25 Apr 2016
125732

Tips Menentukan Dan Membuat Username Yang Keren

Tips Menentukan Dan Membuat Username Yang Keren

Ngaku aja, kita nggak akan bisa lepas dari yang namanya Social Network. Apalagi ada banyak sekali social network diluar sana. Entah itu Facebook, Twitter, maupun Google+, sampai Instagram, LINE, dan masih banyak lagi lainnya.

Kita nggak akan asing dengan istilah Username. Username merupakan sebuah nama unik sebagai identitas kita di social network (bukan social network juga butuh username sih). Intinya adalah nama unik kita yang nggak akan bisa sama dengan user yang lainnya. Sebagai pengganti identitas kita.

Sayangnya banyak yang salah kaprah tentang username ini. Kebanyakan menganggap username itu sama dengan email. Dan yang terjadi adalah membuat username yang sama sekali enggak banget. Nggak kece. Dan aneh (aneh dalam artian buruk, bukan aneh keren).

Tips Membuat Username Yang Keren

Untuk kali ini kita akan bahas bagaimana cara membuat Username yang super kece. Sekaligus menyadarkan kamu betapa pentingnya sebuah username karena akan berpengaruh pada kehidupan kamu juga :3

Klik aja ini Like, atau Tweet dibawah ini. Otomatis tips untuk membuat usernamenya langsung muncul. Sorry kalau sekarang aku kunci, soalnya banyak yang copas tanpa ijin sih. Tapi ngebuka kuncinya gampang kok, cuman Like atau Tweet di bawah ini doang:

Username Adalah Nama Kamu, Jangan Gonta Ganti

Ingat, username adalah nama kamu. Jadi sesuaikan dengan nama kamu saja. Entah itu nama asli maupun nama panggilan kamu. Nama keren juga boleh. Tapi ingat, jangan gonta-ganti username. Buat satu saja, patenkan. Dan pakai selamanya.

Anggap username kamu sebagai KTP. Dia adalah identitas kamu. Masa iya kamu gonta-ganti identitas? Kayak buronan aja. Lalu apa gunanya sebuah identitas jika kamu ganti-ganti mulu? Anggap Username itu sebagai identitas kamu yang lebih penting daripada nama asli kamu sendiri. Karena kamu akan dikenal banyak orang melalui username kamu daripada nama asli kamu di dunia maya.

Samakan Dengan Nama Profile

Setidaknya, kata yang kamu pakai pada username kamu sesuai dengan nama profile yang kamu pakai. Lebih match, dan orang akan langsung tahu kalau kamu benar-benar pemilik username tersebut. Jadi, kalau nama kami Simon Sadur misalnya, username kamu ya bikin aja SimonSadur (tanpa spasi, tanpa underscroe, tanpa embel-embel angka atau apapun, gabung aja jadi satu). Gak harus pake nama asli, pake nama keren-kerenan juga gak masalah asalkan unik atau belum pernah dipake orang lain.

Sebisa Mungkin Jangan Mencantumkan Angka, Apalagi Tanggal Kelahiran

Username itu nama kamu. Masa iya diembel-embelin angka. Ingat, Username itu nama unik, sehingga nggak ada yang nyamain. Kalo dikasih angka, kesannya seperti nomor urut, alias nama kamu udah pasaran hingga ada nomor serinya. Identitas seseorang di KTP pun nggak bakal pakai angka juga kan? Bukannya ngelarang pakai angka. Sebisa mungkin hindari.

Terlebih lagi jika angka tersebut merupakan tanggal lahir kamu. Please dah. Kamu bunuh diri. Tanggal lahir merupakan sebuah privacy. Biasanya diembel-embelin tanggal, atau tahun lahirnya. Itu sama sekali enggak perlu. Kamu manggil nama seseorang masa iya kamu nyebutin tahun lahirnya segala? Enggak kan?

Lagipula contoh username yang seperti ini rawan kena hack melalui lemahnya pertanyaan keamanan. Kok bisa? Ya, biasanya pertanyaan keamanan berhubungan dengan identitas asli pemilik akun. Bisa jadi itu kota temapt tinggal atau tanggal lahirnya. Jadi, hati-hati!

Dan… Jangan mencantumkan tanggal jadian. Kalau putus, kamu bakal ganti username? Ganti identitas? Ingat, bukan identitas namanya kalau gonta-ganti.

Contoh username menggunakan angka yang nggak kece banget

  • DikyArdiansyah03
  • DiahDewi1992
  • AquAja93

Hindari Penggunaan Underscore

Penggunaan Underscore juga kurang diperlukan. Meskipun username kamu terdiri dari 2 kata, tetap gabung saja menjadi satu. Itu lebih baik. Kecuali jika sudah ada yang menggunakan username kamu.

Contoh username menggunakan underscore yang nggak enak dilihat

  • diky_ardiansyah
  • armageddon_immortal_mk
  • siti_nurmala_09

Semakin Singkat, Semakin Unik, Semakin Kece

Hindari membuat username yang panjang. Setidaknya jangan lebih dari 10 karakter. Username yang terlalu panjang akan membuat orang lain semakin pusing ngebacanya.

Contoh username yang singkat, keren dan mudah diingat:

  • zedd
  • jlo
  • goizza
  • sakayuv

Sekarang bandingkan dengan username yang terlalu panjang berikut ini:

  • dikyardiansyah93
  • jenniferfernandeznyc

Jangan Menambahkan Kata Yang Nggak Banget

Jangan sampai username kamu diembel-embeli dengan Imoet, Luchu, YangSelaluTersakiti, dan sejenisnya ya. Pokoknya jangan.

Contoh username menggunakan kata yang enggak banget

  • diky_luthu_cellaluw
  • ginggosygdia
  • imai_thuw_cute

Jangan Mencantumkan Nama Kota

Serius, ini norak. Kamu nggak akan selamanya tinggal di kota yang sama. Meskipun begitu, nggak akan ada yang peduli juga. Tapi username kamu akan berkesan norak. Lagipula kamu nggak akan membelah diri seperti amoeba yang pada akhirnya berpencar tinggal di berbagai kota kan? Sehingga sampai butuh banyak username untuk masing-masing kota.

Contoh username menggunakan nama kota

  • dikynaksby
  • dikyardiansyahmalang
  • dikyjktbrt

Jangan Mencantumkan Nama Idola, Fandom, Ataupun Komunitas

Kalau yang ini, sangat tidak diperlukan. Kesan yang ada? kamu akan terlihat childlish. Kamu akan terkesan kekanak-kanakan sekali jika menambahkan nama idola atau fandom pada username kamu.

Contoh username yang menggunakan fandom ataupun komunitas

  • diky_nak_outsider
  • ardishawoll
  • dikychibichibihaha
  • dikynidjiholic
  • dikyuzumaki
  • dikydbagindas

Jangan Mencantumkan Brand Terkenal

Seriously? Untuk apa kamu mencantumkan itu? Sama sekali tidak diperlukan. Oh iya aku sering melihat orang memakai username diembel-embeli VEVO. Bukan artis dibawah naungan Sony Entertainment. Lalu kenapa menggunakan VEVO? Biar keren ceritanya. Tapi yang ada berkesan norak jadinya. Semacam Post Power Syndrome.

Contoh username menggunakan brand atau slogan terkenal

  • dikyardiansyahVEVO
  • dikyandrolollipop
  • dikygalaxynote

Jangan Menggunakan Nama Orang Lain

Username adalah identitas kamu, bukan identitas orang lain. Jadi tidak perlu menggunakan nama orang lain biar ketularan keren. Kamu sudah kece dari hatimu sendiri :3

Ketika Sudah Menentukan Username, Jangan Lupa Survey

Sebelum menetapkan username yang baru saja kamu buat. Coba survey ke semua social media. Pastikan Username kamu belum pernah terpakai. Selain itu coba Googling, ketik username kamu. Pastikan juga nggak ada yang memakai kata tersebut. Juga cek dengan domain .com. Contoh: usernamekamu.com. Pastikan juga nggak kebuka, atau memang belum pernah ada.

Cara mudahnya, cek username kamu di NameVine.com. Masukkan username kamu, maka otomatis akan mengecek di semua social network yang paling banyak dipakai oleh netizen. Jika username kamu tersedia semua (di semua social network yang ditunjukkan), kemungkinan besar memang belum pernah ada yang menggunakan username tersebut dan kamu bisa menggunakannya.

Username Tidak TersediaNah, ini merah semua. Udah jelas nih username dipake dimana-mana. Sebaiknya pilih yang lain.

Username Pernah DipakaiAda yang merah, ada yang ijo. Jadi di sebagian social media username ini sudah dipakai, dan di social media yang lain belum. Sebaiknya, cari username lain saja. Pastikan tersedia semua.

Username TersediaNah, jika username pilihan kamu udah ijo semua begini, artinya username kamu belum pernah digunakan. Kemudian segera daftarkan username tersebut di semua social media agar nggak dipake orang lain.

Contoh Beberapa Username Yang Kece

Mungkin kamu bisa lihat betapa kecenya username mereka. Di setiap social media selalu sama. Nggak berubah. Mungkin juga bisa jadi inspirasi kamu.

Contoh Username ZeddZedd, dimana-mana ID nya juga sama. Fans jadi lebih mudah nemuinnya. Dan mudah diingat.

Contoh Username ColdplayColdplay pun dimana-mana username nya sama. Bahkan official websitenya pun juga pake kata coldplay doang. Keren.

Contoh Username Jennifer LopezMbak JLo nih, usernamenya singkat banget. Sesuai nama panggilannya. JLo. Keren kan.

Contoh Username GoizzaTuh, Mas Izza pun usernamenya dimana-mana tetep pake Goizza, nggak pake yang lain.

Gimana? Sudah siap dan dapet ide buat menentukan identitas kamu?

Summary
Article Name
Tips Membuat Username Yang Keren
Description
Membuat username ternyata nggak bisa sembarangan. Karena nantinya username kamu akan menjadi sebuah branding. Berikut ini tips membuat username yang keren!
Author
Publisher Name
Eirudo
Publisher Logo
Caci Maki Kalian