11 Dec 2018
25883

Cara Menggunakan OVO Points Untuk Pembayaran Grab

Cara Menggunakan OVO Points Untuk Pembayaran Grab

Cara Bayar Grab Menggunakan OVO Points

Siapa sih yang gak tau OVO? pasti kamu temuin di mana-mana. Berbagai toko dan merchant, dan hampir di semua mall-mall kamu akan melihat OVO sebagai alat pembayaran.

Apa sih OVO itu? OVO merupakan salah satu uang elektronik yang dikeluarkan oleh Bank National NOBU juga Lippo Group. Saat ini bisa dibilang OVO adalah uang elektronik yang paling banyak dipakai dan mechant rekanan OVO ada di mana-mana.

Seperti uang elektronik pada umumnya. Nomor rekening yang digunakan OVO menggunakan nomor HP yang kita daftarkan. Dengan begitu, sangat mudah mengingatnya ataupun mengirim uang. Belum punya OVO? Kamu bisa daftar OVO hanya menggunakan nomor HP kamu dan mendapatkan cashback hingga 25 ribu rupiah di transaksi pertama kamu. Klik di sini untuk cara lengkapnya.

OVO dan Grab

Seperti yang kita tahu. Metode pembayaran Grab non-tunai saat ini menggunakan OVO. Yang sebelumnya memiliki metode pembayaran sendiri yaitu Grab Pay, namun sepertinya tidak lolos mendapatkan ijin untuk menjadi uang elektronik sendiri oleh BI sehingga saat ini menggandeng OVO.

Keuntungannya apa? Kita akan semakin mudah melakukan pembayaran layanan Grab. Seperti GrabBike, GrabCar, GrabFood, ataupun GrabExpress. Dengan menggunakan OVO kita tidak perlu ribet menggunakan uang tunai. Apalagi yang biasanya ribet ngitung kembalian hehe. Dengan OVO semuanya jadi praktis.

Selain itu, pembayaran Grab menggunakan OVO biasanya mendapatkan tarif promo tertentu sehingga jauh lebih murah daripada menggunakan uang cash. Tuh enak banget kan ya.

OVO Points

OVO juga memberikan royalty pada pengguna setianya yang disebut OVO Points. OVO Points ini bisa digunakan untuk bertransaksi layaknya OVO Cash (saldo utama OVO) seperti pembelian di merchant dan lain-lain. Nominal yang tampil di OVO Points adalah sama seperti rupiah.

Bedanya, OVO Points tidak dapat ditransfer. Hanya bisa digunakan untuk transaksi sendiri. Sedangkan OVO Cash (saldo utama) bisa. Dan menggunakan OVO Cash untuk berbelanja biasanya akan mendapat cashback dan masuk ke OVO Points yang nantinya bisa kita pakai lagi.

Untuk pembayarn Grab, secara default menggunakan OVO Cash. Jadi saldo OVO Cash kitalah yang akan dipakai untuk pembayaran Grab jika akun Grab kita sudah kita hubungkan dengan OVO.

Bagaimana Cara Menggunakan OVO Points Untuk Pembayaran Grab?

Wah, kebetulan kita memiliki banyak OVO Points nih. Sayang kalau gak kepake. Biar nggak mubadzir, kayaknya bisa kita manfaatkan untuk pembayaran Grab.

Eh, tunggu dulu. Sayangnya Grab yang terhubung akun OVO akan menggunakan OVO Cash sebagai metode pembayaran. Lalu gimana nih cara pakai OVO Points aja?

Kita tidak bisa menggunakan OVO Points untuk pembayaran Grab seperti normalnya. Namun, kita bisa menggunakan sedikit trik agar OVO Points kita bisa terpakai untuk pembayaran Grab.

Hubungkan Akun OVO Dengan Akun Tokopedia

Ya, untuk menggunakan OVO Points sebagai pembayaran Grab, pertama-tama kita harus menggabungkan akun OVO kita dengan Akun Tokopedia. Sepertinya TokoCash milik Tokopedia bernasib sama nih seperti GrabPay. Belum bisa mengantongi izin dari Bank Indonesia untuk menjadi uang elektronik sendiri. Dan akhirnya bergabung dengan OVO juga.

Keuntungannya? Kalian bisa melakukan pembelian apapun di Tokopedia, menggunakan OVO Cash ataupun OVO Points.

Beli Voucher Grab di Tokopedia Menggunakan OVO Points

Ya, inilah triknya. Kamu bisa membeli voucher Grab di Tokopedia, menggunakan OVO Points kamu. Lalu kamu gunakan kode vouchernya untuk menggunakan layanan Grab. Sayangnya kode voucher yang kamu beli di Tokopedia hanya berlaku untuk GrabBike, GrabCar, dan GrabExpress saja. Tidak bisa digunakan untuk GrabFood.

Setidaknya, akhirnya kamu bisa menggunakan OVO Points kamu untuk nge-Grab! Harga voucher Grab yang kita beli di Tokopedia harganya sesuai nominal. jadi kalau kita beli voucher senilai 10ribu, belinya juga dengan 10ribu OVO Points.

Cara Membeli Voucher Grab di Tokopedia Menggunakan OVO Points

Agar kamu gak salah cara belinya, kamu simak instruksi berikut ini. Takutnya nanti kamu salah bayar menggunakan OVO Cash-nya. Hehe...

  1. Buka Tokopedia.com. Login ke akun kamu. Bisa melalui aplikasi maupun Web Browser.
  2. Jika melalui aplikasi / web mobile, di tampilan halaman depan kamu klik menu Lainnya
  3. Scroll ke bawah, pilih menu Voucher

    Klik menu LainnyaKlik menu Vouchers

  4. Pada Dropdown, pilih Grab lalu pilih nominal voucher yang ingin kamu beli. Sesuai dengan kebutuhan kamu.
  5. Untuk pembelian voucher, kamu nanti akan diminta kode verifikasi ke nomor HP kamu melalui SMS. Klik tombol Kirim SMS Verifikasi terlebih dahulu untuk mendapatkan kodenya. Kemudian jika SMS nya sudah masuk, lihat kodenya, copy, masukkan ke input teks yang tersedia lalu klik tombol Verifikasi

    Pilih Grab beserta Nominal VoucherKode SMS Verifikasi Pembelian Voucher

  6. Di tampilan halaman berikutnya, akan tampil detail pembelian voucher Grab kamu. Klik tombol Lanjut

    Detail harga voucher Grab

  7. Berikutnya kamu akan memilih metode pembayaran. Karena kita akan menggunakan OVO Points, maka klik yang OVO.
  8. Setelah kamu klik, jangan lupa nyalakan toggle Gunakan OVO Points WAJIB! Jika kamu lupa menyalakan pilihan ini, maka nanti yang dipakai adalah saldo OVO Cash. Huhu... Kan niatnya kita pakai OVO Points yak.

    Pilih OVONyalakan pilihan OVO Points

  9. Kemudian klik Bayar
  10. Di halaman berikutnya, masukkan PIN akun OVO kamu. Kemudian klik lagi tombol Bayar

    Masukkan PIN OVO

  11. Tunggu sebentar. Dan pembelian kamu telah selesai. Kode voucher Grab-nya akan tampil di detai transaksi. Selain itu kodenya juga dikirim melalui SMS ke nomor terdaftar OVO kamu. Tinggal kamu pakai kodenya untuk dipakai nge-Grab.

    Kode Voucher GrabKode Voucher Grab

Cara Menggunakan Kode Vouchernya

Caranya seperti biasanya, ketika kamu melakuakn pemesanan Grab. Tinggal ketikin aja kode vouchernya di situ. Sebagai contoh, kamu pengen ngojek nih. Kayak gini contohnya.

  1. Buka aplikasi Grab kamu, kemudian pilih Grab Bike misalnya.
  2. Tentukan lokasi penjemputan dan lokasi tujuan kamu dulu.
  3. Kemudian klik menu Promo

    Grab BikeLokasi Penjemputan dan Tujuan Grab

  4. Ketikkan kode voucher yang kamu beli tadi di kotak What's your promo code?
  5. Nanti vouchernya keluar. Klik Use Now

    Masukkan kode voucher GrabKlik Use Now

  6. Selesai, kamu bisa nge-Grab sekarang. Voucher yang kamu beli menggunakan OVO Points tadi bisa berubah jadi nominal diskon.

    Tarif Grab setelah menggunakan kode voucherTarif Grab setelah menggunakan voucher yang kita beli pakai OVO Points

Meskipun bisa jadi gak bayar di Grab-nya, tapi kamu kan tadi sudah pakai OVO Points untuk membeli vouchernya. Yang artinya = Kamu membayar Grab menggunakan OVO Points.

Keuntungan menggunakan metode ini

  • Kamu tidak perlu menggunakan OVO Cash ataupun Uang Tunai untuk melakukan pembayaran layanan Grab kamu. Jika nominal pembayaran lebih besar dari nominal voucher, setidaknya berguna sebagai voucher diskon (meskipun sama saja 100%-nya kamu bayar sih ehehe) Setidaknya cuman bayar sisanya aja yang menggunakan OVO Cash atau Uang Tunai.
  • OVO Points kamu ternyata ada gunanya. Ya iyalah, duit itu mah.

Kekurangan menggunakan metode ini

  • Pada dasarnya kamu tetap membayar 100% dari harga layanan Grab yang kamu gunakan. Bedanya hanya menggunakan OVO Points sepenuhnya/sebagian.
  • Kamu tidak bisa menggunakan kode promo Grab lainnya secara bersamaan. Jadi harga penuh yang harus kamu bayar.
  • Jika layanan grab kamu lebih murah dari nilai voucher, tidak ada kembalian. Jadi misal kamu ngojek cuman abis 7ribu. Tapi voucher yang kamu beli nilainya 10ribu. Ya 10ribu bakal kepake semuanya. Gak ada kembalian 3ribunya.
  • Sedikit ribet sih memang, namun dalam keadaan tertentu akan berguna kok.

Itulah tadi cara membayar Grab menggunakan OVO Points. Sedikit tricky, tapi lumayan lah daripada OVO Points gak kepake.

Update (7 Februari 2018)

Sekarang kamu udah bisa pake OVO Points untuk pembayaran Grab tanpa harus ribet pake trik seperti di atas! Dan bisa digunakan untuk layanan Grab apa saja. Entah itu Grab Bike, Grab Car, Grab Express, Grab Food, maupun beli pulsa atau token listrik.

Caranya? Cukup ganti saja metode pembayarannya saat mau pesan Grab atau beli pulsa. Seperti cara biasanya. Kan ada pilihan pembayaran menggunakan OVO, Cash, Mandiri eCash, ataupun Kartu Debit. Sekarang OVO Points sudah masuk di situ jadi bisa dipilih untuk digunakan sebagai alat pembayaran 🙂

Info lengkapnya bisa kamu lihat di website resmi Grab.

Summary
Cara Menggunakan OVO Points Untuk Pembayaran Grab
Article Name
Cara Menggunakan OVO Points Untuk Pembayaran Grab
Description
Kata siapa OVO Points tidak bisa digunakan untuk bayar Grab? Bisa kok! Triknya sangat sederhana dan mudah.
Author
Publisher Name
Eirudo
Publisher Logo
Caci Maki Kalian