27 May 2018
870

Trik Menghemat Pengeluaran dan Kemudahan Transaksi ala Eirudo

Trik Menghemat Pengeluaran dan Kemudahan Transaksi ala Eirudo

Seperti janjiku di Instagram Stories ya, aku mau share gimana sih caraku menghemat sekaligus mengelola keuangan dengan mudah, cuman pake smartphone tapi gak semua orang bisa melakukannya? Terus terang aja ini sebenernya simpel banget cuman orang-orang suka komen Ah, males ah ribet pas aku kasih tau. Yaudah sih suka-suka mereka huehe.

Perhatian! Tutorial ini khusus untuk kamu yang pengen berhemat, atau kemudahan transaksi. Buat kamu yang memang sudah kaya, atau gak mau ngerasa ribet. Ya gak usah dibaca. Daripada komen “Ah ribet ah… mending…” halah bacot.

Disclaimer: Tutorial di bawah ini aku tulis berdasar pengalamanku saja, dan Eirudo tidak terjalin hubungan kerja sama dengan aplikasi-aplikasi, dan pihak yang aku sebutin di bawah ini. Jadi ini bukan promo maupun endorse ya… Namun aku cuman berbagi tips saja.

Tips Berhemat dan Pengelolaan Uang Dengan Mudah Sehari-hari

Kemudahan apa saja sih sebenernya yang bisa aku manfaatin? Mulai dari transfer beda bank secara instan tanpa kena biaya admin, dapetin banyak kuota, kemudahan bayar online, semua bisa dilakukan. Tergantung pinter-pinter kitanya aja manfaatin fitur yang ada.

Kemudahan bayar online? Ah apa bedanya kayak promo-promo aplikasi ini itu semua sama. Eits, beda ya. Kalau mereka kan bilang gitu buat promoin aplikasinya. Sedangkan yang aku maksud di sini pun beda konteks. Dan gak bakalan sama kayak point yang mereka maksud.

Jadi, rahasianya apa sih selain bisa berhemat dan memudahkan pengelolaan uang? Itu karena aku menggunakan 5 aplikasi berikut ini:

  • Jenius
  • OVO
  • TCASH & MyTelkomsel (jika kamu pakai kartu si merah)
  • Flip

Apa spesialnya? kan cuman aplikasi biasa semua orang juga pake. Eits, jangan salah. Semua orang memang pakai. Sayangnya gak tau triknya untuk memaksimalkan penggunaan aplikasi tersebut, sehingga bisa digabungin fitur-fiturnya antar aplikasi, dan memudahkan kegiatan transaksi sehari-hari. Mau tau yang aku maksud? Jadi masing-masing aplikasi tersebut aku gunakan untuk perannya masing-masing. Dan kalau digabungin semua layanannya, bisa powerfull.

Jenius

Fungsi Jenius ini aku gunakan sebagai tabungan utama/rekening utama. Kenapa? karena serba gratis. Bebas admin. Dan debitnya bisa langsung dipakai online. Sehingga kegiatan transaksi kayak aku beli domain, beli aplikasi dll lebih gampang. Kenapa gak pake PayPal? Ribet. PayPal udah gak begitu guna di jaman sekarang. Meskipun Jenius sebagai rekening utamaku, tapi aku tetep pakai rekening lain juga. BCA, atau CIMB Niaga misalnya. Namun nggak terlalu aku prioritaskan.

Jadi, manfaat dari Jenius ini adalah:

  • Rekening utama/nabung. Karena bebas admin bulanan.
  • Bisa transfer gratis ke rekening bank lain 25x tiap bulan.
  • Bisa tarik tunai di ATM bersama gratis, 25x tiap bulan.
  • Buka rekeningnya pun gak ribet, dari aplikasi doang, dan untuk aktivasinya gak ada setoran awal. Gratis.
  • Bisa buat debit online. Kartu VISA Jenius bisa dipakai bayar online layaknya pakai kartu kredit. Bye PayPal!
  • Bisa untuk bayar Grab. Kartu debitnya aku link ke akun Grab, karena dianggep Grab Pay, tarif lebih murah, dan langsung motong dari kartu seperlunya. gak perlu ribet Top Up Grab Pay dulu, trus saldonya nyisa. Mubadzir.
  • Promo cashback yang bikin lifestyle kamu makin hemat. Kayak nonton di hari minggu, dapet cashback 50% misalnya. Nonton bayar cuman separo dong. Hehe… Juga cashback 50% yang untuk bayar di Google Play maupun AppStore setiap Rabu.

Ok, kita lihat peran aplikasi yang lain.

OVO

OVO yang dikeluarkan oleh Bank Nobu ini juga mantep. Kenapa? Gratis juga soalnya. Dan fitur yang aku incer dari OVO ini adalah:

  • Transfer ke Bank lain manapun gratis.
  • Diskon atau Cashback bayar parkir di Sky Parking Lippo Mall.
  • Ngumpulin point di merchant-merchant Lippo Group.

Jangan lupa diupgrade dulu akunnya jadi OVO Premier, gratis kok. Upgradenya ke Hypermart aja bawa KTP. Cara daftar OVO bisa kamu lihat di sini.

TCASH

Karena aku pake kartu si merah, maka TCASH wajib. Kenapa? Karena promo isi pulsa di TCASH masih dapet bonus kuota, dan dapet bonus cashback saldo TCASH yang bisa dibeliin kuota lagi. Dobel untung.

Flip.id

Flip.id merupakan layanan transfer bank antar rekening. Loh? Bukannya tadi pake OVO kalau transfer beda rekening? Iya, emang. Flip.id untuk isi saldo di Jenius / untuk nabung. Kan kamu bakal susah kalau harus setor tunai di Booth Jenius atau BTPN pusat. Makanya kita pakai Flip.id ini untuk nabung ke Jeniusnya, dari ATM kita yang udah ada. BCA/BNI/Mandiri misalnya.

Gimana? Mau mulai gak nih cara lengkapnya?

Nabung di Jenius bebas biaya admin

Kartu ATM m-Card Jeniusm-Card Jenius

Seperti yang aku bilang di awal tadi. Pake Jenius itu enak. Karena bebas biaya admin bulanan. Udah gitu, untuk pembukaan rekening gak ada setoran awal. Gratis. Ditambah lagi kamu bisa tarik tunai di ATM manapun yang berlogo ATM Bersama atau VISA. Jadi gak perlu bingung cari ATM BTPN buat tarik tunai.

Tapi aku udah punya rekening kok. Ya gakpapa pakai 2 rekening apa salahnya? Toh Jenius gratis. paling ya ATM lama kamu doang yang bakal tetep kena admin bulanan huehue.

Cara isi saldo di Jenius dengan mudah

Nah, untuk isi saldo di Jenius, kamu bisa datang ke Booth Jenius (jika di kota kamu udah ada), atau ke BTPN yang ada di kota kamu. Sayangnya gak semua cabang BTPN bisa setor tunai untuk nabung. Kayak di kotaku, bisa untuk aktivasi jenius, tapi setor tunai gak bisa huhu…

Itu sebabnya kamu perlu bikin akun Flip.id agar bisa isi saldo Jeniusmu dari ATM mu yang kamu pakai saat ini (BCA/BNI/Mandiri/CIMB Niaga). Jadi kamu transfer dulu ke Flip, nanti dari Flip ditransferin ke rekening Jeniusmu. Gak perlu ribet ke BTPN kan. Setengah jam doang udah masuk kok.

Gunakan Debit Jenius untuk Grab Pay

Tips cerdas berikutnya. Gunakan kartu debit Jenius untuk Grab Pay. Kenapa? Kamu gak perlu ribet Top Up langsung ke Grab Pay-nya. Jadi saldo di kartu kamu otomatis terpotong sesuai tarif perjalananmu saja.

Keuntungannya? Tarif menggunakan Grab Pay, akan lebih murah daripada menggunakan cash. Karena promo Grab seperti itu. Selain lebih murah, kamu gak ribet Top Up. Dan saldo terpotong hanya yang dibutuhkan saja.

Kalau Top Up, akan ada saldo yang mubadzir. Misal, kamu Top Up Grab Pay 10ribu. Eh, kamu naik ojek Grab cuman 7ribu. Yang 3ribu? Ngendap. Belum tentu kamu pakai Grab lagi. Dan kalau ngendap lama, bisa hangus saldonya. Karena Saldo Grab Pay berbatas waktu.

Kalau pakai Debit Jenius? Enak. Motong dari rekening/kartu langsung. Dipotong seperlunya, dan gak ada yang mengendap di Grab. Biasanya aku pakai e-Card Jenius. Jadi Top Up e-card ketika mau dipakai aja. Lebih aman.

Untuk ngelink debit Jenius ke Grab, cuman kena biaya Rp 1.000,- di awal authentikasi doang. Selanjutnya? Nikmati tarif yang lebih murah daripada bayar pakai cash, lebih praktis, gak ribet kembalian, dan gak ada sisa saldo Grab Pay yang ngendap di akun Grab. Be Smart!

Hobi nonton? Manfaatkan promo SUNYAY Jenius setiap hari Minggu!

Kalau kamu sering nonton, di bioskop mana saja. Kamu bisa gunakan kartu Jenius kamu untuk beli tiketnya. Karena kamu akan dapat cashback 50% (maksimal 50ribu) yang otomatis masuk ke rekening kamu lagi dalam waktu kurang dari 5 hari berikutnya. Sama aja nonton bayar cuman separo dong, lebih hemat.

Top Up Game? Beli aplikasi di App Store ataupun Google Play? Pake Jenius aja di hari Rabu!

Jika kamu menggunakan debit Jenius kamu untuk Top Up game, ataupun membeli aplikasi dan konten di Google Play dan AppStore, kamu akan dapat cashback 50% (maksimal 20ribu akumulasi satu bulan) di bulan depannya. Biasanya gak sampai tanggal 6 di bulan depannya cashbacknya masuk ke rekening Jenius kamu lagi.

Jadi misal kamu mau Top Up voucher AOV, atau Top Up diamond Mobile Legends, nah manfaatin tuh promonya. Lumayan kan berhemat.

Gunakan OVO untuk transfer ke Bank Lain

OVO

Nah, Jenius kan udah bisa transfer ke bank lain nih dengan gratis. Kok kita masih perlu pakai OVO? Kan Jenius kuota gratisnya 25x sebulan. Kalau misal kamu sering transfer ke beda rekening, trus kuota gratis kamu sudah habis, maka kamu akan dikenakan Rp 3.000,- per transfernya. Lebih murah sih daripada transfer di ATM.

Tapi, dengan OVO, kamu bisa lebih berhemat karena gak perlu kena admin lagi. Cara Top Up OVO-nya? Langsung dari Jenius. Jangan mau ribet ke Alfamart atau ke Merchant. Apalagi transfer dari bank lain yang bukan Jenius.

Loh, kalau misal kuota gratis transfer di Jenius habis, trus transfer ke OVO-nya tetep kena Rp 3.000,- dong. Kata siapa?

Di OVO, kamu bisa Top Up menggunakan kartu debit. Tentu gak ada biaya admin. Artinya, kamu gak perlu transfer menggunakan cara biasa dari Jenius, kalau mau Top Up OVO. Cukup pake kartu debit aja Top Up-nya. Jadi gak bakal ngurangi/memakai kuota gratis transfer Jenius kamu.

Tapi nih, untuk Top Up OVO pakai debit, kan minimal harus Rp 100.000,-… Kan aku butuh transfer ke temen yang beda bank ini cuman Rp 20.000,- Kelebihan 80ribu dong…

Be smart! Gak masalah kan Top Up 100ribu dulu, trus transferin ke temenmu yang 20ribu biar gak kena biaya transfer. Trus sisanya yang 80ribu? Ya transferin balik ke rekening Jenius kamu. Kan juga sama-sama gratis. Gimana sih. Be smart! Manfaatkan fitur yang ada.

Bayar parkir murah di Sky Parking Lippo Mall

Gunakan OVO, saat membayar parkir di Sky Parking Lippo Mall. kenapa? Meskipun tarifnya sama aja, tapi kamu dapet point. Bahkan promo-promo cashback juga sering ada. Lebih untung daripada bayar cash. Be Smart!

Isi pulsa nomor Telkomselmu? Lewat TCASH aja!

TCASH

Kenapa harus lewat TCASH? Secara default, jika kamu isi pulsa minimal 20ribu dari TCASH, otomatis kamu dapet bonus kuota juga. Selain isi pulsa dengan hemat, karena gak ada biaya admin, juga dapet bonus kuota. Beda lagi kalau kamu isi pulsa di mamang-mamang penjual pulsa. Kan lebih mahal, gak ada bonus kuota juga.

Selain itu saat ini TCASH lagi ada promo, tiap kali isi pulsa melalui TCASH, akan dapet cashback 30% dan bisa dibeliin kuota lagi lewat TCASH. Nah, dobel untung kan.

Isi saldo TCASHhnya? Pake Jenius aja. Transfer beda bank kan gratis. Kamu bisa transfer dari Jenius kamu, pilih Bank Telkomsel. kemudian nomor rekeningnya ya nomor HP kamu yang terdaftar di TCASH. Kalau kamu isi minimal 100ribu, maka saldo yang masuk ke TCASH akan ditambah Rp 6.500,- sebagai pengganti biaya admin karena udah transfer dari bank lain.

Loh, transfer dari Jenius kan gratis, kok masih dapet saldo tambahan? Ya kan tetep dianggep transfer dari bank lain. Ya lumayan dong ditambahin saldo gratis 6,5k.

Selalu beli kuota/paket internet dari MyTelkomsel, jangan melalui dial!

Nah ini nih. Kenapa? Karena di MyTelkomsel harganya selalu lebih murah, selalu ada diskon meskipun paketnya yang dibeli sama kayak yang ada di menu dial. Jadi kamu lebih hemat beli paketannya.

Isi saldo/nabung di Jenius? Lewat Flip aja!

Flip.id

Daripada kamu datang ke booth Jenius di mall-mall, atau dateng ke BTPN buat setor tunai, mending pakai layanan Flip untuk isi saldonya. Kamu bisa daftar di Flip.id dan aktivasi akunnya di Alfamart, bayar 4ribu dan bawa KTP (satu kali doang). Selanjutnya kamu bisa menggunakan layanan flip dengan gratis. Isi saldo ke Jenius kamu dari Rekening kamu lainnya tanpa harus kena admin. Be smart!

Nah, itu tadi caraku menghemat pengeluaran dan memudahkan kegiatan transaksi. Ribet? Enggak. kalau kalian cuman baca tutorial ini, tapi gak dicoba, ya jelas ribet.

Tentang Jenius

Oh iya. Buat kamu yang nanya soal Jenius. Kamu daftarnya cukup download aplikasinya aja. Di Gogole Play atau App Store. Daftar biasa. Tinggal aktivasi akunnya agar bisa digunakan. Buat kamu yang di Jakarta, Bandung, atau Surabaya, Booth Jenius udah ada di beberapa Mall. Kamu bis aktivasi di sana dengan membawa KTP (wajib), dan NPWP (bila punya, gak punya ya gakpapa). Dan Kartu ATM-nya langsung jadi.

Kalau di kota lain bagaimana? Sama dong, aku di kota lain juga. Kalau di kota lain, kamu bisa aktivasi akun di BTPN Sinaya terdekat. Kamu bisa cek lokasinya di kota kamu. Buka website Jenius.com, ada menu Jenius Location. Kamu bisa lihat cabang BTPN yang bisa melakukan aktivasi Jenius di kota kamu.

Tentang OVO

Kamu daftarnya juga sama, download aplikasinya dulu. Lalu upgrade menjadi OVO Premier agar fitur transfer beda bank-nya bisa digunakan. Cara upgradenya datang ke Hypermart terdekat sambil bawa KTP aja. Nanti setelah aktivasi kamu dapet saldo OVO Points 15ribu loh, bisa digunakan tuh saldonya.

Sekian tips pintar mengelola keuangan ala Eirudo. Suka ngehe sih liat temen ngeluh mau transfer beda rekenig tapi pas dikasi info malah bilang ribet. Padahal kita mah enggak ribet, ada aplikasi-aplikasi di atas yang bikin idup gampang ribet di mananya sih? Wkwkwk. Makanya, be smart! baca juga: cara daftar OVO

Tentang TCASH

Untuk TCASH, daftarnya cukup pakai aplikasi. Namun untuk upgrade TCASH menjadi Full Service kamu harus ke Grapari terdekat sambil bawa KTP. Gratis kok. Apa perlu ditempelin sticker bulet di belakang HP? Terserah kamu. Itu opsional. Kalau gak butuh ya gak usah. Kalau mau pake, gakpapa. Harga stickernya Rp 5.000,-

Tentang Flip

Kamu daftar Flip.id online ya, untuk aplikasi baru ada di Android saja, iOS belum. Jadi bisa menggunakan versi Web. Setelah daftar, kamu aktivasi akun dulu agar bisa digunakan. Di Alfamart terdekat, sambil bawa KTP. Biaya aktivasi Rp 4.000,- (1x doang seumur idup)

Ini baru sebagian kecil aplikasi ya. Kamu bisa juga kembangkan sendiri, atau manfaatin fitur-fitur aplikasi lainnya.

Pertanyaan? Komen di bawah ya… Jangan lewat DM Instagram

Summary
Trik Menghemat Pengeluaran dan Kemudahan Transaksi ala Eirudo
Article Name
Trik Menghemat Pengeluaran dan Kemudahan Transaksi ala Eirudo
Description
Kamu pakai Jenius, OVO, TCASH, maupun Flip? Ternyata, jika semua fiturnya digabungin, kamu dapat menghemat pengeluaran kamu secara maksimal dan kemudahan transaksi ke bank manapun meskipun berbeda dari rekeningmu.
Author
Publisher Name
Eirudo
Publisher Logo
Caci Maki Kalian