30 Sep 2017
251

Hal-Hal Aneh Yang Terjadi Dibalik Film "Pengabdi Setan (2017)"

Ulasan Singkat Tentang Pengabdi Setan (2017)

Mungkin mau tambah kategori blog lagi ya. Tentang review film. Biar nih blog juga ada yang bisa dijadikan bahan buat update hehe. Kalau kebanyakan kan blogger yang emang kegiatannya jelas, topik jelas, petualangannya jelas. Lah aku yang diem di rumah tiap hari karena masih pengangguran gini jadi bingung mau update apa. Untuk sekarang, aku mau bahas Pengabdi Setan. Jeng jeeeng…

Pengabdi Setan

Wus… Film reboot oleh Joko Anwar ini dulunya sudah pernah ada di tahun 80an. Dan aku belum lahir sih waktu itu. Dan menurutku emang bagus filmnya. Yang versi original ataupun versi reboot-nya Joko Anwar ini. Sama-sama serem yang pasti.

Dan film ini membuat kita bisa merasakan sensasi horror klasik seperti film Suzana jaman dulu itu tuh, cuman dengan kualitas yang lebih bagus lagi. Dan gak nyangka di tahun serba modern gini masih bisa dibikin takut dengan horror-horror klasik.

Dan tentunya ini bukan HoTor (Horror Kotor) yang biasanya make cewek-cewek seksi buat mancing penonton kayak film-film murahan sebelah. Gak pake pancingan pun juga banyak yang nonton.

Berawal dari si Jono yang datang ke rumahku secara tiba-tiba, nggak bilang-bilang dulu kalau mau ajak nonton. Sayangnya waktu itu lagi ada temenku yang main ke rumah sih. Masa iya mau aku tinggal nonton tanpa ngajak dia? Jadinya Jono langsung pulang. Dan besoknya dia nelpon aku, nanyain apa aku di rumah ato enggak. Karena aku free, ya langsung dijemput akhirnya.

Sama-sama nggak sabar nonton. Kenapa? Karena reviewnya bagus. Bagi yang nonton di hari pertama, semua pada bilang bagus. OK, jadi makin nggak sabar. Eh, hari kedua ya pas ada temenku main ke rumah tadi. Jadinya diundur. Dan kesampaian di hari ke-3.

Apalagi sudah pernah nyoba lihat versi originalnya di YouTube. Ada yang upload full videonya. Pernah juga aku sempetin liat. Serem juga anjir. Padahal ya tau kalo itu make-up nya ya cuman gitu-gitu aja diputihin. Setannya b aja sih. Cuman entah kenapa kok ya tetep berasa serem gitu liatnya.

Dan, telat dateng. Nggak kebagian tiket untuk yang jam 7 sore. Dapetnya jam 9 malem. Waduh, di Kota kecil gini jam segitu mana ada ayng nonton. Dan bener saja, yang malem sedikit yang nonton. Jadi berasa banget itu bioskop seluas itu tempat duduk tapi kosong semua. Apa nggak makin serem jadinya?

Oh iya, buat yang belum tau versi aslinya, atau yang diputer di tahun 80an, kamu bisa lihat yang ini:

Nih Joko Anwar pinter banget emang mblesetin tebakan penontonnya. Jadi kita mau nebak apa yang bakal terjadi, selalu diluar dugaan.

Bagusnya lagi, film horror yang semacam ini, masih disisipin humor-humor ringan. Jadi nggak tegang-tegang amat. Eh? Kata siapa. Tetep aja juga kaget sih kalo setannya keluar.

Pas awal-awal, udah mulai kerasa seremnya. Gimana nggak, lokasinya aja kayak gitu. Kayak di daerah yang pelosok banget. Jarak rumah antar tetangga aja jauh banget. Udah gitu depan rumahnya pas ada pohon gedhe banget. Dan rumahnya pun singup gitu Gak tau singup? Singp itu istilah kalau keadaan kayak rumah yang tenang, sepi, hening, tapi suasananya nggak enak alias horror. Gak enak lah kalau kalian lihat pemandangannya. Pasti nggak bakal mau kalian disuruh tinggal di tempat kayak gitu.

Dan di sebelah rumahnya, pas area pemakaman. Nggak tau sih itu pemakaman beneran atau buatan untuk keperluan shooting aja.

Jadi ini ceritanya tentang sebuah keluarga, yang nggak taat ama agama. Nggak pernah sholat. Dan emaknya malah mengabdi kepada setan soalnya nggak bisa punya anak. Setelah ikut sekte pemuja setan ini, si emak akhirnya punya anak. 4 bersaudara.

Namun dalam perjanjian para pemuja setan ini, anak terakhir akan dijemput oleh para iblis untuk dibawa pulang. Maka dari itu setelah si emak meninggal secara tidak wajar, banyak hal dan kejadian aneh di rumah tersebut. Mengingat satu keluarga nggak percaya takhayul, dan jauh dari agama.

Yang paling bikin creepy itu juga bunyi loncengnya. Bikin parno. Pas di dapur aku ambil gelas, tabraan ama gelas lain hingga bunyi aja jadi keinget ama lonceng yang ada di Pengabdi Setan.

Pengen spoilerin dikit tapi nggak tega. Jadi, aku spoiler dikit pake meme aja yak:

Kalau kalian pernah lihat versi originalnya, pasti tau kan tuh, ada 3 mayat hidup yang menyerang. Nah, kalau disini itu, bukan 3 mayat hidup macam gitu lagi. Biar nggak berasa spoiler banget, mending nonton sendiri aja ya. Karena part ini yang paling bikin aku parno ampe sekarang. Yang biasanya aku nggak pernah kunci pintu rumah, malemnya pas pulang nonton, langsung aku kunci.

Padahal aku udah biasa dan suka gitu lihat film horror yang mengusung mayat hidup. Seperti Resident Evil atau Walking Dead. Cuman kan mayat hidupnya masih peduli fashion. Pakaiannya masih bagus-bagus lah. Paling cuman kotor doang.

Sedangkan yang di Pengabdi Setan ini, waduh angan tanya penampilannya kayak apa. Masih keinget dan parno ampe sekarang.

Dan yang biasanya aku woles ke kamar mandi belakang rumah (maklum orang desa, kamar mandinya outdoor). Jadi parno juga. Nggak berani kalau nggak nyalain flash HP. Sensasinya pun kerasa ampe sekarang.

Yang rajin sholat pun, mungkin setelah nonton ini pun bisa jadi ikutan parno.

Satu hal yang disayangkan. Aku menantikan kehadiran Darminah, si emak iblis ini. Ternyata di versinya Joko Anwar, dia nggak ada.

Iblis MenorSayangnya tokoh Darminah, Iblis yang menor ini nggak ada di film versinya Joko Anwar

Eh, setelah lihat daftar cast di IMDb, ternyata si Darminah ini juga ada di versinya Joko Anwar. Cuman sayangnya nggak tampil seperti nenek sihir dan ikut mengganggu langsung ke rumah keluarga yang bersangkutan.

Spoiler: Nongolnya di ending. Dan sebagai karakter yang tampak masih lumayan muda. Ya gak nyangka aja kalo itu peran si Darminah. Karena kita udah beranggapan kalau si Darminah itu wujudnya kayak nenek sihir. Cuman di bagian ending memang ada beberapa hal yang menguatkan hal ini sih. Kalau memang itu yang nongol di ending berperan sebagai Darminah.

Itu tadi, cerita dikit (tadinya mo review, tapi kok emang males ya bikin pembahasan gitu. Enakan cerita wkwkwk) tentang Pengabdi Setan. Yang penasaran ya tinggal nonton aja. Aku saat ini sih penasaran ama Soundtrack yang dipake di film. Kayaknya bagus kalau diputerin malem-malem. Oh iya, berikut ini Traillernya.

Yang udah nonton, selamat telah melewati film ini dengan perasaan bahagia… (bahagia gundulmu). Dan yang belum nonton, buruan nonton.

Dan untuk film ini aku berikan rate 8/10.

Summary
Reviewer
Review Date
Reviewed Item
Pengabdi Setan (2017)
Author Rating
5
Caci Maki Kalian