5 Oct 2017
45

Nama Dark Ard Kini Telah Berubah Menjadi Eirudo

Bye Dark Ard! Hello Eirudo!

reBranding? Nggak sih. Lebih tepatnya, njenang abangi lek jarene wong Jowo. Ganti nama lagi. Setelah 10 tahun lamanya menggunakan nama Dark Ard. Akhirnya berganti menjadi Eirudo.

Ada banyak alasan, dan pertimbangan. Kenapa aku harus meninggalkan nama Dark Ard. Padahal rang-orang kenalnya ama Dark Ard ye. Bahkan bisa ketemu temen-temen Friendster jaman dulu di Facebook juga gara-gara nama Dark Ard ini. Sama-sama masih inget nama Friendster masing-masing, akhirnya temu kangen. Yha. Kalo nggak gitu pas ketemu dijalan. Yang disebutin pasti ya namanya yang di internet. Bukan nama aseli.

Dark Ard Eirudo

Jadi, apakah yang membuat Dark Ard harus mengganti namanya?

Susah Dibaca, Apalagi Lidah Indonesia

Yha, nggak semua orang bisa nyebutin Dark Ard dengan ena. Kebanyakan jatoh jadi Drak Art. Drak ye, bukan Dark. Aku sendiri juga ngucapinnya yha medhok medhok gitu. Maklum rang Jawa tulen.

Karena terlalu susah penyebutannya, kayaknya diganti saja deh. Yang lebih mudah dibaca.

Username Banyak Yang Tidak Tersedia

Sumpah ini yang paling bikin jengkel. Username banyak yang tidak tersedia untuk DarkArd. Kebanyakan udah dipake orang. Padahal pas bikin nama ini, di jaman dulu, aku udah Googling dulu buat mastiin kalau nama ini belum pernah dipake orang lain. Jadi ketika aku Googling, gak muncul ama sekali nih nama. Makanya akhirnya aku tetepin jadi identitas diri di Internet, sekalian username di setiap akun. Tapi? Kok banyak yang nggak bisa. Banyak yang udah dipake orang. Jadinya aku harus pake underscore, atau aku embel-embelin “ID” di setiap belakang username. Dan ini malesin banget.

Karena lebih enak kalau username dimana-mana tuh bisa sama. Mudah diinget.

Lumyan Bosen

Yha kali pake nama yang sama 10 tahun melulu tapi username bisa beda-beda gitu. Ngeselin.

Domainnya Mahal

Aku inget banget. Di Tahun 2010 dulu darkard.com itu ada websitenya. Entah website apaan. Jadi di tahun itu sudaha da yang pake domain ini. Kemudian lama-lama websitenya ilang. Pikirku ada kesempatan buat beli domainnya. Nyatanya, domainku sudah dilelang duluan ama HugeDomains. Dengan harga yang nggak berperi-kemanusiaan. Sekitaran 35-40 jutaan kalau dirupiahin.

Gila aja bos aku mau keluar duit segitu cuman buat claim domain. Akhirnya aku pakai domain .ID. Seperti yang kalian lihat kemaren, https://darkard.id. Biar lebih nasionalis.

Boong banget kalo nasionalis mah. Emang nggak ada pilihan lain pas beli domain. Yang paling murah dan bagus emang itu.

Banyak Hal Buruk Di Masa Lalu

Saat masih menggunakan nama Dark Ard, banyak hal buruk dan gak jelas yang sudah aku lalui. Aib juga. Jadi, aku ingin menghapuskan itu semua. Cie ilah. Jadi ya aku butuh identitas baru. Yang bener-bener belom dipakai oleh orang lain. Karena selama aku masih menggunakan identitas yang sama, aku suka keinget yang lalu-lalu, apa yang udah aku lakuin, bagaimana pandangan orang lain ke aku. Nah, aku mau reset itu semua.

Apalagi dulu aku bejat banget kan ya. Jadi dikenalnya Dark Ard itu bokep internet amatiran atau apalah. Harus aku hapuskan untuk saat ini.

Karena sekarang, aku lebih ingin bisa kayak orang-orang sebelah gitu bisa berkarya ini itu. Dengan identitas baru, bisa jadi mindset juga kalau aku ini orang yang bener-bener mulai dari 0. Bukan orang yang aneh-aneh.

Biar Bisa Dapetin Domain .com

Iya, domain .com masih tersedia untuk nama Eirudo. Makanya aku pakai nama baru aja.

Username di Berbagai Social Media Masih Tersedia

Ini nih yang penting. Semua username masih tersedia. Jadi bisa match gitu ama semua akun.

Lebih Pendek, Dan Hanya Satu Kata

Sebelumnya Dark Ard kan terdiri dari dua kata. Nah aku pengen bikin yang cuman satu kata aja nih. Dan kalau bisa sependek mungkin. Dapetnya ya Eirudo.

Yah, dengan bergantinya identitas ini, semoga kedepannya ada perkembangan ke arah yang lebih baik ya. Dans etelah themes customku jadi, aku akan tulis-tulis tentang tutorial lagi. Dan nambah beberapa topik di blog ini.

Oh nikmatnya hidup ini.

Summary
Article Name
Pergantian nama Dark Ard menjadi Eirudo
Description
Pergantian nama Dark Ard menjadi Eirudo
Author
Publisher Name
Eirudo
Publisher Logo
Caci Maki Kalian