6 May 2022
5,0K

Tips Menabung untuk Kamu Para First Jobber

Tips Menabung untuk Kamu Para First Jobber

Tips Menabung untuk Kamu Para First JobberSumber: canva.com

Saat gaji pertama kali cair, biasanya akan sulit untuk mengontrol keinginan berbelanja dan memenuhi wishlist yang sudah lama diincar. Hal itu sebenarnya sangat wajar terutama bagi orang-orang yang baru pertama kali bekerja. Namun, tahukah kamu bahwa menabung dari gaji yang kita dapatkan sangat penting untuk masa depan?

Selain untuk masa depan, menabung juga memiliki tujuan agar kamu tidak boros dalam pengeluaran. Selain itu, uang yang dihambur-hamburkan akan cepat habis yang tentunya akan membuat kamu kekurangan uang bahkan sebelum waktu gajian tiba. Untuk itu, menabung adalah salah satu cara untuk menghemat dan menggunakan uangmu untuk kebutuhan yang lebih penting.

Namun, apakah kamu selalu merasa kesulitan setiap kali ingin menabung? Hal ini tentu saja dapat dengan mudah diatasi dengan kemauan dan keinginan yang kuat dari dalam diri. Selain itu, ada beberapa tips untuk menabung bagi kamu para first jobber. Yuk, simak berikut ini!

1. Sisihkan Uang

Memiliki uang dengan nominal yang lumayan besar terlihat seperti kesenangan beruntun untuk membeli banyak barang impian. Belum lagi saat adanya diskon besar-besaran pada hari raya atau event tertentu yang bisa mengurungkan niatmu dalam menabung. Dalam sekejap, mungkin uangmu akan berkurang drastis atau bahkan, habis.

Jika kamu tidak mau hal itu terjadi, kamu harus menyisihkan uang dari gaji yang kamu dapatkan untuk menabung. Selalu tanamkan di dalam pikiranmu bahwa uang tersebut harus disisihkan bukan disisakan. Hal ini tentu akan sangat berdampak pada pola pikirmu sehingga akan tumbuh pemikiran bahwa kamu harus menyisihkan uangmu untuk menabung daripada berbelanja yang tidak penting.

2. Buat Dua Rekening

Memiliki dua rekening terpisah adalah cara jitu untuk memudahkan kamu dalam menabung. Cara ini juga dapat membuatmu memisahkan rekening tabungan dengan rekening pengeluaran harian untuk mencegah pemborosan.

Kamu dapat membuat dua rekening dalam satu bank yang sama atau berbeda pada ponselmu. Jika kamu membuat rekening lain dari bank yang sudah kamu gunakan, itu akan membuatmu lebih hemat karena tidak dipungut biaya admin saat melakukan transfer. Selain itu, saat ini kamu dapat dengan mudah melakukan pembukaan rekening dan menyetor uang tanpa perlu pergi ke bank. Mudah, bukan?

3. Manjakan Dirimu Terlebih Dahulu

Pasti kamu memiliki banyak keinginan yang ingin diwujudkan dengan gaji yang kamu terima nanti, kan? Gunakanlah gaji tersebut untuk memenuhi keinginan yang sudah lama kamu impikan. Cara ini nyatanya ampuh untuk menimbulkan pola pikir bahwa kamu sudah mendapatkan yang diinginkan sehingga sudah waktunya untuk menabung.

Saat memanjakan diri, jangan lupa untuk tetap pada batas wajar yang tidak menghabiskan seluruh uangmu dalam satu waktu sekaligus. Meskipun kamu berada pada titik memenuhi kepuasan, kamu juga harus tetap menyisihkan uang dan menetapkan limit pada uang yang kamu gunakan sehingga tetap memiliki budget untuk kebutuhan lainnya.

4. Buatlah Target

Saat kamu sudah tahu cara untuk menyisihkan uang, ini saatnya membuat target nominal uang yang akan disisihkan untuk menetapkan keuangan di nominal tertentu.
Kamu dapat melakukan target yang bertujuan untuk masa depanmu seperti menabung untuk dana darurat, membeli rumah, atau berinvestasi.

Membuat target tidak sepenuhnya sulit, kamu dapat mengira-ngira seberapa banyak uang yang harus ditabung agar mencapai target dalam kurun beberapa tahun ke depan. Selain itu, dengan membuat target juga akan membantumu dalam melatih konsistensi terhadap sesuatu yang tentunya sangat berguna dalam mendapatkan hal yang kamu inginkan.

5. Ketahui Kebutuhan Personal

Meskipun kamu memiliki uang yang harus disisihkan, tetaplah ketahui kebutuhan personal yang harus kamu keluarkan dalam satu bulan. Hal ini berguna agar kamu tidak membeli sesuatu yang tidak penting dan menjadikan alasan untuk menghamburkan uang.

Kebutuhan personal di sini bisa dalam bentuk apa pun, seperti perawatan wajah, perlengkapan mandi, barang-barang pribadi, dan lain sebagainya. Kamu bisa mengalokasikan pengeluaran yang harus kamu keluarkan pada hal-hal tersebut dan mengira-ngira seberapa banyak uang yang akan kamu gunakan. Hal ini tentu berguna juga untuk melatih dirimu sendiri untuk melawan keinginan belanja yang berlebihan.

6. Mengatur Fitur Autodebet

Jika kamu khawatir akan terus-terusan mengeluarkan uang dalam berbagai kondisi dan menjadi boros, maka aktifkanlah sistem autodebet tabungan dari rekening gaji setiap bulannya. Selain itu, melakukan cara ini juga sangat membantu kamu dalam menabung tanpa takut kelupaan.

Autodebet dapat kamu atur sendiri pada ponselmu saat tanggal gajian sudah tiba. Aturlah autodebet pada hari yang sama atau satu hari sebelum kamu menerima gaji. Setelah mengaturnya, kamu tidak perlu khawatir lagi jika uangmu akan terpakai untuk banyak kebutuhan yang tidak perlu dan dapat menabung tanpa lupa karena sudah diatur.

Bagi first jobber, gaji adalah hal yang sangat berharga dan terkadang sulit untuk menabung. Namun, menabung bukanlah hal yang sulit jika kita memiliki niat untuk itu. Itulah enam tips menabung bagi first jobber yang bisa kamu praktekkan. Semoga bermanfaat!

Summary
Tips Menabung untuk Kamu Para First Jobber
Article Name
Tips Menabung untuk Kamu Para First Jobber
Description
Buat kamu para first jobber, mungkin akan kesulitan untuk menabung dan mengatur keuangan. Berikut ini tips untuk kamu agar dapat mengelola keuangan dengan baik.
Author
Publisher Name
Eirudo
Publisher Logo
Caci Maki Kalian
Site of the Year - Indonesia Website Awards (IWA) 2018
Download