6 Feb 2022
4,3K

Mengenal Bisnis Digital, Menjanjikan dan Minim Modal

Mengenal Bisnis Digital, Menjanjikan dan Minim Modal

Mengenal bisnis digital

Perkembangan teknologi menghadirkan bisnis digital yang membawa berbagai keuntungan. Berbeda dengan berdagang secara offline yang membutuhkan banyak modal, jenis bisnis satu ini bisa meminimalisir pengeluaran untuk modal.

Tentu saja menghadapi perubahan drastis merupakan tantangan tersendiri bagi para pelaku bisnis, prosesnya juga tidak mudah. Transaksi yang awalnya dijalankan secara manual, pengunjung mendatangi toko, kini semua hanya melalui internet.

Masyarakat kini mulai menyadari kehadiran teknologi tersebut untuk menghasilkan pendapatan, tidak sedikit perusahaan beralih dari sistem manual ke digital. Hal ini menyebabkan tingkat persaingan semakin tinggi.

Oleh karena itu, kamu harus memiliki ide cemerlang untuk melakukan pengelolaan dan menjual berbagai barang. Dengan langkah yang baik dan benar, kamu akan mencapai hasil terbaik dan memanfaatkan berbagai keunggulannya.

Mengenal Pengertian dari Bisnis Digital

Sebelum mengetahui kelebihan dari inovasi berbisnis ini, kamu wajib mengenali terlebih dahulu pengertiannya. Bisnis digital merupakan jenis bisnis jasa dengan memanfaatkan teknologi yang semakin canggih untuk menciptakan dan memasarkan produk.

Terdapat berbagai jenis produk yang dapat kamu jual, misalnya makanan, minuman, pakaian, software, dan lain sebagainya. Bahkan, kamu juga bisa menjual buku elektronik atau ebook, sehingga tidak melakukan pengiriman barang.

Jenis pemasarannya juga bisa menggunakan berbagai platform, seperti Website, Youtube, E-Commerce dan Media Sosial. Hingga membuat istilah digital marketing menjadi booming untuk dipelajari oleh masyarakat demi keberhasilan usaha.

Produknya juga bisa berupa jasa, misalnya sang pemilik memberikan motivasi terkait pengembangan diri, jasa percetakan murah, jasa tambah follower instagram dan lain sebagainya sesuai bidang keahlian. Maka, konsumen akan membayar jasa yang diberikan tersebut.

Kelebihan bisnis digital

5 Kelebihan Membangun Bisnis Digital

Setelah mengenal pengertian dari inovasi berjualan tersebut, para pelaku bisnis bisa mempelajari apa saja keunggulan atau kelebihannya untuk mempertimbangkan apakah bisa dijalankan dan dikelola dengan baik atau tidak.

Berikut 5 keunggulan atau kelebihan dari bisnis digital:

1. Fleksibel

Kelebihan internet yang bisa memudahkan pekerjaan manusia hadir dalam bidang ini. Ketika kamu memutuskan untuk membuka toko online, tidak perlu khawatir kesulitan mengatur waktu dalam mengelolanya.

Dahulu, ketika seorang pekerja melakukan pekerjannya di kantor, sulit membagi waktu jika hendak memulai suatu usaha. Bukan hanya karena modal, tetapi energi dan waktu yang habis untuk diberikan kepada perusahaan.

Namun, sejak hadirnya bisnis ini, seorang pekerja tersebut memiliki waktu yang lebih fleksibel. Bekerja bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja, tanpa ada batas waktu bahkan tempat.

2. Modal Minim

Selain fleksibel, pelaku usaha juga bisa meminimalisir modal, bahkan nyaris tidak ada biaya. Pelaku usaha tidak perlu menyewa tempat, membeli perlengkapan kantor, atau barang-barang penunjang lainnya.

3. Jangkauan Market Lebih Luas

Jangkauan market lebih luas adalah poin penting bagi para pelaku usaha digital. Hal tersebut tentu tidak terlepas dari peran internet yang bisa diakses oleh siapapun, sehingga jumlah audience-nya menjadi banyak.

4. Proses Transaksi Relatif Cepat

Dalam suatu usaha, faktor kecepatan transaksi bisa berpengaruh terhadap keberhasilan. Semakin tanggap pelayanan toko, maka konsumen akan semakin dipuaskan dan memberikan kepercayaannya untuk membeli barang atau menggunakan jasanya lagi.

5. Beragam Model Bisnis

Berdagang secara online bisa memberikan peluang untuk mengembangkan kompetensi diri sendiri dan menghasilkan uang. Misalnya, kamu memiliki keahlian dalam menulis, maka blog bisa menjadi jalan untuk mendapatkan penghasilan.

Kekurangan bisnis digital

5 Kekurangan Membangun Bisnis Digital, Wajib Diketahui

Bisnis digital tidak hanya mendatangkan berbagai kelebihan, melainkan juga memiliki beberapa kekurangan. Hal ini wajib diantisipasi oleh para pelaku usaha yang ingin bertransformasi menyelami dunia digital.

Berikut 5 kekurangan dari bisnis digital:

1. Membutuhkan Skill

Pengetahuan dan skill memadai dalam hal bisnis digital adalah modal utama yang harus kamu miliki. Karena, pengetahuan secara mendasar saja kurang cukup untuk berperang dalam persaingan, para pelaku usaha wajib mengupas tuntas kulitnya.

Meski internet menyediakan berbagai informasi sesuai kebutuhan pembacanya, tetapi sebaiknya kamu juga mengikuti workshop atau training berbayar agar lebih fokus memperdalam pengetahuan mengenai bidang ini.

2. Persaingannya Tinggi

Internet yang semakin canggih membuka banyak peluang bisnis, sehingga masyarakat mulai beralih memperdalam bidang ini untuk meningkatkan penghasilan. Hal tersebut membuat persaingan bisnis semakin tinggi.

Persaingan yang kamu hadapi bukan hanya di dalam satu kota, melainkan seluruh Indonesia bahkan dunia. Dibutuhkan strategi dan evaluasi ketat jika ingin bertahan di dalam medan perang persaingan tersebut.

3. Payung Hukum Belum Terlalu Kuat

Indonesia memiliki Undang-Undang ITE, di dalamnya memberikan perlindungan kepada hak konsumen juga pelaku bisnis. Namun, dengan banyaknya kasus penipuan dan kejahatan online di Indonesia belum menjerat para pelaku secara adil.

4. Penipuan

Berkaitan dengan poin ketiga, bidang ini rentan dengan penipuan. Karena dalam dunia bisnis digital, pembeli dan penjual tidak bertemu secara langsung. Seringkali penipu menggunakan akun palsu untuk tujuan penipuan.

5. Internet Belum Tersebar Secara Merata

Di Indonesia, internet masih belum disebarkan secara merata hingga ke daerah pelosok, Sehingga, kemungkinan besar penyebarannya akan sulit, mengingat pembelajaran internet juga tidak mudah dilakukan, terkhususnya mengenai bisnis digital.

Bisnis Digital Menjanjikan Terbaru di Era Teknologi

Beragam bisnis digital tersebar di internet dengan kemudahan akses oleh pengguna baik sebagai penjual maupun pembeli. Lalu, bidang apa saja yang bisa digerakkan melalui internet? Kamu bisa memilih salah satunya.

Istilah toko online tentu tidak asing di telinga kamu, potensi e-commerce terus berkembang dan menjanjikan setiap penjualnya. Para pelaku usaha harus memberikan karakteristik pada toko online-nya agar tampil berbeda.

Tampilan berbeda dapat menarik perhatian pelanggan, sehingga meningkatkan kepercayaan mereka. Pelajari dengan baik bagaimana mengelola toko online secara maksimal dan belajarlah dari orang berpengalaman.

Bukan hanya toko online, jika kamu kesulitan menemukan barang atau jasa untuk dijual melalui e-commerce, tekuni bisnis afilasi. Afilasi merupakan usaha untuk memasarkan produk orang lain, kemudian imbalannya berupa komisi.

Tidak butuh modal sama sekali, hanya internet dan laptop, kamu bisa mencari pelanggan sebanyak-banyaknya dan menggiring mereka untuk membeli produk sebuah toko. Afilasi biasanya berkaitan erat dengan kode referral.

Dalam dunia bisnis digital, kamu bisa mendaftar program afilasi, kemudian mendapatkan kode referral. Setelah itu, pasarkan produk tersebut melalui website atau media sosial. Pada saat membeli, pelanggan menggunakan kode referral.

Jika sudah, member afilasi akan mendapatkan keuntungan bagi hasil dari pendapatan. Ada banyak sekali program afilasi, pelajari dan pergunakan sebaik-baiknya ilmu tersebut untuk menghasilkan keuntungan yang tinggi.

Bisnis digital selanjutnya berbeda dengan toko online atau afilasi marketing. Kamu bisa menjadi seorang Youtuber dengan bermodal handphone. Saat ini, penghasilan content creator melalui Youtube bisa untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Tips dan trik bisnis digital

Tips dan Trik Mengelola Bisnis Digital

Mengelola bisnis digital membutuhkan berbagai keahlian. Lalu, keahlian atau pengetahuan apa saja yang harus dipelajari untuk mengelola bidang ini? Jangan khawatir, terdapat beberapa tips dan trick yang bisa diterapkan.

Berikut tips dan trick dalam mengelola bisnis digital:

1. Menggabungkan SEO dan Pemasaran Konten

Bisnis digital membutuhkan keahlian dalam menjalankan SEO dan menggabungkannya dengan pemasaran konten. Di era teknologi seperti ini, sebagian besar metrik disertakan menggunakan Google yang berkaitan dengan konten.

Jenis kontennya beraneka ragam, seperti visual, teks, video, audio, dan masih banyak lagi. Lebih baik menggunakan konten yang beragam daripada hanya monoton dalam satu bidang tertentu. Tujuannya agar mampu menghadapi persaingan.

2. Memilih Media Sosial untuk Bisnis Digital yang Relevan

Perhatikan target market kamu terlebih dahulu, kemudian pilihlah media sosial yang relevan. Amati, sebagian besar pelanggan menghabiskan waktu di media sosial mana? Setelah itu, kamu bisa membangun kerajaan bisnis disana.

3. Optimalisasi Web Bisnis Digital

Pastikan bahwa jaringan media usaha dapat diakses menggunakan perangkat apa saja, baik desktop maupun seluler. Saat ini, penting untuk membuat situs web dan konten dapat diakses oleh pelanggan dengan mudah.

4. Memperdalam Dunia Desain

Memiliki kemampuan desain bisa menjadikan pelaku usaha memvisualkan keunggulan produk untuk menarik perhatian pelanggan. Hal ini sangat diperlukan dalam strategi bisnis digital yang dijalankan untuk meningkatkan penjualan.

Terdapat beberapa aplikasi yang bisa dipelajari, seperti Canva, Photoshop, dan lain sebagainya. Tujuannya adalah untuk mengoptimalkan tampilan media sosial dan website usaha. Kamu juga bisa menggunakan jasa pengelolaan website terpercaya.

Memperdalam dunia dagang tentu saja tidak mudah, kunjungi situs Domainesia sebagai situs terpercaya dan berkualitas untuk memudahkan pengelolaan strategi marketing serta mempelajari bisnis digital dengan sebaik-baiknya.

Summary
Mengenal Bisnis Digital, Menjanjikan dan Minim Modal
Article Name
Mengenal Bisnis Digital, Menjanjikan dan Minim Modal
Description
Tentu saja menghadapi perubahan drastis merupakan tantangan tersendiri bagi para pelaku bisnis, prosesnya juga tidak mudah. Transaksi yang awalnya dijalankan secara manual, pengunjung mendatangi toko, kini semua hanya melalui internet.
Author
Publisher Name
Eirudo
Publisher Logo
Caci Maki Kalian
Site of the Year - Indonesia Website Awards (IWA) 2018
Download