14 Feb 2021
1,2K

Modus Penipuan Terbaru Melalui Marketplace Tokopedia

Modus Penipuan Terbaru Melalui Marketplace Tokopedia

Modus penipuan baru melalui Marketplace

UPDATE: 14 Feb 2021 7:26 PM

Setelah mention sana-sini di Instagram Stories dan Twitter akhirnya pihak Tokopedia nelpon aku untuk dengerin ceritain kronologinya secara langsung. Tinggal nunggu kabar selanjutnya.

UPDATE: 14 Feb 2021 8:46 PM

Finally, duitku balik ke OVO. Pihak Tokopedia sudah ngecekin status pesananku yang banyak kejanggalan dan uangku udah direfund. Thank you Tokopedia! Gak kebayang anak kosan kayak aku kehilangan duit segitu.

===== Berikut ini cerita lengkapnya =====

Aku ga pernah mau ngasi kode OTP ke siapapun. Memang, aku sangat peduli ama keamanan akun. Dan bodohnya entah kenapa aku kali ini beli barang melalui Tokopedia dan malah jadi korban penipuan karena ada celah di sistem Tokopedia yang bisa dimanfaatkan pelaku untuk melancarkan aksinya.

Yang aku heran, masa marketplace segede Tokopedia memliki celah yang kayak begitu?

Ya kesalahanku sih nggak beli barang di toko yang Power Merchant. Ya orang jual barang bekas miliki pribadi mana mungkin juga punya akun dengan Toko Power Merchant... Makanya aku beli aja.

Kronologi

Gak biasanya aku cari HP di Tokopedia. Paling cepet pun aku ganti HP setelah lebih 4 tahun kalau sudah benar-benar rusak. Cuman kali ini karena butuh banget untuk kerja. Jadinya cari HP bekas yang murah.

Kenapa beli di Tokopedia? Karena temenku sering banget dapet gadget bekas murah di Tokopedia Mulai dari Macbook, iPad, dll karena pemilikinya orang kaya yang udah bosen ama barangnya, jadi dijual murah gitu aja.

Makanya aku mulai cari HP yang murah di Tokopedia. Aku butuh fitur NFC agar bisa top up saldo e-money atau Flazz dengan praktis. Akhirnya aku mencari Redmi Note 8 Pro atau 9 Pro.

Setelah membanding-bandingkan harga dan kondisi HP-nya (yang masih kondisi baik, tidak minus, dan yang paling murah) aku menemukan iklan HP murah ini.

Akhirnya aku beli lah itu HP di Tokopedia. Harganya ya gak jauh amat si dari harga bekas pasarannya. Kalo untuk ukuran orang kaya bosen dan ngejual gadgetnya, harga tersebut masih masuk akal. Karena sempet nemu dengan harga yang sama di Marketplace Facebook tapi aku telat beli dan sudah terjual.

Karena sebelumnya HP incaranku selalu terjual duluan sebelum aku pencet beli/sebelum caht sellernya, jadinya aku beli itu HP di Tokopedia. Waktu itu aku belinya malem, karena abis telponan sama temenku tadi. Sekaligus aku chat sellernya.

Karena di deskripsi barangnya bisa nego tapi untuk ongkir saja, jadi aku chat sellernya kali aja bisa nego untuk ongkir. Mengingat orang jual barang bekas akun Tokopedianya pasti belum power merchant sehingga gak bisa pake promo bebas ongkir.

Modus penipuan baru melalui TokopediaModus penipuan baru melalui TokopediaDi deskripsi produk boleh nego ongkir

Tapi di chat, seller bilang kalau harganya sudah nett. Yasudahlah gakpapa lagian masih murah juga. Aku beli saat itu juga daripada keduluan orang lain lagi kayak sebelum-sebelumnya. Aku pilih ekspedisi JNE untuk pengiriman.

Modus penipuan baru melalui TokopediaAku tanya beneran nego nggak?
Ternyata enggak

Tindakan Seller yang janggal

Pagi hari saat aku bangun tidur, aku coba cek lagi status pemesananku. Ada yang janggal di sini. Seller mengubah ekspedisi/pilihan kurir tanpa persetujuanku. Namun, yang diubah hanya statusnya saja. Sedangkan ekspedisinya tetap sama.

Modus penipuan baru melalui TokopediaKok aneh? Ngapain sih ni Seller?

Loh? Kok aneh?
Dari ekspedisi JNE(Reguler),
diubah lagi menjadi JNE (Reguler).
Apa bedanya?

Dan tarif pengiriman beserta asuransi ekspedisinya pun tetap sama. Tidak ada yang berubah. Di saat yang sama, seller telah memasukkan nomor resi. Hah? lah kapan ngirimnya? Aku pesen malem hari, Sellernya udah masukin nomor resi di dini hari? Emangnya ada ekspedisi yang buka di jam setengah 3 pagi?

Modus penipuan baru melalui TokopediaEkspedisi mana yang buka jam setengah 3 pagi???

Dari sini aku curiga. Hingga aku menyadari ada yang salah. Yaitu status pengirimannya! Jadi inilah celah keamanan Tokopedia yang begitu fatal!

Jika seller mengubah nomor resi / ekspedisinya. maka status pengiriman otomatis menjadi SEDANG DIANTAR KURIR. (Bukan sedang diantar pihak/mobil ekspedisi).

Modus penipuan baru melalui TokopediaBarangnya kan belom dikirim, kok statusnya udah dibawa kurir untuk dibawa ke rumah???

Bedanya apa? Diantar ekspedisi itu yang diantar pake mobil, dari kota asal ke kota tujuan. Lah, ini, tiba-tiba status pengirimannya menjadi diantar oleh kurir (mas-mas yang pake motor yang nganterin barang kita ke rumah).

Modus penipuan baru melalui Tokopedia

Lah, aku aja baru pesen barangnya 2 jam. Masa udah dianter kurir ke rumah? Padahal beda provinsi. Jakarta ke Surabaya. Sudah jelas, di sini yang gak beres. Dan jika status pengirimannya telah berjalan, maka otomatis kita tidak bisa mengajukan pembatalan pesanan di Tokopedia.

Modus penipuan baru melalui TokopediaTidak ada opsi untuk pembatalan pesanan.

Wah, beneran gak beres nih. Sellernya punya trik agar kita tidak bisa mengajukan pembatalan pesanan!

Dan saat aku cek lagi, nomor resi yang dimasukkan adalah nomor resi J&T, bukan JNE. Kemudian aku chat sellernya untuk memastikan.

Modus penipuan baru melalui TokopediaMengganti kurir tanpa persetujuanku sebelumnya

Ternyata benar. Sellernya emang udah niat jelek dari awal. Sengaja nipu. Dia bilang ganti kurir ke J&T (padahal sistem Tokopedia yang dia masukin tetep JNE Reguler setelah dia ubah). Cuman pinternya dia pake cara itu, kita jadi ga bisa batalin pesanan. Di sinilah celahnya.

Kemudian, resi palsu J&T yang dimasukkan kurir gimana? RESINYA PALSU! Bahkan statusnya langsung delivered tanpa ada pengiriman barang.

Modus penipuan baru melalui TokopediaModus penipuan baru melalui TokopediaResinya kok aneh? Gak ada status pengantaran tapi langsung selesai?

Bisa dilihat status nomor resi tersebut. Cuman ada satu status, delivered. Padahal barangnya yang dianter aja gak ada. Terus nama penerima serta kota tujuan juga beda. Sama sekali bukan namaku, dan bukan kotaku. Yang janggal adalah, kenapa status resinya langsung delivered? Tanpa ada kegiatan barang diserahkan ke counter, waiting, dll?

Loh, kok bisa sih ada nomor resi J&T yang seperti itu? Gimana caranya si oknum membuat resi seperti itu?

Fatal: Tidak bisa melakukan komplain

Status kurirnya sudah berjalan, sehingga kita tidak bisa melakukan komplain.

Modus penipuan baru melalui Tokopedia

Aku coba chat Sellernya, dan gak niat sekali cara balasnya. Yaiyalah, orang dia hampir berhasil dapetin duitku secara cuma-cuma. Mana mau dia repot-repot nanggepin chatku?

Modus penipuan baru melalui TokopediaEnak bener jawabnya

Menghubungi Tokopedia Care

Menghubungi pihak Tokopedia pun juga sia-sia. Mereka hanya menjalankan SOP dan pakai jawaban template saja. Apalagi karena status kurirnya sudah berjalan sehingga kita tidak bisa mengajukan komplain.

Modus penipuan baru melalui TokopediaModus penipuan baru melalui TokopediaAku bales lagi, responnya tetep sama. Aku disuruh nunggu status pada resi terupdate dulu. Gimana mau update? Orang resinya aja palsu.

Daripada fokus ama status pengantaran, kenapa gak fokus ama kejanggalan pengubahan kurir yang dilakuin seller sih?

Yang diliat ama mereka cuman statusnya dang: Barang sudah diantar kurir. Dan bilang kita harus sabar nunggu status pengantaran barang terupdate. Orang jam kirimnya aja ghaib, masa ya gak notice?

Ya mana bakal keupdate orang resinya aja palsu.

Kenapa sih gak fokus ke jam pengiriman, jam pengubahan resi yang terlalu janggal dilakukan pada dini hari dan tergesa-gesa? Bukti kuat begitu masa ya belum cukup? Mana ada ekspedisi buka jam setengah 3 pagi.

Seller tidak memberikan jawaban

Yaiyalah, rencana dia berjalan mulus.

Modus penipuan baru melalui Tokopedia

Masih menunggu Akhirnya Pihak Tokopedia membantu

Sampai aku tulis postingan ini, masalah belum terselesaikan. (Pihak Tokopedia sudah membantuku dalam masalah ini dan duitku udah direfund)

Tapi tetep, sistem Tokopedia-lah yang juga harus disalahkan. Kok bisa-bisanya ada celah seperti itu. Mengganti nomor resi dan ekspedisi kemudian status pengantarannya otomatis berjalan. Ya kalo gini mah bakal dijadiin ladang penipuan ama oknum-oknum.

Semoga tim IT di Tokopedia juga buru-buru memperbaiki bug-nya nih. Fatal banget bug kayak gini. Pantes penipuan masih marak. Harusnya ngerasa aman berbelanja di marketplace malah tetep jadi korban penipuan juga. Orang jahat napa pada kreatif sih pinter-pinter banget kalo manfaatin celah sistem yang ada. DAri mana gitu idenya coba.

Kepada pihak Tokopedia dan J&T

Wahai Tokopedia segera perbaiki sistem input resinya dong. Penggantian nomor resi tidak seharusnya otomatis menjadi status pengantaran tanpa validasi status resi terlebih dahulu. Aneh banget. Resi-nya saja belum divalidasi, kenapa status pengantarannya langsung berjaan?

Untuk J&T Coba cek lagi itu penginputan resi. Kok bisa ada resi yang diciptakan tanpa status pengantaran tapi tau-tau selesai. Dari mana asal usulnya tuh? Contoh yang ini, yang digunakan oknum tersebut JP1037881501

UPDATE

Ternyata ada yang mengalami hal sama seperti saya. Dia hampir tertipu senilai 20juta. Dengan modus yang sama persis. Penggantian ekspedisi oleh pihak seller. Berarti memang celah sistem resi ini-lah penyebabnya, dan belum juga diperbaiki oleh pihak Tokopedia.
Ini link-nya:
Nyaris tertipu 20juta di Tokopedia (2018)
https://www.panduaji.net/2018/10/nyaris-tertipu-20-juta-di-marketplace.html

Update: Case Closed!

Setelah pihak Tokopedia menghubungiku langsung melalui telepon, kemudian aku jelaskan kronologisnya secara mendetail serta bagian-bagian yang janggal pada seller dan status peniriman, akhirnya pihak Tokopedia mengecek ulang transaksi tersebut.

Kemudian dana langsung dikembalikan ke OVO-ku. Yay! Transaksi tersebut dibatalkan, dan akun toko seller tersebut langsung ditangguhkan karena memang indikasi penyalahgunaan.

Modus penipuan baru melalui TokopediaModus penipuan baru melalui Tokopedia

Namun jangan senang dulu, masih banyak oknum yang berkeliaran dan masih ada. Kita harus tetap berhati-hati saat bertransaksi meskipun melalui marketplace sekalipun.

Agar lebih aman, selalu lakukan transaksi melalui toko yang sudah menjadi Power Merchant, atau toko Official. Serta selalu cek reputasi toko dan rating yang sudah ada.

Summary
Modus Penipuan Terbaru Melalui Marketplace Tokopedia
Article Name
Modus Penipuan Terbaru Melalui Marketplace Tokopedia
Description
Hati-hati saat berbelanja di toko ijo yang bukan Power Merchant atau Official! Ada celah di sistem pengiriman yang bisa dimanfaatkan oknum penipuan.
Author
Publisher Name
Eirudo
Publisher Logo
Caci Maki Kalian
Site of the Year - Indonesia Website Awards (IWA) 2018
Download