18 Feb 2018
978

Brave, Browser Ringan Bebas Iklan Yang Melindungi Privasimu

Brave, Browser Ringan Yang Bisa Memblokir Iklan Dan Menghemat Biaya Data

Kalian pakai browser apa nih? Sudah coba Brave Browser? Nggak bosen pakai browser mainstream macem Google Chrome, Safari, atau Mozilla Firefox? Kayaknya kalian perlu coba browser yang satu ini.

Apa itu Brave? Brave ini adalah browser berbasis blockchain. Dengan kemampuannya memblokir iklan-iklan yang mungkin sangat mengganggu. Juga menghemat pengeluaran kita beli paketan internet hanya gara-gara ngeload iklan setiap kali kita browsing. Loh, apa bedanya dengan browser atapun AdBlocker lain? Nah ini dia yang menarik.

Brave Browser

Dowload browser Brave
https://brave.com/download/

Kalau browser lain, untuk blokir iklan memerlukan bantuan AddOns browser semacam AdBlockPlus atau AdBlocker lainnya. Kalau menggunkan smartphone biasanya pakai VPN khusus untuk menyaring iklan-iklan. Apakah efisien? Enggak juga. Karena terkadang meskipun kita tidak diganggu oleh iklan-iklan mereka, namun kita masih diganggu sama AdBlock Detector yang dipasang. Hehe. Sering kan ngunjungi website kemudian memaksa kita untuk mematikan AdBlocker karena terdeteksi iklannya tidak muncul? Contoh gampangnya ya Blog ini sendiri ahaha. Jika kalian menggunakan AdBlocker, maka konten akan dihalangi oleh pesan menjengkelkan yang sengaja aku pasang.

Inilah salah satu kelebihan Brave. Kamu tidak akan pernah terganggu dengan detector ataupun pesan semacam itu. Benar-benar bersih dan rapi. Mereka tidak akan tau jika kamu memblokir iklannya untuk tampil. Sehingga browsing kamu lebih nyaman, dan kecepatan loading website pun juga lebih cepat. Penggunaan data internet juga lebih hemat. Kuota gak cepet habis dong.

Dan satu lagi yang unik, meskipun iklan-iklan diblock, namun pemilik website tidak akan mengalami penurunan penghasilan dari iklan-iklan yang dipasang di website mereka. What? Bagaimana cara?

Brave akan memblokir semua iklan yang tampil, atau menggantinya dengan iklan yang lebih relevan, sesuai minat dan yang dibutuhkan oleh penggunanya. Sebagai gantinya, kamu bisa berkontribusi pada BAT token untuk tetap mendukung para publisher dan konten kreator yang iklannya diblokir.

Fast speed

Brave sendiri memiliki sistem publishers menggunakan cryptocurrency mereka sendiri yang disebut BAT (Basic Attention Token). Yang kemudian bisa ditukarkan dengan mata uang yang tersedia. Dari situlah kenapa mereka tidak kehilangan penghasilan meskipun iklannya diblokir jika para netter menggunakan Brave browser. Dan BAT-token ini nanti bisa ditukarkan dengan mata uang lain melalui Uphold.

Dan kamu-kamu nih yang berkontribusi pada Brave dan BAT-token, browser secara otomatis membagikan BAT kamu ke publisher tergantung penggunaan/kunjungan kamu pada suatu website tersebut. Karena browser ini sudah terintegrasi dengan Brave Payments.

Dari Brave Payments ini pula, bisa lebih efisien kalian gunakan untuk membayar konten pada website tertentu. Tanpa harus menggunakan uang cash kalian. Contoh nih, tidak perlu berlangganan tahunan di situs New York Times, atau Washington Post. Kalian cukup menggunakan BAT yang kalian miliki untuk melalukan pembayaran dengan cepat dan efisien.

Brave telah mendistribusikan 1.5 milyar token. Namun hanya 1 milyar yang terjual pada akhir Mei tahun lalu. Sumber: CNET.

Kelebihan Brave

Kecepatan load halaman

Brave is faster than ChromeBrave lebih cepat daripada Chrome
Source: brave.com

Kelebihan Brave yang pertama, tentu kecepatan load halaman website yang kalian kunjungi. Bahkan lebih cepat dari Google Chrome.

Blokir iklan

Ya, iklan-iklan diblokir oleh Brave. Sehingga kalian bisa browsing dengan nyaman tanpa terganggu oleh iklan yang muncul.

Hemat Biaya dan Data

Save more for costBrave menghemat biaya data kamu
Source: brave.com

Ternyata, kita bisa berhemat sangat banyak jika menggunakan browser Brave. Karena iklan-iklan maupu tracking-nya, semua diblokir. Kita hanya perlu load halaman pentingnya saja.

Hemat Waktu

Karena kecepatan loadnya lebih dari browser lain, otomatis menghemat waktu juga. Beda cerita sih kalau memang koneksi kalian kayak siput huehe…

Menghindari ancaman virus

Brave is more protecting from virusBrave meminimalisir kamu dari serangan virus
Source: brave.com

Selain memblokir iklan, dan tracker-nya. Brave juga memberikan perlindungan lebih sehingga resiko untuk terkena malware, ransomware maupun spyware akan lebih minim.

HTTPS Upgrades

Brave memiliki kemampuan HTTPS upgrades. Untuk melindungi data pribadimu, data pembayaran, dan lain-lain.

Melindungi Privacy

Nggak perlu repot-repot menggunakan incognito mode. Brave sudah melakukan semuanya. Melingungi privasimu, karena tracker pada website diblokir.

Cara menggunakan Brave Browser

Loh, kok ada tata-caranya? Ah enggak kok. Pada dasarnya sama seperti browser lain. Bahkan lebih enteng.

Kamu bisa menggunakan browser Brave ini seperti biasa. Untuk browsing dll. Gratis gak? Iya gratis.

Selain itu, kamu pun bisa ikut berkontribusi dengan melakukan donasi pada website-website yang kamu blokirin iklannya. Bisa melakukan donasi otomatis setiap bulannya, maupun menentukan besaran % dari donasimu.

Atau, kamu juga bisa berkontribusi langsung pada blogger atau konten kreator favoritmu.

Download Brave

Tertarik untuk mencoba browser ini? Tinggal download aja bosqu

Download Brave Browser: https://brave.com/download/

Ayo, ayo dicoba browsernya. Temen-temen aku udah pada nyoba dan katanya enak. Ringan banget. Brave Browser juga tersedia untuk smartphone loh.

Summary
Review Date
Reviewed Item
Brave
Author Rating
51star1star1star1star1star
Caci Maki Kalian