22 Feb 2019
239

Kini Aplikasi Uang Elektronik BUMN Bergabung Menjadi LinkAja

Kini Aplikasi Uang Elektronik BUMN Bergabung Menjadi LinkAja

Sepertinya keluh kesah kita sebagai pencinta cashless didengar. Iya, setelah kita ribet harus punya banyak akun uang elektronik, akhirnya beberapa uang elektronik milik BUMN disatukan. Iya, gitu dong. Daripada kita ribet nginstalin banyak aplikasi uang elektronik dan saldonya kepisah-pisah di banyak akun.

Kini, 5 aplikasi uang elektronik milik BUMN menjadi satu aplikasi saja, yaitu LinkAja. LinkAja merupakan gabungan dari 5 aplikasi uang elektronik yaitu Telkomsel TCASH, Mandiri e-Cash, BNI UnikQu, BRI T-Bank, dan Telkom t-Money.

Jadi, jika kita menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut, kini cukup nginstall satu aplikasi saja, yaitu LinkAja. Gak pelru nginstall banyak aplikasi lagi. LinkAja sendiir aplikasinya tetep menggunakan bawaan TCASH.

Jadi nggak ribet gitu kita punya banyak aplikasi, udah gitu harus top-up semua masing-masing kan ya. Uang kita jadi kepisah-pisah. Ribet tauk.

Lalu, saldo yang tersisa bagaimana? Saldo yang tersisa akan digabungkan juga. Jadi saldo kamu nggak ilang.

Ini langkah yang bagus sih. Selain membuat pengelolaan uang lebih simpel, juga akan bersaing dengan uang elektronik lain seperti OVO dan GO-PAY dimana yang sedang merajai uang elektronik di Indonesia saat ini.

TCASH lebih dulu berubah menjadi LinkAja

Karena aplikasi LinkAja menggunakan default aplikasi TCASH, maka TCASH duluan ayng berubah menjadi aplikasi LinkAja di tanggal 22 Februari 2019. Jadi waktu itu aku begadang sampe malam karena pengen update duluan. Eh, ternyata aplikasinya ancur banget hehe.

Belum sempurna. Tapi udah kebelet banget rilis. Ya, gini deh hasilnya.

Pada update berikutnya, udah mulai bisa responsive tampilannya. Tapi UI-nya tetep bikin sakit mata hehe.

Eh, ada update lagi. Ternyata malah bikin crash. Aplikasinya malah gak bisa dibuka ama sekali. Heu? Jadinya aku gak bisa isi pulsa ataupun paket data (karena biasanya emang beli pulsa lewat TCASH).

Jadi, tiap aplikasinya dibuka, langsung crash. Dan belum ada kepastian kapan ini dibenerin.

Yah, gakpapa sih kan ada inisiatif buat gabungin semua uang elektronik itu bagus. Biar gak kebanyakan aplikasi uang elektronik juga kita.

Kelebihan

Menurut aku sih, kelebihan LinkAja:

  • Praktis, kalau banyak aplikasi uang elektronik jadi satu. Kita gak perlu ribet install banyak aplikasi lagi. Hemat storage di HP juga.
  • Lebih simpel tentunya.

Kekurangan LinkAja

Soal kekurangannya sih menurutku:

  • Namanya jelek banget. Masa LinkAja? Nggak kece aja gitu namanya.
  • UI-nya masih jelek. Perpaduan warnanya bikin sakit mata. Asli. Jauh lebih bagusan TCASH aslinya.
  • Belom sempurna kok sudah dirilis? Keburu banget rilisnya? Ini mengganggu banget loh. Kita jadi gak bisa pake ampe berminggu-minggu. Parah.

Kita tunggu saja sampe aplikasinya dibenerin ya. Entah kapan. Nanti aku update postingan ini.

Summary
Review Date
Reviewed Item
LinkAja
Author Rating
21star1stargraygraygray
Caci Maki Kalian