10 Mar 2018
693

Domain Murah Yang Tidak Bikin Kantong Jebol? Hanya di Hostinger

Domain Murah Yang Tidak Bikin Kantong Jebol? Hanya di Hostinger

Hostinger Web Hosting dan Domain Murah

Hayo para Blogger, siapa sih yang nggak butuh domain? Untuk blogger professional seperti kamu, kamu, dan kamu, tentu wajib menggunakan domain sendiri daripada memakai subdomain. Namun kamu pasti bingun kan ya, cari domain murah di mana?

Mengapa harus memiliki domain sendiri?

Kenapa hayo? tentu blog kamu akan terlihat lebih professional. Jika kamu masih menggunakan platform blog gratis seperti Blogger/Blogspot, Tumblr, dan WordPress.com sekalipun, akan lebih meyakinkan pembaca jika kamu sudah pakai custom domain sendiri.

Keuntungan lain? Pembaca blog kamu juga jadi lebih rajin mengunjungi blog kamu. Loh kok bisa? Bisa dong. Karena mereka ngetik URL-nya pun nggak pegel-pegel amat jika dibandingkan kamu masih menggunakan subdomain gratisan.

Contohnya, lebih enak mana, kalau kamu ngetik URL:

  • eirudo.blogspot.co.id
  • eirudo.com

Lebih enak mana? Tentu eirudo.com kan ya. Lebih singkat, lebih pendek, dan mudah diingat. Itu juga bis menambah semangat pembaca kamu. Mungkin ketika mereka tidak menggunakan fitur bookmark, tetapi ngetik manualnya tetap lebih enak dan nggak kepanjangan.

Lalu, cari domain yang murah di mana? Kalau kita lihat-lihat banyak sekali registar yang menawarkan berbagai macam domain, dengan harga yang berbeda-beda. Nah, berikut ini aku kasih sedikit bocoran. Dimana sih, registar yang harga domainnya murah serta setting domainnya mudah?

Registar Yang Menyediakan Domain Yang Paling Murah

Kesempatan posting kali ini, aku mau bahas salah satu penyedia layanan hosting yang domain-domainnya cukup murah nih. Yaitu Hostinger. Kenapa harus Hostinger?

Hostinger merupakan perusahaan penyedia layanan Web Hosting Indonesia dan domain murah Internasional. Namun memiliki cabang di Indonesia juga. Karena memiliki cabang di Indonesia, artinya pembayaran pun akan lebih mudah karena kamu bisa menggunakan bank lokal yang ada di Indonesia.

Berbeda jika kamu ingin membeli domain di registar luar negri. Selain pembayarannya yang cukup ribet, karena menggunakan dollar, harganya juga bisa lebih tinggi. Selain itu metode pembayarannya akan lebih susah dikarenakan wajib memiliki kartu kredit. Sayangnya tidak semua orang memiliki kartu kredit kan?

Nah, di Hostinger kamu bisa mendapatkan domain dengan harga yang jauh lebih murah. Kapan lagi kamu bisa menggunakan layanan kelas Internasional namun bisa melakukan pembayaran secara lokal? Bahkan dukungan Contact Support pun juga ditangani langsung oleh cabang yang ada di Indonesia. Buat kamu yang masih susah Bahasa Inggris, ini sangat membantu apabila kamu membutuhkan bantuan lanjut mengenai layanan domain atau hosting.

Sudah siap memiliki domain murah kamu? Berikut ini aku sertakan tutorialnya untuk mendapatkan domain murah dari Hostinger. Jadi, buat kamu yang pertama kali ingin mendaftarkan nama domain, jangan khawatir. Petunjuknya sudah aku sertakan lengkap dengan screenshot.

Harga Domain

Di sini aku dikejutkan dengan daftar harga domain yang memang lebih murah dari registar sebelah. Betapa tidak? Harga domain .COM hanya Rp119.972,-. Padahal di registar sebelah setidaknya harga domain .COM kisaran Rp120.000,- hingga Rp175.000,-. Sebuah selisih yang sangat jauh untuk harga domain.

Domain MurahHarga Domain Murah di Hostinger

Belum lagi di registar luar. harga domain .COM rata-rata $10 sampai $14. Yang mana jika dirupiahkan bisa Rp137.000,- lebih untuk kurs saat ini. Belum lagi ribet bayarnya karena menggunakan mata uang dollar.

Sedangkan jika membeli domain di Hostinger, menggunakan mata uang rupiah yang biasa kita gunakan sehari-hari. Selain itu metode pembayarannya pun bisa menggunakan Bank lokal Indonesia. Salah satu kelebihan Hostinger, kelas Internasional namun sangat mudah untuk metode pembayarannya.

Selain itu bukti lain bahwa harga domain di Hostinger lebih murah bisa cek untuk harga domain .NET. Di Hostinger hanya Rp133.317,-. Di tempat lain masih 150ribu keatas. Dikarenakan mulai 2018 harga domain .NET naik secara global, lebih mahal. Namun di Hostinger harganya tetap murah.

Bahkan kamu bisa membeli domain .XYZ hanya dengan Rp13.212,- untuk satu tahun. Lebih murah dari pada biaya kuota dan pulsa kamu sebulan. Hehe.

Perpanjangan domain bagaimana? Kamu bisa melakukan perpanjangan domain kamu langsung pada Hostinger. Harganya juga tidak kalah murahnya. Bahkan, kamu juga bisa melakukan transfer domain ke Hostinger jika saat ini kamu memiliki domain di registar lain.

Dengan melakukan transfer domain, masa aktif domain kamu akan bertambah 1 tahun atau lebih, sesuai masa aktif yang kamu pilih saat transfer. Dan tentu menghemat biaya karena harga transfernya pun juga murah. Tidak hanya harga saat registrasi domain saja.

Cara mendapatkan domain murah

Jika kamu belum pernah membeli domain sebelumnya, atau kamu ingin mendapatkan domain murah di Hostinger, kamu bisa ikuti tutorial di bawah ini.

  • Pertama, tentu kamu buka dulu Hostinger menggunakan browser favorit kamu. Klik di sini: https://www.hostinger.co.id/
  • Lalu kamu klik menu DOMAIN MURAH seperti gambar di bawah ini

    Domain Murah Hostinger

  • Kemudian kamu ketikkan nama domain yang ingin kamu beli. Misalnya kamu ingin membeli domain blogkerensaya.com kemudian klik CEK DOMAIN untuk memeriksa apakah domain yang ingin kamu beli masih tersedia atau tidak.

    Cek Domain Hostinger

  • Jika muncul pesan bahwa domain tersebut tersedia seperti gambar di bawah ini, artinya domain tersebut belum pernah dibeli orang lain dan bisa kamu beli saat itu juga. Maka klik Tambahkan ke Cart untuk membeli domain tersebut.

    Domain tersedia

  • Setelah kamu klik, akan muncul pesan Berhasil ditambahkan! yang artinya domain tersebut sudah masuk ke keranjang belanja kamu. Langkah selanjutnya adalah scroll ke atas, kamu klik icon tas belanjaan yang ada di pojok kanan atas untuk menyelesaikan pembelian.

    Icon Cart

  • Di halaman selanjutnya akan terlihat detail harga domain dan layanan lain yang bisa kamu beli juga. Di sini kamu juga bisa mengatur jangka waktu pembelian domain kamu, maksimal 10 tahun sekaligus (jadi tahun berikutnya nggak repot membayar perpanjangan domain). Atau kamu bisa juga menambahkan layanan lain seperti menyembunyikan informasi pribadi pada domain, maupun sertifikat SSL untuk domain kamu.

    Halaman cart

  • Jika ingin langsung menyelesaikan pembelian/pembayaran, kamu langsung saja klik tombol CHECKOUT SEKARANG yang berwarna hijau. Di bawahnya terdapat logo bank atau metode pembayaran yang bisa kamu gunakan. Sangat beragam bukan? Artinya kamu bisa melakukan pembayaran menjadi lebih mudah.
  • Ketika tombol tersebut kamu klik, maka akan muncul pilihan metode pembayaran yang bisa kamu gunakan. Kamu bisa melakukan pembayaran melalui Kartu Kredit/Debit, Bank BNI/Mandiri/BCA, PayPal, GudangVoucher.com, DOKU Wallet, atau ATM yang tergabung pada jaringan ATM Bersama maupun Prima. Kamu sesuaikan saja dengan rekening bank yang kamu miliki saat ini.

    Metode Pembayaran

  • Ketika kamu memilih metode pembayaran, maka halaman tersebut akan ter-scroll ke bawah. Dan kamu diminta untuk register atau login. Jika kamu sudah mempunyai akun di Hostinger, kamu cukup login saja. Jika belum, maka kamu harus mendaftar akun baru terlebih dahulu. Paling mudah menggunakan Facebook atau Google+. Tinggal klik tombolnya saja.
  • Jika kamu lebih suka mendaftar akun manual menggunakan email, juga boleh. Seperti di bawah ini. Masukkan nama kamu, email, dan password yang kamu inginkan. Kemudian kamu klik BUAT AKUN & CHEKCOUT

    Daftar dan Checkout

  • Kamu akan dibawah ke halaman informasi rekening Hostinger untuk melakukan pembayaran. Kamu catat nomor rekeningnya, dan kamu bayarkan sejumlah total tagihan untuk pembelian domain kamu. Kamu bisa menggunakan ATM, Internet Banking, maupun Mobile Banking untuk melakukan pembayaran.

    Informasi Rekening

  • Tugas kamu sekarang adalam membayar tagihan tersebut, agar domain yang kamu beli segera diaktifkan dan segera bisa digunakan.
  • Oh iya, jika kamu baru mendaftar akun di Hostinger, jangan lupa verifikasi email ya. Cek email yang kamu gunakan untuk pendaftaran tadi. Akan ada email masuk dari Hostinger. Kamu buka emailnya, lalu klik tombol Ini email saya!

    Verifikasi Email

  • Jika verifikasi email berhasil maka kamu otomatis login dan dibawa ke halaman user area di Hostinger. Disana ada pesan Registrasi hampir selesai!.

    Verifikasi berhasil

Proses pemesanan domain sudah selesai. Yang kamu lakukan selanjutnya adalah melakukan pembayaran sesuai total jumlah tagihan yang ditampilkan tadi ke rekening Hostinger. Kemudian lakukan konfirmasi pembayaran.

Format konfrimasi pembayaran

Jika kamu telah selesai melakukan pembayaran, langkah selanjutnya adalah melakukan konfirmasi pembayaran. Agar domain kamu segera diaktifkan dan segera bisa digunakan.

Halaman konfirmasi pembayaran bisa kamu lihat di halaman checkout saat menampilkan informasi rekening milik Hostinger tadi.

Konfirmasi Pembayaran

Jika kamu tidak sengaja menutup halaman tersebut, kamu bisa melakukan konfrimasi pembayaran melalui link berikut ini: https://www.hostinger.co.id/konfirmasi-pembayaran

Berikut ini petunjuk untuk melakukan konfirmasi pembayaran.

  • Buka halaman konfirmasi halaman. Bisa melalui link berikut ini: https://www.hostinger.co.id/konfirmasi-pembayaran

    Form Konfirmasi Pembayaran

  • Kemudian kamu isi semua form.
  • Nomor invoice adalah nomor ID pemesanan kamu. Kamu bisa lihat di halaman user area. Login ke akun Hostinger dan kamu klik menu Tagihan kemudian lihat pada tab TAGIHAN YANG BELUM DIBAYAR. Disitu ada nomor tagihan dengan awalan HID
    Contoh seperti gambar di bawah ini maka nomor tagihannya adalah HID16922518

    Menu Tagihan
    Halaman Invoices

  • Email diisi email kamu yang kamu gunakan saat mendaftar akun tadi.
  • Pada Bank Tujuan silahkan kamu pilih bank apa yang kamu gunakan untuk pembayaran tadi (kamu transfernya ke bank mana).
  • Bank Pengirim isikan Bank yang kamu gunakan untuk transfer pembayarannya tadi.
  • Nomor Rekening Pengirim silahkan diisi nomor rekening kamu, atau nomor yang kamu gunakan untuk transfer. Jika kamu tidak punya rekening atau membayarnya menggunakan setoran tunai langsung ke bank, maka isikan nomor resi transfer bank. Di struk bukti transfernya pasti ada nomornya. Kamu tinggal masukkan saja.
  • Nama Pengirim isikan nama pengirim uangnya. Bukan nama akun kamu. Jika kamu menggunakan rekeningmu sendiri atau setor tunai langsung ke bank, maka isikan nama kamu. Jika menggunakan rekening orangtuamu misalnya, maka isikan nama orang tuamu. Intinya, yang di bagian ini isikan nama pemilik rekening yang digunakan untuk transfer pembayaran.
  • Tanggal Transfer isikan tanggal berapa kamu mentransfer pembayarannya tadi.
  • Jumlah Transfer isikan nominal uang yang kamu transfer untuk melakukan pembayaran.
  • Upload Bukti Pembayaran di bagian ini kamu upload bukti pembayaran saat mentransfer uang. Misalkan jika kamu melakukan pembayarannya di ATM, maka kamu fotoin struk ATM-nya, kemudian kamu upload di sini. Jika menggunakan Mobile Banking gimana? ya kamu screenshot aja tampilan layar saat sukses melakukan transfer. Jika menggunakan Internet Banking ya kamu screenshot tampilan layar saat sukses melakukan transfer.
  • Catatan kamu bisa menambahkan catatan tambahan bila diperlukan. Misal: “Pembayaran untuk domain blogkerensaya.com”
  • Kamu klik di bagian I’m not a robot hingga bertanda centang I’m not a robot
  • Jika sudah semuanya, kamu cukup klik tombol Konfirmasi Sekarang

Selesai. Sekarang kamu cukup menunggu pembayaran kamu diverifikasi dan domain kamu diaktifkan. Kamu akan mendapat email pemberitahuan dari Hostinger jika domain kamu sudah aktif.

Ketika domain sudah aktif, kamu bisa menggunakannya untuk dipasangkan ke blog kamu, atau website baru lainnya. Cukup mudah kan untuk membeli domain murah? Dan jika kamu telah mendaftarkan domain barumu di Hostinger, aku ucapkan selamat! Karena kamu baru saja menghemat banyak rupiah karena domain Hostinger harganya sangat murah.

Summary
Review Date
Reviewed Item
Domain Murah Hostinger
Author Rating
51star1star1star1star1star
Caci Maki Kalian