Cara Setting/Pasang Custom Domain Pada Blogger/Blogspot

Cara Lengkap Setting Domain Pada Blogger/Blogspot

Tutorial Setting Custom Domain Blogger Blogspot

Hai, berhubung sudah lamaaa sekali tidak menulis tutorial, kayaknya bakal mulai tulis-tulis lagi nih. Berikut ini mau kasih info tentang cara memasang atau setting custom domain pada Blogger / Blogspot. Jika kalian masih asing dengan istilah domain, biasanya anak-anak menyebutnya cara membuat nama .com sendiri.

Kenapa sih sebaiknya harus menggunakan domain sendiri? Tentu kalian akan lebih terkesan professional, dan “waw”. Daripada harus menggunakan subdomain dari .blogspot.com. Selain itu URL postingan kalian juga akan menjadi lebih singkat. Dan mudah diingat domainnya.

Wah, ini tutorial sudah sangat klasik banget ya? Nggak juga sih. Karena untuk saat ini, setting domain pada Blogger sedikit lebih rumit daripada yang jaman dulu. Kalau jaman dulu tinggal setting aja udah beres. Kalau yang sekarang, setting Blogger menggunakan verifikasi domain juga. Nah, buat temen-temen yang masih bingung. Bisa nyimak tutorial ini untuk mengatasi kendala yang mungkin muncul ketika kalian pasang domain di Blogger.

Berikut ini langkah-langkahnya untuk memulai pemasangan domain yang kalian inginkan.

Beli Domainnya Terlebih Dahulu

Hal pertama yang harus dan wajib disiapkan adalah domainnya. Tentu kalian harus memilikinya terlebih dahulu. Jika belum punya? Ya beli dulu 🙂 Banyak kok domain yang murah. Aku sarankan sih membeli .com, atau .id untuk menunjukkan kecintaan kalian terhadap Indonesia.

Jadi kalian bisa menggunakan namakalian.com atau namakeren.com, bisa juga namabranding.com terserah aja sih.

Membelinya dimana? Kalian bisa membeli di registar yang ada di Indonesia saja, agar lebih mudah proses administrasinya. Dan harganya bisa lebih murah dari registar luar yang masih menggunakan Dollar.

Contohnya kalian bisa membeli domain di Exabytes, karena ini termasuk registar Indonesia yang menyediakan banyak macam domain murah. Yang bisa kalian dapatkan. Selain itu, jika kalian menggunakan WordPress.org sebagai platform blogging kalian, kalian pun juga bisa mendapatkan berbagai paket hosting murah di Exabytes ini. Dan menurutku Exabytes ini salah satu registar yang keren. Karena sering mengadakan program khusus untuk UKM maupun Blogger.

Cara membeli domainnya? Berikut ini petunjuk lengkapnya.

  1. Buka Exabytes pada browser kalian. Lebih enak pake PC sih.
  2. Kemudian cari nama domain yang kalian inginkan di kotak pencarian domain. Kemudian klik Cek & Domain.
  3. Setelah itu, proses pengecekan. Apakah nama domain yang kalian inginkan tersedia atau enggak. Jika tersedia, akan tampak seperti dibawah ini. Cukup centang saja domain yang kalian inginkan. Terserah mau .com atau .org dll.

    Domain di Exabytes tersedia

  4. Gambar diatas, jika kalain membeli .com, biarkan saja pilihan waktunya menjadi 2 tahun. karena membeli domain 1 tahun dan 2 tahun harganya sama. Jadi sebaiknya biarkan saja 2 tahun. Akan lebih untung dan hemat. Setelah itu scroll ke bawah. Jangan lupa centang domain yang ingin kalian pilih. Kemudian klik Lanjutkan.
  5. Di halaman berikutnya, kalian akan melihat tambahan WHOIS Privacy gratis. Biarkan saja. Kan gratis hehe. Gunanya untuk melindungi kontak pribadi kalian sebagai pemilik domain. Jadi langsung saja klik Lanjutkan.

    WHOIS Privacy Gratis di Exabytes

  6. Nah, di halaman ini kalian bisa melihat total pesanan domain kalian. Dan total yang harus dibayarkan. Klik Bayar

    Total Pemesanan Domain Exabytes

  7. Di halaman selanjutnya, kalian isi identitas kalian. Mulai nama, alamat, nomor HP dan lain-lain untuk melengkapi identitas pemesanan domain. Gunakan identitas asli ya.

    Registrasi Akun Exabytes

  8. Untuk bagian Tambahan Informasi Diperlukan, jangan lupa centang untuk Menerima SMS Notifikasi Billing. Wajib.

    Notifikasi SMS Billing Preview

  9. Setelah diisi semuanya, dibagian bawah kalian bisa pilih metode pembayaran mau pakai apa. Jika kalian punya rekening, ya pilih yang Bank-nya sesuai / sama dengan punya kalian. Atau, jika tidak punya rekeningpun, kalian juga bisa bayar melalui Alfamart loh.

    Berbagai Metode Pembayaran Exabytes

  10. Kemudian, jangan lupa centang Saya telah membaca dan setuju Terms of Servcie. Kemudian klik Pesanan Lengkap.
  11. Di halaman selanjutnya, kalian akan menunggu proses, dan akan muncul invoice / tagihan kalian. Disini kalian tinggal bayar saja, agar domainnya segera aktif.
  12. Kalian bisa lihat nomor rekeningnya pada invoice. Misal kalian pilih menggunakan rekening BCA, disitu ada informasi lengkap nomor rekeningnya.

    Contoh Rekening BCA Exabytes

  13. Jika sudah selesai membayar, jangan lupa untuk konfirmasi pembayaran melalui emailnya. Sebutkan nomor referensi pembayaran yang ada di halaman invoice kalian (letaknya dibawah nomor rekening. Diatas nomornya aku sensor. Karena pasti nomor referensinya akan berbeda).
  14. Bagaimana jika memilih pembayaran menggunakan Alfamart? Kalian cukup klik Bayar sekarang, nanti akan muncul nomor pembayarannya. Jadi kalian tinggal pergi ke Alfamar terdekat, dan kasih tau mbak kasirnya untuk nomor pembayarannya tadi. Trus tinggal bayar deh.

    Pembayaran Exabytes via Alfamart

    Pembayaran Exabytes via Alfamart

  15. Tinggal tunggu domain aktif, palign satu hari juga sudah aktif. Kalau sudah, kalian tinggal lanjut ke proses pemasangan domainnya pada Blogger atau Blogspot kalian.

Langkah Lengkap Setting Domain Pada Blogger / Blogspot

Jika domain yang baru saja kamu beli sudah aktif, atau kamu sebelumnya sudah memiliki domain aktif. Kamu bisa langsung melakukan setting pada blogspot. Berikut ini caranya.

  1. Buka Blogger.com pada browser kamu. Dan seperti yang aku bilang sebelumnya, lebih enak menggunakan PC.
  2. Jika kamu memiliki banyak Blog, pilih blog kamu yang ingin dipasangin domain.
  3. Masuk menu Settings.

    Blogger Settigns

  4. Kemudian di menu settings, masuk submenu Basic, disitu kamu akan menemukan di bagian Publishing, kamu klik + Setup a 3rd party URL for your blog pada bagian Blog Address.

    Blogger Edit Address

  5. Masukkan domain kamu yang ingin dipasangkan. Ingat, untuk Blogger/Blogspot, wajib menggunakan www!

    Blogger Add Custom Domain

  6. Kemudian klik Save atau Simpan.
  7. Aakn muncul pesan error seperti dibawah ini. Jangan keburu ditutup. Nah, sekarang saatnya setting domain kamu pada registar.

    Verify Blogger Custom Domain

  8. Buka website registar tempat kamu membeli domain / atau registar yang mengelola domain kamu saat ini.
  9. Setelah login, cari domain kamu. Karena setiap registar berbeda-beda, cari saja menu Edit DNS. Atau Configure DNS. Atau kadang DNZ Zone Pokoknya yang ada kata DNSnya
  10. Disini kamu perlu membuat record baru, klik Add New Record, atau Add (berbeda-beda tiap register. Kalau ada tombol add, klik aja).
  11. Kemudian masukkan sesuai petunjuk dibawah ini:
    • Type: CNAME
    • Name: www
    • Value: ghs.google.com
  12. Kalau sudah, klik save/add/simpan.
  13. Jika sudah, ulangi lagi. Dengan isian berikut ini:
    • Type: CNAME
    • Name: sesuai pesan error yang ada di Blogger kalian. Dibawah www. Contoh: 42wiagbyzqnz4f
    • Value: gv-abgkocmei7usmw.dv.googlehosted.com Isi sesuai kode yang muncul saat error setting domain di blog kalian. Contoh kodenya seperti yang muncul seperti di bawah ini:

      Verify Blogger Custom Domain

  14. Kalai sudah, klik add/save/simpan.
  15. Nah, DNS Record sudah dibuat. Sekarang kembali ke settingan Blogger tadi. Dan coba kamu tambahkan lagi domainnya. Maka domain akan otomatis terpasang. Tanpa muncul error lagi.
  16. Waktu menambahkan domain, untuk pilihan Use a missing filehost? Biarkan saja No. Akan aku bahas lain kalo soal yang ini.

Sudah selesai? Iya. Kini blog kamu sudah bisa diakses menggunakan domain yang baru saja kamu pasang. Tapi, belum sempurna. Karena blog kamu hanya bisa diakses jika menggunakan www. Coba buka tanpa www, pasti akan terjadi error:

Blogger Blogspot Without WWW Not Found

Nah, tutorial dibawah ini lanjutannya. Agar blog kalian dapat diakses meski tanpa mengetik www.

Agar Blog Dapat Diakses Tanpa Mengetik WWW

Nggak perlu basa-basi lagi, langsung saja lanjut ke tutorialnya.

  1. Kembali masuk ke DNS Settings pada registar domain kalian tadi. Kali ini yang ditambahkan bukanlah CNAME, tetapi A record. Tambahkan:
    • Type: A
    • Name: @ atau kosongi jika bisa.
    • Value: 216.239.32.21
  2. Ulangi lagi langkah diatas. Namun dengan Value yang berbeda. Berikutnya isikan:
    • Value: 216.239.34.21
    • Value: 216.239.36.21
    • Value: 216.239.38.21
  3. Dengan begitu kalian menambahkan 4 A record baru. Setelah kalian simpan, kembali ke halaman Settings di Blogger kalian.
  4. Klik Edit pada domain.

    Blogger Edit custom domain

  5. Kemudian beri centang pada Redirect domainkamu.com to www.domainkamu.com. Jadi pastikan sudah tercentang.

    Redirect Blogspot Naked Domain

  6. Kalau sudah, ya klik Save atau Simpan.
  7. Selesai

Dan untuk tes, silahkan coba ketikkan domain kamu di browser tapi tanpa menggunakan WWW, dan secara otomatis akan dialihkan ke versi WWW blog kamu. Sehingga tidak muncul error lagi.

Bagaimana? Cukup mudah kan untuk setting domain blogspot? Jika masih kesulitan, kamu bisa tanyakan di komentar di bawah ya. Pasti aku balas. Atau kamu masih kesulitan untuk langkah-langkah pemasangan domain kamu. Jangan sungkan bertanya di komentar.

Sekian tutorial singkat ini. Semoga bermanfaat ya.

Summary
Article Name
Tutorial Custom Domain Blogger
Description
Berikut ini tutorial untuk memasang custom domain pada Blogger/Blogspot. Serta mengatasi error yang biasanya terjadi.
Author
Publisher Name
Eirudo
Publisher Logo
Caci Maki Kalian