28 Oct 2017
68

Cara Mengubah Primary Domain pada Google Apps Free Edition

Begini Caranya Primary Domainku di Google Apss Free Edition bisa diubah

Masih nggak percaya rasanya. Karena domain utama pada akun Google Apps bisa dituker pake domain lain. Karena aku pakai Google Apps Free Edition (Legacy), alias yang daftarnya dulu masih gratis.

Seperti yang kita tau, G-Suite untuk saat ini menjadi berbayar. Dan kamu, adalah salah satu yang beruntung jika daftarnya sebelum 6 Desember 2012. Karena sebelum tanggal segitu, semua bisa menikmati Google Apps (yang sekarang namanya menjadi G-Suite) secara gratis! Tanpa harus bayar.

Dan sejak tanggal 6 Desember 2012, pendaftaran untuk akun Google Apps sudah ditutup. Dan sekarang ini sudah menjadi G-Suite, alias yang berbayar. Dan harus bayar per user lagi hehe. Mahal banget dah.

Trus nasib yang dulu sudah pernah daftar gratis gimana? Dan ini untungnya. Bagi yang mendaftar sebelum tanggal 6 Desember 2012, maka akunnya akan tetap gratis selamanya! Iya, selamanya! Dengan fitur-fitur yang sama seperti G-Suite normalnya saat ini. Bedanya, paling storagenya doang cuman 15GB untuk Google Drive, kalau G-Suite kan 30 GB. Dan untuk Support 24 jam lebih diprioritaskan.

Change primary domain of Google Apps Legacy Free Edition

Bukan berarti yang memiliki akun gratis nggak dapet support ya. Aku pernah kok bermasalah login. Karena ganti password, di kamar temanku yang gelap. Nggak keliatan. Dan gak taunya ada yang salah ketik sehingga gak bisa masuk. Dan oleh staffnya dibantu reset, ditelponin tiap pagi untuk verifikasi dan bantuan resetnya.

Kekurangan Google Apps Legacy Free Edition (Grandfathered Account)

Kekurangannya? Ya tadi. Storage hanya 15GB. Selain itu, dibatasi untuk akun usernya. Kebanyakan maksimal cuman bisa sampai 10 user saja.

Tetapai ada juga yang memiliki 50 user, 100 user, dll. Harusnya dulu aku bikin banyak user ya ahahah. Karena aku pake 1 user doang, akhirnya punyaku jadi Free account yang batas usernya cuman 10.

Dan kekurangan yang paling ngenes nih, cuman bisa menggunakan 1 domain utama (untuk email @domainkamu.com). Dan sisanya cuman bisa alias. Jadi untuk login, hanya tetep bisa menggunakan domain utama. Jadi loginnya kan nggak pake @gmail. Tapi menggunakan email domain kamu sendiri. Sesuai dengan Google Apps yang kamu pake.

Sayangnya, yang free account ini nggak bisa diganti domain utama. Dan nggak bisa ditambah lagi domain utamanya. Harus diupgrade ke G-Suite yang berbayar. Waduh. Trus gimana nih nasib yang dulu daftarnya pake domain asal-asalan? Atau pake domain gratisan? Karena dulu aku daftarnya juga ada yang menggunakan domain .co.cc dan co.tv (yang sekarang tentunya sudah nggaka ada lagi).

Dan masalahnya adalah, ketika domain tersebut sudah nggak kamu gunakan lagi. Tapi sayangnya justru domain itulah yang digunakan untuk login di akun. Nah loh. Sama seperti masalahku beberapa tahun terakhir.

Jadi aku masih menggunakan domain lama, .com. Cuman domainnya nggak aku pake lagi. Jadinya tiap tahun aku harus memperpanjang tuh domain hanya untuk login di akun Google Appsku. Ngenes ya buang duit cuman buat login doang. Google Apps yang harusnya kunikmati gratis jadi berasa berbayar karena harus bayarin domainnya tiap tahunnya.

Akhirnya aku coba cari cara, tutorial, trik, dan apapun itu yang bisa ganti domain utamanya. Banyak tutorial, ternyata sudah expired. Atau Google sudah menutup bugs-nya sehingga tidak bisa dilakukan lagi.

Browsing sana sini. Akhirnya nemu postingan yang bisa melakukannya. Sayangnya nggak diposting secara bebas. Karena jika diposting, nanti staff Google bisa lihat dong. Tau-tau celahnya ditutup lagi hehe. Jadinya mereka-mereka yang tau caranya ini, cuman menawarkan jasanya aja. Nggak diposting. berbayar tentunya.

Dibeberapa website aku lihat, tarif jasanya bisa mencapai $40 sampai $75. Waduh, mahal juga ya. Bingung jadinya. Kayaknya memang aku harus nabung uang segitu agar aku bisa pakai jasanya. Dengan begitu tiap tahun tidak memperpanjang domain lama mulu. Padahal nggak dipake domainnya.

Enggak menyerah disitu, aku Googling lagi. Dan nemu service yang lebih murah di Fiverr. Hanya $5 saja! Serius? Jauh lebih murah. Dari situ aku semangat. Nyari PayPal senilai $5 untuk make jasanya dia.

Kebetulan duit dari hasil Freelance baru saja aku cairin, dan hadiah T-Cash dari Telkomsel sudah masuk. Langsung aku cairin semuanya ke rekening pribadiku. Kemudian nyari orang yang jual saldo PayPal.

Tapi sayangnya, abang yang jual saldo PayPal langgananku sudah menaikkan batas minimumnya. Jadi minimal order harus $10. Yah, butuhnya cuman $5 doang padahal. Aku tanya temenku kesana kemari juga nggak ada yang jual.

Akhirnya pagi-pagi aku browsing lagi. Kira-kira ada nggak ya trik atau tutorial yang bisa aku pelajarin daripada harus bayar. Karena $5 kalo dirupiahin itu seharga domain loh :”)

Dan beruntungnya aku, gak taunya nyasar ke LowEndTalk. Disitu ada yang bahas, ngasih info. kalau ada orang yang menawarkan jasanya secara gratis. Hah? Serius? Disaat orang lain menawarkan hingga $75 dan dia beneran gratis??

Cuman di diskusi tersebut, ya agak bimbang sih. Semua pada ragu. Metode apa yang dia pakai. Kenapa dia ngasihin gratis? Apalagi untuk pengerjaannya kita harus kasih akses dengan tingkat Super Administrator di akun kita. Terlalu beresiko sih emang.

Aku coba buka websitenya akhirnya. beneran gratis alias FREE. Dan aku baca-baca komentarnya. Buanyak banget testimonialnya. Dan rasanya sih legit.

Tanpa pikir panjang, aku langsung mempercayai orang ini. Entah mengapa. Aku pertaruhkan akunku yang begitu berharga. Kepada orang asing yang tidak aku kenal. Dengan level Super Administrator. yang artinya, dia bisa melakukan apa saja ke akunku, termasuk menghapus aku dari akunku sendiri. Dan mengambil alih akunku yang berharga itu.

Tapi entah mengapa aku nekat saja, dan percaya padanya. Langsung aku kirim email ke dia. Meski sambil mikir. Waduh, akunku dipegang orang. Kemudian aku cukup pasrah aja untuk kejadian berikutnya. Hehe.

Nggak lama setelah aku kirim email, kurang dari satu jam. Kemudian aku mendapatkan notifikasi email yang masukke HP-ku, yaitu email tentang akun Google Apps-ku yang diupgrade ke G-Suite premium. Trial version 14 hari sih. What? Jadi berbayar dong.

Cuman aku nggak keburu menyimpulkan seperti itu. Setelah melihat notifikasi email demikian, aku langsung mikir. Wow, berarti akunku sedang dikerjakan sama Root Command ini. Dan upgrade akun ke Trial memang diperlukan untuk mengerjakannya. Dan dari situ aku juga menyimpulkan. Nih orang beneran jujur. Karena dia mengerjakan requestku dengan cepat. Bahkan kurang dari 1 jam setelah aku meminta tolong ke dia. Kalau dia emang niat ngrebut akun kita, maka aku nggak akan mendapatkan notifikasi email perubahan akun ke G-Suite trial. Yang pasti langsung nggak bisa akses akunku dong.

Kalau ada notif semacam itu, berarti beneran dikerjakan dengan jujur. Tanpa basa-basi.

Nggak lama kemudian, ada notif email masuk lagi di HP-ku. Yaitu tentang akun baruku. Dengan email @eirudo.com Whoa??? udah jadi nih? Bahkan belum sampai 3 menit dari email sebelumnya. Cepet banget? Kemudian disusul email darinya yang membalas komentarku di postingan blognya. Soalnya sengaja aku langganan di postingan tersebut biar tau kalau komentarku dibalas.

Root Command bilang kalau sudah kirim email ke aku tapi bounced. Kok bisa ya? Padahal pake email iCloud loh akunya. Yaudah gakpapa yang penting aku udah tau. Secara cepat aku langsung balas lagi komentarnya. Dan sumpah. Ini keren.

Dia benar-benar mengerjakan servcie yang dia posting. Tanpa meminta bayaran sedikit pun. Dia hanya minta kepercayaan dari kita aja. Soalnya kita pasti ragu memberikan hak akses super administration penuh kepada orang asing yang bahkan nggak kita kenal. Cuman aku sudah membuktikannya. Dia memang orang baik-baik. Dan mengerjakannya hanya dalam waktu yang sangat singkat, kurang dari satu jam.

Sekarang akun Google Apps Free Editionku sudah berubah email menggunakan @eirudo.com. Dengan begitu aku nggak perlu lagi memperpanjang domain lama tiap tahunnya hanya untuk Google Apps ini.

Bagi Root Command, dia menggratiskan servicenya karena layanan Google Apps ini kan udah free edition. Masa dia mau pasng tarif kepada orang lain hanya agar bisa menikmati layanan yang memang aslinya gratis. Wow! Salut banget ama nih orang. Dan metode yang dia pakai juga merupakan hasil eksperimennya sendiri. Dia mencari sendiri segala kemungkinan bagaimana bisa domain utamanya di switch.

Thankyou so much, Root Command! You’re amazing! Great service! And trustable!

Pengen donasi tapi aku saat ini sedang menganggur juga. Semoga aku bisa dapet kerjaan ya, biar bisa donasi. Ya, karena jasanya udah ngebantu banget loh ini.

Mungkin kalian juga yang punya akun lama Google Apps Free Edition dan ingin switch domain, boleh cek post ini. Ikuti isntruksi yang diberikan. Jangan lupa donasi sebagai rasa terima kasih ke dia karena sudah menyelamatkanmu berpuluh-puluh dollar untuk G-Suite ini loh.

Summary
Reviewer
Review Date
Reviewed Item
Change Primary Domain of Google Apps Free Edition by Root Commands
Author Rating
5
Caci Maki Kalian