2018
Download