Tutorial Share Wi-Fi Menjadi Wi-Fi (Portable Hotspot) di Windows

Tutorial Share Wi-Fi Menjadi Hotspot Portable di Windows OS

Berikut ini cara mudah, sharing Wi-Fi yang terkoneksi menggunakan Laptop, menjadi Wi-Fi lagi agar device lain bisa connect juga tanpa connect secara langsung ke Wi-Fi utamanya. Maksudnya gimana nih? Bingung ya? Hehe. Lebih gampangnya, bikin hotspot pribadi yang koneksinya dari Wi-Fi lain.

Tutorial Share Wi-Fi as Wifi / Portable Hotspot Windows

Trus gunanya apa Share Wi-Fi sebagai Wi-Fi seperti ini? Banyak. Kamu bisa menggunakan ini disaat kondisi seperti ini:

  • Kamu pake Modem USB di Laptop, tapi kamu juga pengen HP-mu ikut pake koneksinya biar nggak pake kuota.
  • Wi-Fi kantor cuman bisa connect pake Laptop kerja kamu. Soalnya cuman MAC Address Laptop karyawan yang bisa connect (whitelist). Sedangkan HP dan device orang lain nggak bisa connect.
  • Kamu lagi nongkrong di Wi-Fi corner alias Wifi.id. Trus kamu pake vouchernya connect pake Laptop. Tapi juga pengen connect di HP biar hemat kuota. Masa beli voucher lagi biar HP bisa ikut connect Wi-Fi? Pemborosan dong.
  • Atau Wi-Fi di rumah kamu misal koneksinya gak nyampe di dapur atau kamar kamu. Nah Laptop ini bisa sebagai perantara untuk memperkuat sinyal, atau menyebarkannya lagi sebagai Wi-Fi dengan nama lain, agar kamu tetep bisa connect.

Nah, jadi singkatnya, Laptop kamu pake Wi-Fi. Kemudian Wi-Fi tersebut kamu share lagi menjadi Wi-Fi lain. Agar device lainnya bisa ikutan connect.

Pertanyaan mainstream:
Kok gak langsung aja connect ke Wi-Fi-nya langsung gitu. Kenapa harus lewat koneksi yang dibuat dari Laptop? Ribet amat dah.

Ya seperti yang aku bilang diatas tadi. Ada beberapa kondisi tertentu, beberapa gadget tidak bisa connect langsung ke Wi-Fi-nya. Lantaran device-nya diblock, atau wajib beli voucher dulu. Jadi ini adalah solusi untuk mengatasi masalah tadi. Banyak jalan menuju Roma cuy!

Oh? jadi bikin hotspot lagi ya. Kenapa gak pake software Connectify aja sih?

Nah, itu dia. Kalo bisa bikin sendiri dan gratis, ngapain pake software berbayar? Apalagi dengan Laptop spek rendah seperti saya. Kalo kebanyakan aplikasi tambahan, langsung lemot Laptopnya. Hehe. Jadi ini cara paling enak dan gampang menurutku.

Cara ini sering banget aku pake pas di Wifi.id. Jadi beli vouchernya cukup satu aja. Pake vouchernya di Laptopku. Trus share koneksinya menggunakan nama Wi-Fi baru. Dengan begitu HP-ku juga bisa ikut Wi-fi-an tanpa harus beli voucher lagi. Kan hemat. Terkadang temen-temen yang lagi ikut nongkrong disitu juga bisa ikut connect. Ke Wifi.id berlima, tapi beli vouchernya cukup satu aja. Semua bisa ikut connect. Hehe. Pelit banget.

Atau, kan di rumahku ini aku internetnya pake Wi-Fi tetangga. Dan anehnya, Laptopku yang jaraknya lebih jauh itu bisa connect tanpa kelepas / keputus. Sedangkan aku pake HP, duduk di jarak yang lebih deket dari rumah tetanggaku, itu suka kelepas sendiri koneksinya. Keputus gitu.

Jadi aku menggunakan Laptop untuk connect Wi-Fi tetanggaku tadi. Bisa dibilang sebagai penangkap sinyalnya. Kemudian aku share lagi Wi-Fi tetanggaku tadi menggunakan Laptop. Menggunakan jaringan yang aku buat di Laptop (pake nama dan password sendiri). Jadi HP ku connectnya pake Wi-Fi yang telah dibuat menggunakan Laptopku tadi. Tentu singnal bar-nya lebih kenceng. Full. Kalo connect langsung ke Wi-Fi tetanggaku sinyalnya cuman satu garis doang.

Selain itu berkat cara ini, yang biasanya aku ke kamar mandi pake kuota (Wi-Fi tetanggaku gak nyampe di kamar mandiku). Akhirnya bisa connect Wi-Fi karena jaringannya disebar ulang pake Laptop yang tentu jaraknya lebih deket.

Lagian ngapain sih ke kamar mandi bawa HP?

Ok, cukup curhat dan gambaran singkatnya. Langsung aja ke cara bikinnya ya.

  1. Kamu buka Command Prompt.
    • Untuk Windows XP dan Windows 7, kamu bisa buka Start Menu, kemudian pada icon Command Promopt klik kanan, Run as Administrator. Jika tidak ada icon Command Promopt, kamu bisa search dulu di search bar yang ada di Start menu.
    • Untuk Windows 8, kamu bisa search Command Prompt-nya. Kemudian klik kanan, Run as Administrator.
    • Untuk Windows 10, klik kanan pada Start Menu, pilih Command Prompt (Admin).
  2. Jika sudah terbuka, kamu ketikkan command berikut ini pada Command Prompt:
    netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=NAMA-WIFI-KAMU key=PASSWORD-WIFI-KAMU
    • NAMA-WIFI-KAMU kamu ganti dengan nama Wi-Fi yang ingin kamu buat. Tanpa spasi.
    • PASSWORD-WIFI-KAMU kamu ganti dengan password Wi-Fi yang ingin kamu buat. Tanpa spasi.
  3. Tekan Enter. Nanti tunggu selesai. Seperti dibawah berikut.

    Allow hosted network Command Prompt

  4. Jika sudah, selanjutnya jalankan Wi-Fi-nya. Kamu ketikkan berikut ini selanjutnya:
    netsh wlan start hostednetwork
  5. Tekan Enter. Jika muncul statusnya The hosted network started berarti selesai membuat hotspotnya. Sekarang tinggal share Wi-Fi yang telah kamu buat.

    Hosted Network Started Command Prompt

  6. Masuk ke Open Network and Sharing Center. Caranya? Kamu klik kanan pada icon Wi-Fi di pojokan kanan bawah.

    Open Network and Shring Center

  7. Kemudian, kamu pilih Change adapter settings

    Change Adapter Settings

  8. Kamu pilih Wireless Network Connection, atau pilih yang sudah terkoneksi dengan Wifi.id misalnya. Klik kanan, lalu pilih Properties.

    Wi-Fi Properties

  9. Kamu klik / masuk tab Sharing.

    Wi-Fi Sharing

  10. Kamu check bagian Allow other network users to connect….
  11. Kemudian di bawahnya, pada drowdown kamu pilih Shared. Atau biasanya nama Wi-Fi kamu yang barusan dibuat. Klik OK.

    Allow other network users

  12. Kini kamu tinggal connect saja Wi-Fi yang baru dibuat tersebut dari HP kamu, atau dari Laptop lain. menggunakan password yang barusan kamu buat.

Sebelum connect hotspotSesudah connect hotspotSebelum dan sesudah connect hostspot yang dibuat

Ini contoh aku connect menggunkan HP. Jaringannya full-bar. Yaiyalah orang deket ama Laptopnya.

Bagaimana? Jika ada kesulitan, atau error, kamu bisa komentar dibawah. Barangkali aku bisa bantu.

Kini nggak perlu beli voucher Wifi.id banyak lagi kalo mau nongkrong rame-rame hehe. Dan semua device bisa ikut connect Laptop kantor ataupun Wi-Fi hotel yang terbatas hanya untuk device tertentu saja.

Summary
Article Name
Tutorial Share Wi-Fi Menjadi Wi-Fi (Portable Hotspot) di Windows
Description
Share Wi-Fi menjadi Wi-Fi (Portable Hotspot) entah itu untuk share koneksi Wifi.id dengan temanmu, atau karena devicemu sudah diblock misalnya
Author
Publisher Name
Eirudo
Publisher Logo
Caci Maki Kalian