Tips Kuat Berpuasa Meskipun Beraktivitas Seharian

Tips Kuat Berpuasa Meskipun Beraktivitas Seharian

tips kuat puasa meski beraktivitas seharian

Wah, gak kerasa banget nih udah bulan Ramadhan lagi. Di mana umat Muslim khususnya menjalankan ibadah puasa. Perasaan bulan Ramadhan baru kemaren deh, eh udah dateng lagi. Alhamdulillah masih diberi kesempatan untuk bertemu dengan Bulan Ramadhan yang mulia ini.

Namun, berpuasa ini terkadang menjadi tantangan tersendiri bagi kita yang masih beraktifitas seperti biasanya. Misalnya, masih kerja, masih masuk sekolah, dll. Udah gitu jam kerjanya kan tetep, dan suasana sehari-hari yang panas terik. Hayoloh~ Semangat dong... Jangan gentar untuk membatalkan puasanya!

By the way in the busway, kalian ngerasa ada yang janggal gak sih? Aku ngerasa gak begitu keliatan ada iklan sirup ya? Awkwkwk. Kemana dah sirup-sirup ini. Tumben ngak keliatan.

Mungkin sengaja gak diiklanin karena dijulid'in netijen mulu kalo muncul setiap awal puasaan.

We balik ke topik! Untuk menghadapi ini, Eirudo punya beberapa tips kuat puasa nih. Sebenernya basi banget tipsnya mungkin kalian udah sering baca di website lain ato di social media hhh... Tapi Eirudo tambahin beberapa tips sendiri sih yang mungkin belom dipost di tempat lain yekan...

Berikut ini tips kuat menghadapi puasa selama Bulan Ramadhan

Baca niat dulu

Yang paling penting kan niat dulu sebelum berpuasa. Jangan sampai lupa diniatin. Biasanya kan kalo di Indonesia udah bareng-bareng tuh niatnya pas kelar tarawih. Nah, kamu yang bolong-bolong tarawihnya jangan lupa niatnya ya...

Jangan lupa makan sahur

Agar kuat berpuasa karena tidak makan minum seharian, jangan lupa makan sahur. Iya, nanti kelaperan lagi pas siangnya kalo lupa sahur. Naikkan porsinya bila perlu. Biar ada tenaga untuk beraktifitas hingga waktu berbuka nanti. Kamu itu butuh tenaga sayang... Jangan sok kuat, tapi di dalam hati menangis. Apaan!

Jangan makan sahur dengan Mie Instan

tips kuat puasa meski beraktivitas seharian - jangan sahur pake mie instanSahur pake Mie Instan bikin tenggorokan kering.
Sumber gambar: smartbisnis.co.id

Kenapa nih kenapa nih? Makan Mie Instan dapat membuat tenggorokanmu terasa kering dan panas. Buat kamu yang udah langganan panas dalam (kayak akuu~) tentu akan menghindari Mie Instan karena tenggorokan akan terasa lebih panas setelahnya. Dan lebih kering. Yang ada jadi makin haus. Bikin puasa terganggu seharian. Ya meskipun kamu anak kosan yang bokek, kalau bisa jangan mie instan lah 🙁 Kasihan itu tenggorokan ama perut.

Hindari sahur dengan makanan yang berminyak, terlalu pedas, atau terlalu panas

Nah, saat puasa orang biasanya lebih fokus untuk menjaga kesehatan perut. Hingga melupakan kesehatan bagian tubuh yang lain. Termasuk bagian penting: Tenggorokan.

Karena aku ini punya radang tenggorokan (sering kering, gampang haus) apalagi setelah makan-makanan tertentu. Nah, aku tekankan sekali lagi, kondisi tenggorokan juga harus disayang ya selama berpuasa.

tips kuat puasa meski beraktivitas seharian - jangan makan gorenganJangan sahur pake makanan yang berlemak atau berminyak, dan pedas.
Sumber gambar dari: idntimes.com

Jangan makan-makanan yang berlemak, berminyak, terlalu pedas ataupun terlalu panas. Apalagi makan omongan tetangga. Buset dah pedes banget itu bray. Ampe ke ubun-ubun. Selain menyakiti tenggorokanmu, rasa haus akan cenderung muncul nantinya di siang hari. Biasanya saat sahur aku selalu siap sedia minuman penyegar, atau penyegar panas dalam.

Jangan lupa obat maag di awal puasa kalau kamu nggak biasa nunda makan

Minum obat maag di awal puasa juga perlu diminum saat sahur. Apalagi awal-awal puasa. Mungkin buat kamu yang suka telat makan, atau menunda makan akan lebih mudah beradaptasi dengan puasa. Namun yang biasa makan tepat waktu atau makan dalam waktu berdekatan, baisanya sih susah beradaptasi.

Aku biasanya juga sedia obat maag yang diminum sesudah sahur.

Minum Vitamin C dan Suplemen saat sahur

Untuk membantu kondisi daya tahan tubuh, vitamin C dan suplemen penunjang juga bagus diminum saat sahur. Biar gak lemes pas beraktifitas seharian. Apalagi yang bekerjanya membutuhkan tenaga ekstra. Vitamin Sea juga boleh kalo gak jauh amat. yang penting air pantai jangan diminum aja.

Jangan terlalu terpapar sinar matahari

Ini sebenernya tips kuat puasa apa tips skincare sih? Kok gak boleh terpapar sinar matahari segala. Ya kali aja kamu nanti gampang haus kalo kena panas mulu di siang hari yekan? Namun kalo memang aktivitasmu outdooran, ya usahakan pakai penutup kepala seperti topi dll biar gak panas-panas amat.

Jangan makan dan minum di siang hari

Namanya juga puasa Saodaaaaaaaah ngapain makan ama minum dah. Auto-batal dong.

Jangan ghibah, bergunjing, bergossip, memfitnah, astaghfirullah

tips kuat puasa meski beraktivitas seharian - jangan berghibahFotonya Septy yang ketawa ngakak ini pas banget untuk mendeskripsikan bagaimana kami saat beghibah berjamaah.

Kalau ini aja sampe harus diingetin dulu parah sih. Namanya puasa kan gak cuman nahan lapar, gak makan dan minum saja. Namun juga jaga hati. Buang semua kotoran hati. Berprasangka baik pada orang lain... Ya.. Ini ngapa aku jadi yang sok suci banget dah

Lakukan hobimu untuk mengalihkan perhatian dari rasa lapar

tips kuat puasa meski beraktivitas seharian - lakukan hobi seperti main gameLakukan hobimu seperti main game.
Yuk add ID AOV-ku: Eirudo

Kamu bisa melakukan hal-hal yang kamu sukai selagi nunggu waktu berbuka. Hal yang disukai nggak harus hobi kok. hal lain yang menyenangkan juga bisa dilakukan. Yang penting kamu gak merenungi rasa laparmu mulu seharian. Contohnya: denger musik, main game, baca buku, nonton, berenang, manjat pohon, manjat gunung, manjat gedung, manjat sosial... Apapun itu yang penting menimbulkan rasa yang menyenangkan untuk dirimu.

Ngabuburit asyique bersama circle-mu

Ya, selagi nunggu waktu berbuka, ngabuburit asyique bisa dilakukan di mana saja. Contohnya ke taman, ngeMall, pinggir jalan, di mana aja sih boleh.

Memiliki rejeki lebih? Bagi-bagi takjil yuk!

Diskusikan dengan teman-temanmu. Kalian bisa menyisihkan sebagian rejeki kalian untuk bagi-bagi takjil gratis. Jika memungkinkan, berbagi makanan gratis untuk berbuka puasa juga sangat bagus kok. Namun jangan dipaksakan. Kalau memang kamu lagi bokek banget, meskipun ingin berbagi, jangan terlalu dipaksakan. Kamu bisa lakukan nanti di hari berikutnya.

Berbukalah dengan yang manis

Bebrukalah dengan yang manis namun tanpa bahan gula (sunnah) seperti kurma. Namun di Indonesia nggak selalu kurma ya yang manis. Lebih mantap lagi kalau nggak cuman manis, namun juga segar. Kamu bisa berbuka dengan yang manis seperti: Es blewah, es kacang ijo, es buah, es teh, mukaku yang cukup manis ini, atau bualan fuccboi yang bikin kamu bucin setengah mati. Yang manis-manis dah pokoknya ya. Jangan lupa baca doa buka puasa ya kalau berbuka.

 

Nah itu tadi beberapa tips dari Eirudo untuk kuat menghadapi puasa meskipun sedang beraktifitas seharian. Semoga tipsnya berguna bagi kita semua yang sedang menjalankan ibadah puasa.

Ada yang mau ditambahin gak nih? Coba comment di bawah ini. Kali aja Eirudo kelupaan tips penting yang belum ketulis. Bisa atuh ditambahin.

Last but not least

Untuk kalian yang membutuhkan, aku post juga doa niat puasa, dan doa berbuka puasa. Kali aja kalian butuh hapalin ulang :3

Summary
Tips Kuat Berpuasa Meskipun Beraktivitas Seharian
Article Name
Tips Kuat Berpuasa Meskipun Beraktivitas Seharian
Description
Hayo, siapa nih yang berpuasa tapi masih harus beraktivitas seperti biasanya? Biar puasa kamu kuat, Eirudo punya tips nih buat kamu biar lancar puasanya.
Author
Publisher Name
Eirudo
Publisher Logo
Caci Maki Kalian
Site of the Year - Indonesia Website Awards (IWA) 2018
Download