15 May 2020
310

Kartu Debit BCA Mastercard, Bisa Digunakan Untuk Transaksi Online!

Kartu Debit Mastercard BCA kini sudah bisa digunakan untuk transaksi Online

Kartu Debit Online BCA Mastercard

Ada kabar gembira nih buat kamu nasabah Bank BCA yang memiliki kartu Debit Mastercard. Karena, sekarang fitur Debit Online BCA Mastercard sudah bisa digunakan.

Hah? Yang gimana tuh? Artinya, nomor kartu debit kamu, bisa digunakan untuk pembayaran online selayaknya menggunakan kartu kredit. Jadi di mana saja pembayaran online yang menerima kartu Mastercard sebagai pembayaran, kamu bisa gunakan kartu debit BCA kamu.

PERHATIAN! meskipun nomor kartu debitmu bisa digunakan pembayaran online (seperti pakai kartu kredit), namun pembayaran tetap full 100% ya, alias gak bisa dicicil apalagi ngutang. Kan kartu debit, bukan kredit. Dan saldo yang digunakan adalah saldo di rekening kamu. Otomatis terpotong saat itu juga (harus banget ya dijelasin).

Beberapa Bank lain juga sudah lebih dulu menerapkan sistem Debit Online ini. Contohnya seperti BTPN Jenius, Digibank (dari Bank DBS), juga PermataMe (dari Bank Permata). Ketiga bank ini lebih dulu menerapkan debit online. Yah, sebelumnya kan aku udah bahas tentang kartu Jenius. Kamu bisa baca lagi di sini.

Sama seperti produk debit online lainnya, Debit Online BCA ini juga sudah dilengkapi dengan Mastercard SecureCode. Untuk membuat transaksimu lebih aman. Jadi ketika kamu melakukan transaksi online, maka diperlukan verifikasi menggunakan kode OTP yang dikirimkan melalui SMS.

Dengan begitu, kalaupun informasi kartumu tercuri saat online (amit-amit, misal loh ini, MISAL) mereka tetap gak bisa transaksi menggunakan nomor kartumu karena perlu memasukkan kode OTP yang dikirim melalui SMS terlebih dahulu. Transaksi online kamu jadi lebih aman.

Bayar Netflix pakai Debit Online BCA MastercardBayar Spotify pakai Debit Online BCA MastercardBayar langganan Netflix dan Spotify
sekarang bisa pakai kartu debit BCA Mastercard

Untuk pembayaran online, contohnya apa saja nih? Contohnya ya kalau kamu belanja online di berbagai marketplace di Indonesia (pasti adalah opsi pembayaran pakai kartu Mastercard/VISA), kemudian kamu juga bisa gunakan untuk bayar langganan Netflix, Google Play, iTunes, higga Spotify!

Dan buat kamu yang punya akun PayPal, kamu juga bisa gunakan kartu debitmu ini untuk verifikasi akun PayPal kamu jika masih belum terverifikasi. Cuman aku gak rekomendasiin sih untuk PayPal salnya kartunya terhubung dengan saldo rekening kamu. Kalo akun PayPalmu kebobol (siapa tahu), bisa terkuras abis itu saldo rekeningmu hehe...

Sebelumnya aku juga udah pernah bahas kan soal ini, bahkan untuk kartu debit Jenius saja, aku menyarankan menggunakan yang e-Card (kartu virtual) saja kalau untuk PayPal. Bukan m-Card kartu fisik Jenius yang mana jadi kartu utamanya dan nyambung dengan saldo rekeningnya langsung. Coba baca lagi di sini.

Jadi biar amannya, ketika melakukan pembayaran online, langsung hapus lagi ya info kartunya. Jangan disimpan. Biasaya ada kok opsi/pilihan untuk tidak menyimpan informasi kartu.

Cara mengaktifkan Debit Online BCA Mastercard

Oh iya. Fitur debit online ini bisa kamu nikmatin setelah update aplikasi BCA Mobile ke versi terbaru ya. Kamu bisa download di AppStore maupun Android.

Belum install BCA Mobile? Waduh kebangetan lo Bro masa belom install...

Buat kamu yang udah install, berikut ini cara-caranya

  1. Buka Aplikasi BCA Mobile kamu, klik m-BCA kemudian masukkan kode akses seperti biasanya.
    Menu utama m-BCAPilih m-BCA dan masukkan PIN m-BCAMasukkan kode akses m-BCA
  2. Tuh, abis update tampilan aplikasinya lebih terlihat bersih dan rapi kan? Ya meskipun UI-nya masih klasik banget sih. Tapi better lah gak gedhe-gedhe tombolnya kek jempol abis keinjek gajah.
    Tampilan menu m-BCATampilannya lebih yahud
  3. Selanjutnya, klik Akun Saya di pojok kanan bawah.
    Kartu Debit Online BCA MastercardKlik menu Akun Saya
  4. Nah, bakal nampak tampilan kartu kamu. Beserta info kartunya. Seperti nomor kartu, nama kamu, juga tanggal expired kartu kamu. Untuk 3-digit kode CVV kartu, kamu cek sendiri di bagian belakang kartu fisik-nya ya!
    Tampilan menu Akun Saya m-BCATampilan menu Akun Saya dan info kartu
  5. Setelah itu, klik tombol Kontrol.
    Kontrol ya, Kontrol! Jangan sengaja salah baca. Gak ada akhlak emang.
    Klik tombol KontrolInget ya, tombol Kontrol
  6. Nah, di tampilan berikutnya,
    terlihat kalau bagian Transaksi Debit Online kamu masih belum diaktifkan.
    Tampilan menu kontrol m-BCADebit online belum diaktifkan
  7. Oh ya sedikit catatan mengenai link Atur Nomor Handphone yang ada di bawahnya:
    • Di situ kamu bisa mengubah nomor HP mana yang kamu gunakan untuk menerima SMS OTP saat melakukan transaksi online menggunakan kartu debit kamu. Karena Debit Online BCA ini telah dilengkapi dengan Mastercard SecureCode.
      Kartu Debit Online BCA MastercardKalau misal mau ganti HP
    • Saat kita mengaktifkan m-BCA yang pertama kali dulunya, sudah pasti juga mendaftarkan nomor HP. Nah, nomor HP tersebut yang kita gunakan untuk menerima SMS OTP saat melakukan transaksi menggunakan debit online BCA Mastercard.
    • Di link tersebut kamu juga bisa menghapus nomor HP ataupun mengubahnya menggunakan nomor yang lain.
    • BTW soal nomor HP ini bisa kamu skip kalau ternyata nomornya masih menggunakan nomor HP utama kamu yang lagi kamu pake. Jadi biarin aja gak perlu diubah.
  8. Oke lanjut. Sampe mana tadi?
    Oh iya di bagian Transaksi Debit Online tinggal kamu klik/switch aja itu toggle-nya biar nyala .
  9. Setelah kamu klik/switch, akan ada pop up pernyataan. Nah kamu klik OK untuk melanjutkan.
    Kartu Debit Online BCA MastercardKartu Debit Online BCA MastercardKlik toggle-nya!
  10. Langkah terakhir, tinggal masukin PIN m-BCA kamu
  11. Selesai. Akan muncul pop-up pemberitahuan bahwa fitur-fitur transaksi kamu telah aktif. Tinggal klik OK saja
    Kartu Debit Online BCA MastercardKartu Debit Online BCA MastercardKini Debit Online kartumu telah aktif.
  12. Kini Debit Online BCA Mastercard kamu telah aktif. Tinggal dipake aja nomor kartunya untuk transaksi onlie.

Gimana? Gampang banget kan? Kapan lagi kamu bisa bayar langganan Netflix, Google Play, iTunes, dan berbagai macam transaksi online lainnya menggunakan kartu debit saja? Gak perlu repot-repot punya kartu kredit, kamu sudah bisa pake buat bayar.

Dilengkapi dengan Mastercard SecureCode

Ya, seperti yang aku bilang sebelumnya, kartu debit online BCA ini telah dilengkapi dengan Mastercard SecureCode.

SD-Secure Debit Online BCA MastercardMastercard SecureCode untuk transaksimu yang lebih aman

Sehingga setiap kamu melakuakn transaksi online, kamu perlu memasukkan kode OTP yang dikirimkan melalui SMS. Sehingga transaksi kamu lebih aman dan nyaman.

Atur sendiri limit transaksimu

Ini fitur yang bagus untuk mengatur limit transaksimu. Jadi, kamu bisa atur limit kartumu melalui aplikasi m-BCA.

Tujuannya apa? Ya kali aja kamu kalap gitu kan ya. Khilaf belanja online ini itu terus gak mikir dua kali untuk bayarnya. Tau-tau kamu udah belanja banyak banget sampe lupa nabung.

Atau kalau kamu suka main game. Eh, khilaf gitu beli item game ampe abis jutaan. Nah loh. Untuk mencegah hal ini, maka kamu bisa atur sendiri limit transaksi. Dengan begitu kamu gak akan bisa melakukan transaksi dengan nominal yang lebih besar, dari limit yang udah kamua tur.

Nabung itu penting ya gaes, jangan kalap buang duit mulu...

Cara aturnya? Buka halaman Akun Saya di pojok kanan bawah aplikasi m-BCA, kemudian pilih tombol Atur Limit

Klik tombol Akun Saya m-BCASetting limit sesuai kebutuhan

Nah, di situ kamu bisa lihat ada berbagai jenis transaksi dan bisa kamu set menggunakan limit yang berbeda-beda. Limit ini merupakan batas maksimal nominal saat kamu melakukan transaksi. Jadi kalo transaksi kamu nilainya lebih dari limitnya, transaksi akan dibatalkan/gagal.

Atur sendiri limit transaksi kartumuAtur sendiri limit transaksimu

  • Limit Tarikan Tunai untuk mengatur batas maksimal saat kamu narik duit di ATM.
  • Limit Transfer Antar Rekening BCA untuk mengatur batas maksimal saat kamu transfer ke sesama BCA
  • Limit Transfer Antar Bank untuk mengatur batas maksimal saat kamu transfer ke rekening bank lain/bank yang berbeda.
  • Limit Transaksi Debit untuk mengatur batas nominal transaksi saat kamu menggunakan kartu debit. Baik itu pembayaran merchant offline (gesek kartu di mesin POS toko), ataupun saat menggunakan debit online.

Harus banget ya aku jelasin satu-satu gini. Rasanya kalian juga udah paham deh meski gak dijelasin wkwkwk.

Oh iya, nominal limit di atas merupakan limit harian. Artinya, total akumulasi transaksi kalian dalam satu hari (dari setiap jenis transaksi di atas), nominalnya gak akan bisa melebihi nominal limit.

Udah ya... Jelas ya...

Blokir kartumu jika dalam keadaan darurat

Fitur blokir kartu ini berguna banget untuk keadaan darurat dan menyelamatkan saldo di rekeningmu. Loh? Menyelamatkan dari apa?

Bisa aja tiba-tiba kartu debitmu ketelen di ATM misalnya. Atau... Dompetmu kecopetan. Atau, informasi kartumu (nomor kartu Matsercard kamu) tercuri online. Ada yang pake buat transaksi online. Nah, kamu bisa ngamanin kartunya dengan cara blokir.

Ketika kamu memblokir kartumu, maka tentu saja tidak bisa digunakan. Termasuk untuk transaksi online sekalipun. Dan kamu bisa datang ke cabang BCA terdekat untuk mendapatkan kartu debit yang baru. Atau bisa juga ke gallery myBCA yang ada di mall-mall (cari tahu dulu, apa mall di kota kamu ada myBCA atau enggak).

Untuk memblokir kartu debitmu, kamu cukup masuk ke menu Akun Saya di pojok kanan bawah aplikasi m-BCA, kemudian pilih tombol Blokir

Di halaman berikutnya, ada info kartu dan beberapa paragraf pernyataan, cukup kamu baca aja, lalu klik tombol Blokir

Kartu Debit Online BCA MastercardKartu Debit Online BCA MastercardGunakan fitur blokir bila dalam keadaan darurat

Selanjutnya paling ya masukin PIN m-BCA kamu. Dan kartumu telah sukses terblokir.

Kalau udah diblokir? Ya tinggal request kartu baru atuh. Ke cabang BCA terdekat atau myBCA di mall-mall.

Tips keamanan Kartu Debit Online BCA kamu.

Untuk menjaga kartu kamu tetap aman dan transaksi dengan nyaman, kamu juga perlu menjaga informasi kartu kamu. Jangan sampai nomor kartu kamu diketahui oleh orang lain. Terutama kode CVV, yaitu 3-digit nomor yang ada di bagian belakang kartu debit kamu.

Kode CVV kartuKode CVV kartu Mastercard

Kalau perlu, kamu ingat-ingat nomornya. Kemudian kamu tutup nomornya pakai spidol. Biar nggak terintip oleh orang lain. Ya... Siapa tau gitu pas kamu pake kartu debitmu belanja di offline store. Atau ada yang ngintip kartumu pas di mesin ATM. Jaga kode CVV kamu selayaknya menjaga password.

Dan saat menggunakan debit online BCA Mastercard kamu, kalau bisa kartunya jangan disimpan. Setiap transaksi biasanya ada opsi untuk menyimpan kartu, sebaiknya gak usah disimpan. Jadi setiap melakukan transaksi yang sama, kamu perlu memasukkan nomor kartunya lagi secara manual (lebih amannya sih gitu).

Atau, jika ternyata gak ada opsi untuk tidak menyimpan kartu (otomatis tersimpan di akun), maka setelah transaksi di marketplace atau di mana saja, kamu coba cek lagi di halaman pengaturan pembayaran/billing info. Kamu hapus lagi aja informasi kartunya apabila tersimpan otomatis.

Oke, sekian tipsnya. Selamat bebelanja menggunakan Debit Online BCA Mastercard kamu. Untuk info selengkapnya, kamu bisa cek di website resmi BCA tentang Debit Online ini.

Summary
Kartu Debit BCA Mastercard, Bisa Digunakan Untuk Transaksi Online!
Article Name
Kartu Debit BCA Mastercard, Bisa Digunakan Untuk Transaksi Online!
Description
Solusi buat kamu yang ingin transaksi online, tapi tidak memiliki kartu kredit. Kartu Debit BCA Mastercard sudah bisa digunakan untuk online.
Author
Publisher Name
Eirudo
Publisher Logo
Caci Maki Kalian
Site of the Year - Indonesia Website Awards (IWA) 2018
Download