24 Jun 2013
1288

Asiknya Permainan Jaman SD Dulu Sebelum Ada Gadget

Permainanku Di Saat Masih SD

Aku nulis postingan ini gara-gara liat iklan di B Channel. Pas iklan acara Indonesia Banget. Di iklan itu tampak ada permainan-permainan tradisional. Jadi keinget masa kecilku dulu :’D Nah, inilah permainan yang sering aku mainkan di masa kecilku.

Apa kamu tau permainan yang aku sebutkan dibawah ini? Artinya kamu masih menikmati masa kecil yang sangat bahagia. Tidak seperti sekarang, otak anak-anak sudah dikuasai oleh gadget-gadget nista.

Lompat Tali

Lompat Tali
Lompat Tali? Siapa yang gak tau permainan ini? Sebenarnya bukan menggunakan tali, tetapi menggunakan karet gelang. Karet gelang yang disambung-sambungkan hingga menjadi tali. Kenapa menggunakan karet? Karena bisa lentur. Meskipun kalau terlalu sering dipakai karetnya bisa rusak dan gak jarang jadi putus. Meski putus, tetapi mudah untuk disambung.
Peraturannya sederhanya. Kita cukup ke seberang dengan melompati tali tersebut. Itu doank? Yuph, harus melompati / harus lewat diatas tali. Akan ada beberapa level. Setinggi lutut, setinggi selangkangan, pusar, dada (kalo jaman dulu terang-terangan menyebut susu), pundak, telinga, kepala, dan setinggi telapak tangan diatas kepala, kemudian setinggi tangan dalam pose merdeka.
Weks? kalo setinggi merdeka, bagaimana cara melompatinya? Ya, pemain harus meraih karetnya, dan melompatinya. Kalau setinggi lutut dan selangkangan, harus dilompati tanpa menyentuhnya. Jika tersentuh, maka mendapat hukuman. Bertugas yang memegang tali.
Untuk setinggi pusar, dada, dan telinga, harus dilompati tanpa meraihnya dengan tangan. Artinya kita harus menjangkaunya dengan kaki saja. Hah? Emang bisa? Bisa sih, buktinya dulu aku bisa ._. Tapi kalau sekarang gak tau lagi. Untuk bergerak saja aku sudah malas. Dan level setinggi kepala jengkal tangan, dan merdeka, baru boleh diraih menggunakan tangan. Meraihnya pun harus dengan berlari, tidak boleh dengan berhenti disitu. Bagi yang gagal melompati tali, akan dihukum, menjadi pemegang talinya. Game ini memang lebih menguntungkan bagis yang mempunyai postur tubuh tinggi.

Kempyeng (Entahlah apa namanya kalau versi Bahasa Indonesianya)

Kempyeng / Tutup BotolKarena jaman dulu bermain dengan kumpulan tutup botol saja sudah bahagia
Dulu waktu kecil aku juga main Kempyeng. Apaan sih Kempyeng itu? Permainan menggunakan tutup botol minuman Sprite / Fanta, dan sejenisnya. Jumlahnya 5 buah saja. Dilemparkan dilantai. Duh, bagaimana ya jelasinnya. Pokoknya gitu deh.
Gambarannya seperti dibawah ini. Peraturannya sederhana. Tiap tutup botol harus disentil agar menabrak tutup botol lain yang terjauh, tanpa harus menabrak tutup botol yang terdekat. Kan 5 tutup botol itu dilempar. lalu kita ambil salah satu untuk disingkirkan. Jadi sisanya ada 4. Nah, jadi yang 2 tadi harus saling bertabrakan.

Bola Bekel

Bola Bekel
Ada lagi nih, namanya Bola Bekel. Alat yang digunakan tentu Biji Bekel, dan Bola Tenis. Hah? Bola Tenis? Ya, begitulah. Cara memainkannya adalah membalikkan sisi-sisi biji bekel. Batas waktunya ditentukan oleh lambungan bola tenis. Lagi-lagi ini permainan yang dimainkan di lantai.
Bola tenis hanya boleh melambung di lantai sekali saja. Jika lebih 2 kali dinyatakan gagal. Dan harus ganti pemain lainnya. Kalau yang ini, tidak bisa aku ilustrasikan dalam bentuk gambar. Harus dengan video. Permasalahannya adalah, aku udah gak punya lagi bola tenis ataupun biji bekel nya. Cuman jaman sekarang emangnya masih ada orang jual biji bekelnya diwarung-warung? ==” Kalo dulu banyak. Memang digunakan untuk bermain Bola Bekel.
Eh, Lompat Tali, Kempyeng, dan Bola Bekel ini, sebenarnya permainan untuk cewek loh. Cuman di jaman gue dulu, masa bodo! Cowok ikutan main ? Jadi di SD gue dulu gak ada yang main Tablet. Yang pegang HP aja kagak ada.

Jumprit Singit (Petak Umpet / Hide And Seek)

Petak Umpet / Hide and Seek
Jumprit Singit ini maksudnya Petak Umpet. Jaman dulu masih ngetren kan? Kalo sekarang? Gak yakin banget dah :v Kalo yang ini kayaknya gak perlu aku jelasin lagi permainannya kayak gimana. Tentu kalian udah tau. Kalo gak tau mah… Kebangetan!

Gobak Sodor (Go Back to the Door)

Gobak Sodor / Go Back to the Door
Sebenarnya permainan dari Belanda ya. Dibawa ke Indonesia. Namanya Go Back to the Door. Cuman orang Indonesia nyebutnya Gobak Sodor. Kalo di Jawa, atau di tempat gue mah, nyebutnya malah BekSodor.
Caranya kita gambar area di tanah. Sebagai wilayah. Ada yang menjaga garisnya, ada yang bertugas menerobos pertahanan area tersebut. Cari di YouTube aja deh. Barangkali ada. Males mau gambar ilustrasi lagi :v

Kejar-kejaran

Kejar kejaran
Namanya juga kejar-kejaran. Pasti lari lah. Tugasnya adalah mengejar yang lain. Kalau tertangkap, maka yang tertangkap itulah yang bertugas mengejar, alias gantian jadi setannya. Ya gitu seterusnya. Ampe mereka capek. Lari-lari sampai dengkulnya copot.

Boyo-boyoan (Buaya-buaya’an)

Entahlah Boyo-boyoan nama permainan apa ini. Cuman yang jelas, ini gak beda dengan kejar-kejaran biasa. Cuman kalo yang ini, kita punya area aman. Ditentukan dimana gitu. Kalau kita masuk area aman, kita tidak akan tertangkap yang jadi setannya. Tapi kita gak boleh berdiam disitu. Sesekali harus keluar dari area aman. Yang jadi setan tidak boleh masuk daerah aman. Gitu doank sih.

Bentengan

Bentengan
Bentengan ini dibagi menjadi dua grup. Tugasnya menjaga Benteng dari musuh. Bentengnya cuman berbentuk tiang saja sih. Tugasnya merebut pasukan musuh untuk disandera. Caranya, kita harus mengejar dia. Tetapi harus menyentuh benteng / tiang kita dahulu. Kalau musuh lari, dan dia menyentuh bentengnya, maka kita yang akan dikejar. Intinya kita harus paling fresh menyentuh benteng kita agar bisa menangkap musuh. Jadi kita mengejar dan dikejar. Seru juga sih.

Bitingan (Lidi)

Lidi Batangan - BetenganBetengan (bahasa jawanya batangan) yang berasal dari lidi lidi / tusuk baso goreng, batagor, tusuk tempura, dan semacamnya
Susah menjelaskan permainan ini. Harus pake video ._. Cara memainkan Betengan, kita mengumpulkan lidi yang sangat banyak, lalu kita jatuhkan di lantai. Masing-masing memegang lidi yang sudah dibengkok’kan ujungnya. Tugasnya hanya mengangkat lidi yang berserakan tadi, menggunakan lidi yang kita pegang, tanpa harus menyentuh / menggerakkan lidi yang lain. Kan lidi yang kita jatuhkan di lantai numpuk banget tuh.

Bongkar Pasang Untuk Cewek

Bongkar PasangPermainan lelaki sejati nih
Bongkar pasang cewek. Wew, dulu aku juga main ginian. Bukan berarti gue maho gara-gara mainan ini ya? Cuman suka aja gitu. Unik. Cuman selembar kertas bisa dimainin aneh-aneh.
Nah, permainan ini untuk cowok. Gak ada cewek main ini. Kenapa? Karena sangat jorok. Loh? Jorok kenapa? Di jaman gue dulu, lidi yang dipakai ngambil dari sampah, bekas lidi cimol, batagor, atau lidi bekas tempura. Yang udah dibuang ke sampah. Jadi terkadang lidinya masih belepotan saus sambal juga. Meski saus sambalnya udah kering banget, tetep aja kan, nggilani! Ew… =__= Tak kusangkan dulu aku juga memainkannya

Bongkar Pasang Digmon

Puzzle DigimonRela ngabisin duit banyak cuman buat koleksi semuanya. Snack malah gak dimakan. Ambil hadiahnya doang.
Puzzle, bukan beli, tapi hadiah snack. Permen Kino waktu itu. Hadiahnya Puzzle Digimon. Jadi bisa dibongkar dan dipasang menjadi Karakter Digimon. Entah kenapa aku senang mengkoleksinya ?

Tazoz

Tazos PokemonDimiringin dikit bisa berubah gambar. Dan jaman dulu udah terkagum-kagum ama mainan ginian.
Beralih ke Tazoz. Yang gambarnya Pokemon. Yang bisa dimainkan untuk tembak-tembakan. Kemudian muncul lagi Tazoz hollogram yang bisa berubah gambar. Eh, beberapa lama kemudian muncul Tazoz lipat. Jadi bisa dilipat-lipat. Tapi gambarnya jadi jelek :/ Lama-lama muncul Tazoz yang terbuat dari almunium (eh, iya bukan sih) sejenis bahan kaleng. Jadi bunyinya klontang-klontang kalo disaku. Selang waktu, muncul lagi Tazoz Pokemon yang berbentuk Segilima. Semuanya Sama Tazoz nya kok. Dan semua sama-sama bergambar Pokemon. Dan untuk mendapat itu semua, kita harus membeli snack. Mainan tersebut sebagai hadiahnya.

Tamagotchi

TamagotchiSolusi praktis memelihara hewan tanpa ribet.
Yosh, beralih ke mainan yang lebih modern dikit. Tau Tamagotchi kan? Mainan ini yah, pas lah dibawa di dalam saku. Kecil ukurannya. Tapi seru. Kita bisa memelihara binatang secara virtual. memberinya makan, mengobatinya kalau sakit, dan membersihkan kotorannya. Kita juga bisa melihat detailnya seperti umurnya, beratnya, dan tingkat kesehatannya. Serasa memelihara binatang betulan. Banyak pilihan binatang yang bisa kita pilih untuk jadi peliharaan. Harganya 5k. Entah sekarang masih ada atau enggak.
Tamiya Beyblade Crush Gear Tamagotchi DigiviceBeberapa permainan yang lumayan modern untuk ukuran jaman dulu. Seperti Beyblade, Tamiya, Crush Gear, dan Tamagotchi versi Digivice

Beyblade

OK, mulai ke permainan Modern. Aku juga main Beyblade waktu itu.

Tamiya

Yuph, Taimya. Dulu juga lagi ngetren soalnya. Selain permainan tradisional aku juga main beginian ._. Pokoknya ada Anime apa yang lagi ngetren di TV, disaat itulah mainannya juga lagi booming.

Crush Gear

Setelah Tamiya, muncul Crush Gear di TV. Langsung ngetrend deh mainannya. Anehnya dulu aku niat banget gitu bela-belain beli.

Digivice Tamagotchi (Digimon Version)

Muncul lagi Tamagotchi dengan wajah baru, berbentuk Digivice. Weleh… Ada-ada lagi. Fungsinya sama kayak Tamagotchi sebelumnya. Cuman yang dipelihara bukan binatang, tapi Digimon. Jadi kita bisa memilih Digimon untuk dipelihara. Cara mainnya sama saja sih. Hanya bentuknya saja Digivice, dan ukurannya jadi sebesar HP. Harganya pun, jadi lebih berisi. Sekitar 20k.

Yu-Gi-Oh! Card

Yu-Gi-Oh! Card
Nah, akhirnya aku menemukan jati diriku di permainan ini. Dari sinilah namaku Dark Ard Deidara terbentuk. Dari Yu-Gi-Oh! Aku belajar Bahasa Inggris pun awalnya juga dari Yu-Gi-Oh! ini. Karena kartunya menggunakan Bahasa Inggris, aku harus menerjemahkannya agar tahu fungsi setiap kartunya. Ternyata nambah ilmu juga :v Bermain sambil belajar.
Yah, itulah sedikit permainan yang pernah aku mainkan di saat aku masih kecil. Aku tidak ingat pemainan apa lagi. Tentunya masih banyak permainan dan kegilaan yang lebih greget. Tapi aku lupa. Cuman itu yang aku ingat. Kalau kalian di jaman SD main apa?
Summary
Article Name
Permainan SD di Jaman Dulu
Description
Terkadang permainan tradisional lebih menyenangkan daripada permainan modern. Lebih banyak kenangan yang tersimpan. Membahagiakan tentunya.
Author
Publisher Name
Eirudo
Publisher Logo
Caci Maki Kalian
  • Antonius Alfari Aritonang

    :O Bongkar Pasang = Anak BP (di daerahku)
    dan kalo di daerahku, biji bekel digantiin dengan kulit kerang :&#39)

  • cevin firmasyah

    Betenganan Kalo Di Daerahku Beteng (nganjuk) … Petak Umpet Delik’an

  • cevin firmasyah

    Betenganan Kalo Di Daerahku Beteng (nganjuk) … Petak Umpet Delik&#39an

  • Raven smith

    emang lu pernah kecil? XD

  • Grendong Grandong

    Petak umpet, disaat temen yang jaga, gue pulang…

    Indahnya masa kecil :’)

  • Grendong Grandong

    Petak umpet, disaat temen yang jaga, gue pulang…

    Indahnya masa kecil :&#39)

  • Eirudo

    :*
    kita sehati

  • Adib Febrian

    gw sering maen bekel XD

  • Asus Root

    Jadi ingat Masa Kecil ..

  • Geofany Galindra

    hey udah enggak kok
    sekarang kalo comment ngetik dulu
    Makasih dah gak di Block πŸ™‚
    tapi sayang gak bisa Add Friend cuman bisa mengikuti T.T

  • Eirudo

    asalkan kamu udah gak pake bot comment lagi XD

  • Imam Nurrahmat

    hey metalix! xD

  • Adib Febrian

    gw sering maen bekel XD

  • Asus Root

    Jadi ingat Masa Kecil ..

  • Imam Nurrahmat

    hey metalix! xD

  • Yatogami Sura

    ._. sumpah gw waktu kecil jarang keluar.. jadi g tau mainan begituan…

  • Geofany Galindra

    gw pernah mainin itu semua :3
    hey bang DAD ayolah jagan Block Facebook qu T.T

  • Geofany Galindra

    gw pernah mainin itu semua :3
    hey bang DAD ayolah jagan Block Facebook qu T.T

  • Tedi Arif

    Yeaaa… Yugi-Oh :3

  • Tedi Arif

    Yeaaa… Yugi-Oh :3

  • Sky Street

    Blog walking πŸ˜€
    tukeran banner yuk? rank alexa check aja http://sky-street.blogspot….

  • Sky Street

    Blog walking πŸ˜€
    tukeran banner yuk? rank alexa check aja http://sky-street.blogspot….

  • Arie Nuerhansyah

    kalo dulu jmn sd main
    -layangan
    -petak umpet
    -kelereng
    -tazoz
    -Gambaran -_-“
    -Main balapan sepeda
    udah gitu doang :v

  • Arie Nuerhansyah

    kalo dulu jmn sd main
    -layangan
    -petak umpet
    -kelereng
    -tazoz
    -Gambaran -_-“
    -Main balapan sepeda
    udah gitu doang :v

  • Caesar Rendra

    ah…

    bo’ong kalo dicky gak maen kelereng…

    ntuh .. kelerengmu 2 biji..
    di selangkang paha..

    pasti sering dimainin :’v

  • Caesar Rendra

    ah…

    bo&#39ong kalo dicky gak maen kelereng…

    ntuh .. kelerengmu 2 biji..
    di selangkang paha..

    pasti sering dimainin :&#39v

  • Dark Ard Deidara

    aku gak maen kelereng soalnya 😐

  • Zy48

    wkwkwkwk
    permainannya ada yng kya anak cewe :v

  • Zy48

    wkwkwkwk
    permainannya ada yng kya anak cewe :v

  • Imam Fajar

    problem bro ?

  • Alief Nartama Kurniawan [@aLie

    Lek aku biasane dadi 4L4y sam, 4rek L4yangan. :3 hahaha.

  • Dicky DBoyz Rezpector

    Kejar-Kejaran = Polisi Maling Hahaha xD..

  • Alief Nartama Kurniawan [@aLie

    Lek aku biasane dadi 4L4y sam, 4rek L4yangan. :3 hahaha.

  • Dicky DBoyz Rezpector

    Kejar-Kejaran = Polisi Maling Hahaha xD..

  • Uki Nobuki

    hei kau komen di komen sendiri :3

  • Zenix

    masa masa SD jaman dulu yg indah…, sekarang anak kecil mainnya ke game online, jadi mainan lama itu lama – lama hilang jika tak dilestarikan πŸ˜€

  • Imam Fajar

    true ..

  • Komar MTp

    semuanya sudah aku mainkan kecuali bongkar pasang – cewek :p
    dan ada beberapa yang didaerahku panggilannya berbeda.

  • abduloh

    πŸ˜€ kwkwkwk soal bongkar pasang digimon we dulu banyak banget sekarang mah kaya gtu udah gak ada XD

  • Tzurya Murai

    wah pernah semua aku.. kecuali Kempyeng -.- :D,

    kok bola kelereng nggak dimasukin bang? :D, bola kelereng paling Tren pas jaman SD gue dulu.. bikin Papan, dikasih rintangan gitu (bahannya cuma pake karet sama paku).. lalu papan dimiringkan, buat dijadiin area balapan kelereng.. yg jatuh kebawah duluan dia yang menang. sama adu hewan bercangkang dari laut itu (entah apa namanya)

  • Imam Fajar

    Huaaaaaaaa aku ingat semuanya … apalagi tazos, tamagochi, beyblade, crush gear, tamiya … aku suka ngoleksi apalagi yugioh card punya selemari gw :3
    #sungguhbahagia

  • HerdianOka

    Kempyeng + Crush gear :3 gath main itu yok wakakka

  • Imam Fajar

    terus tutup botolnya malah diganti sama uang receh :3

  • Imam Fajar

    wah kempyeng kalo di bandung (daerahku namanya gegentongan) xD

  • Zenix

    masa masa SD jaman dulu yg indah…, sekarang anak kecil mainnya ke game online, jadi mainan lama itu lama – lama hilang jika tak dilestarikan πŸ˜€

  • Komar MTp

    semuanya sudah aku mainkan kecuali bongkar pasang – cewek :p
    dan ada beberapa yang didaerahku panggilannya berbeda.

  • abduloh

    πŸ˜€ kwkwkwk soal bongkar pasang digimon we dulu banyak banget sekarang mah kaya gtu udah gak ada XD

  • Tzurya Murai

    wah pernah semua aku.. kecuali Kempyeng -.- :D,

    kok bola kelereng nggak dimasukin bang? :D, bola kelereng paling Tren pas jaman SD gue dulu.. bikin Papan, dikasih rintangan gitu (bahannya cuma pake karet sama paku).. lalu papan dimiringkan, buat dijadiin area balapan kelereng.. yg jatuh kebawah duluan dia yang menang. sama adu hewan bercangkang dari laut itu (entah apa namanya)

    • Dark Ard Deidara

      aku gak maen kelereng soalnya 😐

  • HerdianOka

    Kempyeng + Crush gear :3 gath main itu yok wakakka

  • Imam Fajar

    wah kempyeng kalo di bandung (daerahku namanya gegentongan) xD

    • Imam Fajar

      terus tutup botolnya malah diganti sama uang receh :3

    • Imam Fajar

      problem bro ?

    • Yatogami Sura

      ._. sumpah gw waktu kecil jarang keluar.. jadi g tau mainan begituan…