11 Dec 2019
396

Keren Untuk Foto! Wisata Bumi Kitiran di Desa Bumiaji

Keren Untuk Foto! Wisata Bumi Kitiran di Desa Bumiaji

Barangkali kalian sudah pernah lihat di salah satu feed akun Instagram teman kalian. Berupa lahan luas dan penuh dengan kincir angin warna-warni. Ya, tempat yang keren itu disebut dengan Bumi Kitiran. Yang artinya Bumi Kincir Angin dalam bahasa Jawa.

Disebut dengan Kitirian (kincir angin), karena lahan tersebut tidak diisi dengan tanaman ataupun bunga-bunga. Melainkan ditanam ribuan kincir angin yang memiliki warna berbeda. Dan tentunya akan saling berputar ketika tertepa angin.

Eirudo - Bumi Kitiran Bumiaji Kota Wisata BatuBumi Kitiran, Desa Bumiaji
Kota Wisata Batu

Bumi Kitiran ini terletak di Desa Bumiaji, Kota Wisata Batu. Meskipun lokasinya agak masuk ke dalam dan naik bukit, medannya sedikit susah untuk dilewati karena belum diaspal dan masih melewati persawahan dan jalanan berbatu.

Jika kalian ingin ke sini, pastikan motor kalian dalam keadaan baik ya. Karena jalanan yang akan dilalui sedikit kurang bersahabat huehe. Kabar baiknya, kalian bisa ke sini menggunakan mobil. Sayangnya jalanan yang kurang lebar, sehingga hanya cukup untuk satu mobil dan satu motor ketika berlawanan arah.

Namun, keindahan bukit kitiran yang penuh warna tidak akan menghentikan para pengunjung untuk datang. Sebenarnya tidak begitu ada yang spesial dari tempat ini. Karena hanya berupa lahan seperti sawah pada umumnya, hanya saja yang ditanam bukanlah tanaman. Melainkan kincir angin.

Tetapi keindahannya membuat para wisatawan tetap datang. Meskipun tempat ini sebenarnya biasa saja, namun tetap sangat terlihat bagus saat di dalam foto ataupun video. Itu sebabnya tetap banyak yang datang untuk berfoto. Lumayan tuh untuk isi feed Instagram. Dan hasil fotonya di sini selalu bagus.

Jadi tempat ini memang lebih cocok untuk tempat berfoto-foto ataupun video, dibandingkan sebagai tempat berwisata.

YouTube video

Telebotties

Di tiap tepi atas terdapat beberapa pendopo yang bisa kalian gunakan untuk beristirahat dan berteduh. Maklum, karena pada dasarnya lahan ini merupakan sawah biasa, sehingga terik panas matahari sangat terasa jika kalian ke sini pada siang hari.

Ada beberapa pendopo yang bisa digunakan untuk beristirahat ataupun sekadar berteduhAda beberapa pendopo yang bisa digunakan untuk beristirahat ataupun sekadar berteduh

Bagi kalian yang tinggal di perkotaan, boleh banget ke sini untuk menikmati pemandangan kincir angin yang luas di suasana persawahan. Karena nggak akan kalian dapatkan suasana seperti ini di kota.

Harga tiket masuknya? Sangat murah! Cukup dengan Rp 10.000,- saja kalian sudah bisa menjelajahi Bumi Kitiran ini, berfoto, maupun hanya sekadar duduk di pendopo untuk berteduh dan menikmati pemandangan. Tiket parkir juga murah, harga standar pada umumnya. Dengan harga hemat tersebut, kalian sudah bisa menambah stock foto-foto keren untuk Instagram kalian.

Eirudo - Bumi Kitiran Bumiaji Kota Wisata Batu

Namun tetap jaga ketertiban dan kebersihan ya! Jangan membuang sampah sembarangan ataupun merusak kincir angin yang ada.

Eirudo, Ricky Tsano, Dahlia Fatmawati, Opin - Bumi Kitiran Bumiaji Kota Wisata BatuEirudo, Ricky Tsano, Dahlia Fatmawati, Opin - Bumi Kitiran Bumiaji Kota Wisata Batu
@budaksanten @dahliaFATmawati
@Eirudo @opinopin

Menginat ini lahan sawah yang terbentang dan di perbukitan, akan sangat terasa panas di siang hari pastinya. Jangan khawatir, di area parkir juga terdapat satu warung kecil yang menjual berbagai minuman segar seperti Es Jeruk Peras, Es Kelapa, Es Blewah, juga Pop Ice blender.

Tertarik untuk datang kemari? Jangan lupa bawa sunblock ya. Hehe. Dan juga pastikan kendaraan kalian dalam keadaan baik untuk melewat medan yang agak sulit. Selain itu, tidak ada angkutan umum yang melewati Bumi Kitiran. Mungkin kalian masih bisa menggunakan Ojek Online. Karena lokasi di perbukitan, tentu tidak ada alamat jelas ataupun nama jalan. Sehingga cukup ikuti GPS atau Maps saja.

Summary
Keren Untuk Foto! Wisata Bumi Kitiran di Desa Bumiaji
Article Name
Keren Untuk Foto! Wisata Bumi Kitiran di Desa Bumiaji
Description
Gak perlu jauh-jauh ke Zaanse Schaans untuk lihat kincir angin, di Indonesia juga ada wisata kincir angin dengan kearifan lokal yang cakep.
Author
Publisher Name
Eirudo
Publisher Logo
Caci Maki Kalian
Site of the Year - Indonesia Website Awards (IWA) 2018
Download