26 Mar 2016
3201

Hantu-Hantu Yang Cukup Beken di Indonesia

Hantu-Hantu di Indonesia Ini Lebih Terkenal Dari Kamu

Balik lagi ke artikel yang aslinya kurang penting buat diposting. Lah? terus ngapain ditulis.

Sekedar mengingatkan, negri kita yang tercinta ini banyak sekali kisah-kisah mistis yang sudah jadi rahasia umum. yang mungkin jaman dulu kesannya sangat serem, entah kenapa sekarang lambat laun menjadi hal yang sangat biasa saja. Hampir dijaman sekarang gak ada yang takut sama hantu-hantuan, karena hal yang paling serem itu, kalo gak kena tikung temen sendiri, ya kehabisan kuota.

Berikut ini daftar hantu-hantu yang beken banget di negri tercinta kita ini. Mungkin kalian sudah pada hapal, atau bahkan udah pernah Meet & Greet langsung? Ciee kencan ciee...

Pocong (Jumping Candy)

Hantu bungkus yang fenomenal ini menjadi hantu paling terpopuler di Indonesia. Desain nya sih simpel. Cuman mayat, dibungkus, udah. Kainnya pun cuman warna putih polos, nggak pernah ganti model ataupun warnanya.

Pocong / Jumping Candy

Pocong merupakan hantu dengan sosok mayat yang masih terbungkus. Konon, katanya berasal dari orang mati yang lupa dibuka tali pocongnya saat dikuburkan. Sehingga bergentayangan dan meneror warga untuk dibukakan talinya. Kalo menurutku sih, alasan bergentayangan paling ya minta diganti model kainnya ajah. Biar gak bosen.

Mitos yang lucu banget di Indonesia, Pocong selalu digambarkan melompat-lompat. Plis dah, gak capek apa lompat terus? Gak ada hantu lompat-lompat deh perasaan. Yang ada mah melayang. kalo lompat-lompat udah pasti, pocong boongan. Di Indonesia pun, pocong juga bisa jadi artis ternama, sampai masuk layar lebar. Mungkin ini sebabnya gak ada yang takut dengan pocong lagi. Udah jadi artis sih. Yang ada malah diajak selfie.

Kuntilanak

Mbak yang satu ini juga nggak kalah bekennya dengan Pocong. Sosok wanita cantik berambut panjang, dengan baju putih polos (lagi-lagi kain putih). Dengan senyuman khas yang melengking di telinga. Ebuset, kalo melengking itu mah ketawa ngakak, bukan senyum lagi.

Kuntilanak

Menurut legenda (cie ilah), Kuntilanak ini suka nyulik anak-anak (ini cerita emak emak buat nakutin anak-anaknya biar gak keluyuran mulu). Mereka berasal dari wanita yang diperkosa kemudian dibunuh (tau dari mana? Ikut dokumentasiin?).

Biasanya kuntilanak hinggap di pohon-pohon kalau malem. Nguber para lelaki yang biasanya kegatelan, atau suka kencing di pohon sembarangan. Nah, makanya kalau kencing ke toilet umum sana. Jangan di pohon. Emang gak cebok? Digigit kuntilanak bisa ilang tuh batang.

Sundel Bolong

Sundel Bolong merupakan versi lain dari Kuntilanak, atau Kuntilanak yang udah diUpgrade ke versi 2.0. Lah? Kok bisa? Iya, kalo Sundel Bolong ini bedanya, punggungnya bolong. Sehingga organ dalamnya keliatan, dan berlumuran darah serta belatung.

Sundel Bolong / Suzana

Jika kita amati dari depan, maka tercium bau wangi. Sedangkan jika kita berada di sisi belakangnya, karena ada bolong yang menjijikkan itu, baunya menjadi busuk banget (belom cebok). Mungkin kentutmu juga kalah busuk.

Selain itu, ada sedikit upgrade lain dari versi Kuntilanak. Katanya sih, Oppai nya Sundel Bolong itu lebih guedhe. Tsunade aja kalah gedhe. Tapi tetep sih, meski gedhe, lu doyan?

Genderuwo (Dark Yeti)

Genderuwo merupakan sosok makhluk halus berbadan besar. Dengan tubuh penuh rambut. Jadi seperti Yeti versi Jahatnya. Cuman mukanya lebih serem lagi. Maklum, setan produk lokal emang pada serem semua mukanya. Biasanya Genderuwo ini ada di daerah yang masih terbilang pelosok, banyak sawah atau hutan, di tempat-tempat gelap.

Genderuwo

Genderuwo ini sering sekali ngapelin para wanita yang sedang ditinggal suaminya bekerja. Apalagi jika suaminya pulang larut malam. Biasanya Genderuwo menyamar menjadi sang suami lalu ya... gitu deh (gak perlu diceritain, kalian tau sendiri lanjutannya). Secara pribadi sih kita-kita belum pernah ngelihat Genderuwo secara langsung. Duh jangan sampe deh ya. Kalo Genderuwonya lucu gitu gakpapa.

Tuyul (Bald Child)

Nah, ini salah satu bocah terfavorit juga. Karena, masih anak-anak udah pada pinter cari duit. Kita-kita yang udah pada lulus aja kadang cari kerjaan susah. Tsah! Tuyul ini dipercaya penghasil uang nomor 1. Biasanya suka mainan telur dan mainan kepiting. Tingkahnya juga persis seperti anak-anak yang botak (mungkin ngikut ajarannya Saitama). Biasanya digendong dan diajak jalan-jalan oleh majikannya. Hanya saja, tidak ada yang bisa melihat sosoknya.

Tuyul

Aku sendiri rasanya pernah ngelihat orang nggendong Tuyul, waktu itu masih kecil sih, yang aku lihat, ada mbah-mbah jalan sambil tangannya dibelakang gitu kayak nepuk-nepuk pantat anak kecil yang digendong. Padahal aku lihat ya gak gendong siapa-siapa. Karena masih polos ya penasaran aja aku liatin huehuehue. Pas gedhe baru keinget dan nyadar, kalo waktu itu pasti dia gendong Tuyul. Serem juga ya 😐

Uang yang didapet darimana? Ya uang tetangga-tetangganya yang diambil. Itupun gak langsung ngambil semuanya. Nyicil. Dikit-dikit... Jadi terkadang pemilik uang nggak sadar kalo jumlahnya berkurang.

Leak

Leak

Kisah hantu Leak ini berasal dari daerah Bali. Sebenarnya Leak ini adalah manusia biasa seperti pada umumnya. Namun dia mempelajari ilmu hitam, dengan cara yang tak lazim. Leak juga dikenal sebagai kanibal, menghisap darah bayi. Sehingga kerap sekali mengincar wanita hamil. Pada siang hari, wujudnya menjadi manusia biasa. Baru menjadi Leak ketika malam hari, dan hanya dapat dilihat oleh pemburu Leak. Katanya sih, soalnya belum pernah ketemu langsung. Jangan sampe deh XD

Kuyang (The Njeroan Mbrodhol)

Kuyang berasal dari daerah Kalimantan. Sosok wanita, kepalanya saja, tanpa badan. Tetapi dengan organ dalam tubuhnya yang masih tersambung. Tapi gak ada badannya. jadi cuman kepala sama oragan dalamnya aja gitu, terbang bebas di angkasa. I believe I can fly ~

Kuyang / Palasik

Sosok Kuyang merupakan hantu jadi-jadian yang katanya, berasal dari manusia biasa. Manusia sama kayak kita, cuman mungkin mempelajari ilmu terlarang agar lebih kuat dan dapat hidup abadi. Sehingga ketika malam, menjadi sosok kuyang, dan suka mencuri kemudian memakan janin bayi bahkan bayi yang baru lahir. Jadi incaran Kuyang adalah ibu-ibu hamil atau baru melahirkan.

Sedikit cerita dulu waktu aku masih tinggal di Banjarmasin, eh, Banjarbaru ding. Sering sekali aku kelayapan sampai malam hari main di warnet. Pulangnya jalan kaki. Ya pasti kena marah, menyusuri pinggiran hutan yang gelap. Gimana semua gak was was ahaha. Dan selalu dimarai dengan alasan "Kamu itu jangan keliaran malem sembarangan. Nanti ada Kuyang". Lah? Memangnya aku wanita hamil? ._. Aku kan cowok.

Palasik

Palasik ini sama kayak Kuyang, cuman dari daerah Minangkabau. Mungkin ada versi Cowok nya. Demi hidup abadi, ada manusia yang rela mempelajari ilmu hitam, kepalanya lepas dari tubuhnya dan mengincar wanita-wanita hamil untuk dimakan bayinya. Ugh, kok bisa ya 😐 Apapun makanannya sih, minumnya Teh Botol Sosmed.

Hantu Kepala Buntung (Headless Prince)

Gak cuman tangan yang buntung, kepala juga bisa. Hantu Kepala Buntung ini dulu lumayan beken juga di masyarakat. Sosoknya seorang pria, tapi nggak punya kepala. Biasanya gedor-gedor rumah warga nyariin kepalanya. Sampai saat ini belum jelas juga bagaimana bisa kepalanya hilang.

Kepala Buntung

Cerita versi lain, kepalanya terputus dan dipengang sendiri, sambil menyusuri pinggir jalan buat nakutin orang-orang yang lewat. Entah versi yang bener, intinya sih, kepalanya gak ada di tempat normalnya. Gitu aja.

Kemamang (Fireball)

Kemamang

Jamanku kecil sering sekali terdengar kisah hantu ini. Bentuknya kayak bola api yang melayang-layang di udara. Detailnya aku masih belum tau darimana asal Kemamang ini. Mungkin singkatannya dari: "Kemana Mang?" makanya dia bingung melayang-layang di udara gak ada kejelasan.

Muka Rata (Blank Face)

Muka Rata Blank Face Taylor Swift

Jadi hantu ini tidak memiliki mata, hidung, maupun mulus. Apalagi alis. Mau ngelukis alis pun gak sempet. Kalian yang punya alis aja masih sempet-sempetnya ribet gambarin alis //eh. Entah kenapa hantu ini mukanya rata. Mungkin salah operasi plastik atau apa. Katanya sih, Hantu Muka Rata ini suka gedor-gedor rumah warga untuk mencari mukanya yan hilang.

Jailangkung (Javanese Pinocchio)

Jailangkung ini sosok manusia-manusiaan ayng dibuat dari kayu, dilengkapi dengan baju lusuh. Kepalanya terbuat dari tempurung kelapa yang sudah kering. Biasanya manusialah yang suka membuat ritual pemanggilan Jailangkung ini. Sosoknya hanya boneka kayu biasa, hanya saja karena ritual pemanggilan, akhirnya boneka lucu ini dimasuki setan dan bisa menjawab pertanyaan yang kalian lontarkan.

Jailangkung

Dulu ngetrend sekali dilakukan anak-anak muda kekinian. Entah nanyain jodoh, atau bahkan kunci jawaban ujian sekolah. Pelis dah, ini Jailangkung apa Dukun sih? Lucunya dulu sering sekali menggunakan Jangka untuk berJailangkung ria.

Untuk memanggil Jailangkung, diperlukan mantra khusus. Aku yakin kalian juda sudah hapal:

Jailangkung.. Jailangkung.. Disini ada pesta, pestanya anak muda.. Bla bla bla... Datang tak dijemput, pulang tak diantar...

Mungkin kalo jaman sekarang, Datang dijemput, pulangnya naik ojek online.

Suster Ngesot (Sliding Nurse)

Suster Ngesot ini merupakan sosok suster-suster yang katanya mati dibunuh setelah diperkosa. Kakinya dipotong juga. Lokasi bergentayangannya ya di Rumah Sakit gitu. Masih lengkap dengan pakaian kerjanya. Sehingga kita bisa langsung mengenalinya bahwa dia seorang suster. Karena kakinya sudah nggak ada, makanya ngesot-ngesot.

Suster Ngajak Ngesot

Cerita ini sangat beken di lingkungan rumah sakit. Yang sekarang udah jarang sekali ada kisah Suster Ngesot ini. Cuman kasihan, jalannya ngesot terus. Mungkin lain kali setiap rumah sakit setidaknya memfasilitasi para suster ngesotnya dengan Hoverboard. Biar makin Gawl...

Babi Ngepet (Running Piggy)

Babi Ngepet ini dipercaya sebagai rivalnya Tuyul. Karena mereka mempunyai visi dan misi yang sama: Nyolongin duit tetangga. Cuman bedanya, Babi Ngepet ini aslinya manusia. Bukan seperti Tuyul yang memang asli makhluk halus. Biasanya suami istri yang hidupnya kurang sejahtera, kemudian memilih jalan tersesat ini untuk menjalankan bisnis Babi Ngepet.

Babi Ngepet

Biasanya sang suamilah yang berubah menjadi babi, kemudian berkeliling menyusuri setiap rumah warga untuk mencuri uang. Dan istrinya dirumah tugasnya menjaga lilin. Karena selama si suami menjadi babi, lilin tersebut menjadi nyawa sang suami. Jika lilin nya mati, si suami juga mati. Tidak disarankan menjalankan bisnis ini ketika sang istri terkena flu ya. Gak sengaja bersin mati dah tuh lilin.

Mak Lampir

Mak Lampir

Pelis, ini bukan setan. Cuman tokoh utama di serial laga. Jelas beken, orang msuk tipi saban hari. Dengan suara tertawanya yang sangat khas. Dan warna tubuhnya yang ijo enggak natural. Namanya juga film.

Nyi Pelet

Nyi Pelet

Nyi Pelet juga bukan hantu. Ini juga salah satu tokoh serial laga. ahaha. Ceritanya sih Nyi Pelet ini cantik, anggun, dan baik hati. Namun bapaknya seorang tukang santet. Sehingga semua warga menjauhinya. Akhirnya bapaknya mati, kemudian dia balas dendam kepada warga. Tamat.

Itulah beberapa hantu yang beken di Indonesia. Sebenarnya di Indonesia sangat buanyak macam-macam hantu. Tetapi kita cukup membahas yang beken-beken aja. Yang gak beken, ya biarin. Salah sendiri kurang eksis nongolnya.

Summary
Hantu-Hantu Yang Cukup Beken di Indonesia
Article Name
Hantu-Hantu Yang Cukup Beken di Indonesia
Description
Gak cuman artis, hantu pun juga ikut-ikutan beken. Kok bisa? Namanya juga dedemit terkenal. Berikut ini hantu-hantu yang lumayan tinggi popularitasnya.
Author
Publisher Name
Eirudo
Publisher Logo
Caci Maki Kalian
Site of the Year - Indonesia Website Awards (IWA) 2018
Download