17 Dec 2019
380

Pentingnya Nama Domain Untuk Bisnismu di Era Digital

Pentingnya Nama Domain Untuk Bisnismu di Era Digital

pentingnya nama domain untuk bisnis di era digital

Di zaman yang serba online ini, pelaku bisnis juga mulai fokus untuk meningkatkan bisnisnya ke media online. Karena saat ini yang serba online menjadi lebih digemari oleh siapapun.

Mengapa lebih memilih untuk berbisnis online? Karena mudahnya akses internet saat ini, siapa saja bisa mengakses, serta aktivitas bisnis juga berjalan lebih mudah dan cepat. Berbeda dengan zaman dahulu yang sangat terbatas akses untuk media komunikasi sehingga segala bisnis masih dijalankan secara tradisional.

Dalam berbisnis online sendiri, tidak akan lepas dengan internet. Kemudahan mengakses informasi dari internet lansung dari smartphone juga menjadi faktor utamanya. Namun, bisnis tidak lengkap tanpa sebuah website yang memiliki domain sendiri. Mengapa demikian? Mari kita kupas secara detail 🙂

Apa itu domain?

Domain merupakan sebuah penamaan unik di internet agar kita lebih mudah mengakses informasi pada suatu website. Semua website memiliki alamat IP masing-masing sebagai identifikasi server mereka.

Namun, apa kamu mau, mengakses website harus menghafal alamat IP servernya? Tentu sangat sulit. Maka dari itulah domain ada, sebagai penggantinya. Sehingga kita cukup menghafal nama domain yang lebih mudah diingat daripada alamat IP.

domain lebih mudah dihafal daripada alamat ipTentunya, mengakses sebuah website lebih mudah mengetikkan domain-nya saja ketimbang alamat IP-nya

Ketika kita mengakses sebuah domain pada browser, maka domai akan diterjemahkan ke alamat IP servernya. Sehingga kita bisa mengakses website tanpa harus hafal alamat IP-nya. Nama domainnya saja sudah cukup.

Jadi... Domain itu hanya untuk penamaan website saja ya?

Tentu saja tidak. Mungkin kegunaan utama sebuah domain adalah untuk penamaan dalam sebuah website. Tapi nyatanya, domain memiliki banyak kegunaan lainnya. Dan bisa kita manfaatkan secara maksimal untuk berbisnis secara online.

Sebelum kita memiliki nama domain, yuk kenali jenis-jenis ekstensi domain yang bisa kita gunakan.

Jenis-jenis ekstensi Domain

Ekstensi domain merupakan pengenal dari kegunaan domain itu sendiri (tadinya). Namun saat ini ekstensi domain tidak terlalu penting dan bisa digunakan untuk apapun. Contoh ekstensi domain yang paling umum kita tahu adalah .COM .NET ataupun .ORG bukan? Ya, tiap nama domain memiliki akhiran ekstensi domain.

  • gTLD (Generic Top Level Domain)

    Merupakan esktensi domain yang sangat umum digunakan.
    Dan pasti kita sudah sangat sering melihatnya di internet. Contohnya:
    .COM .NET .ORG .INFO

  • ccTLD (Country Code Top Level Domain)

    Merupakan ekstensi domain yang berasal dari singkatan nama negara. Yang umumnya digunakan oleh warga negara masing-masing. Contohnya:
    .ID untuk Indonesia,
    .US untuk Amerika Serikat,
    .IN untuk India,
    .ME untuk Montenegro,
    .TV untuk Tuvalu,
    .EU untuk wilayah Eropa.

    Namun meskipun merupakan kode negara, terkadang digunakan sebagai domain hacks, alias menciptakan suatu kata yang enak dibaca.
    Contoh, website tentang kursus online, bisa pakai domain pelajar.in.
    Atau untuk stasiun televisi, misalnya spacetoon.tv
    (meski domain .tv aslinya kode dari negara Tuvalu).

Tips memilih nama domain yang tepat untuk bisnismu

Untuk memilih nama domain, tentukan ekstensi domain yang mau dipakai terlebih dahulu. Sebagai saran, gunakan ekstensi yang paling umum digunakan. Yaitu .COM

Jika ternyata nantinya tidak tersedia, bisa gunakan alternatifnya menggunakan .ID. Dan lebih bagus lagi jika telah memiliki Surat Ijin Usaha Perdagangan (SIUP), maka bisa mendaftarkan domain .CO.ID agar lebih dipercaya oleh customer karena tidak semua orang bisa memiliki domain .CO.ID sembarangan.

Untuk nama yang didaftarkan, usahakan sesuai dengan nama brand/merk/nama usaha kamu. Dengan begitu akan lebih professional. Sebagian orang juga menggunakan kata kunci dari bisnisnya agar lebih mudah ditemukan. Sah-sah aja.

nama domain penting sebagai brandingNama domain juga sebagai branding

Yang penting: Selalu samakan nama domain, dan username di berbagai sosial media. Mengapa? Selain sebagai tanda professionalitas, juga membantu customer untuk menemukan akun social media bisnismu dengan tepat karena memiliki identitas yang selaras.

Contohnya, jika misal nama brand/bisnismu KeripikTaroku. Maka pilih domain keripiktaroku.com dan gunakan username KeripikTaroku di berbagai social media:

pastikan nama domain dan semua username di sosial media selalu samaDengan menggunakan nama domain dan username yang selalu sama, akan memudahkan customer menemukan bisnismu di mana saja

Jika nama domain dan username sosial media sudah sama, maka customer lebih mudah menemukan bisnismu di mana saja. Dan lebih dianggap professional dalam mengelola sebuah bisnis.

Pilih registar yang tepat untuk membeli domain

Jika sudah menentukan nama domain yang diinginkan, selanjutnya adalah pilih registar yang tepat untuk membeli domainnya. Pilih Registar yang terpercaya, dan aman, serta telah memiliki reputasi yang baik.

Contohnya, RumahWeb.com di mana menyediakan domain murah, dan juga hosting murah untuk kebutuhanmu dalam membuat website, ataupun mengelola domain. Murah, bukan berarti murahan. Aku rekomendasikan RumahWeb karena meskipun murah tetapi berkualitas.

Cara membeli domain, buka RumahWeb.com lalu ketikkan domain yang kamu inginkan pada kotak yang tersedia. Jika domain tersedia, klik tombol daftar untuk lanjut ke pembayaran.

Beli domain di RumahWeb sangat mudah

Gunakan nama domain untuk website kamu

Di RumahWeb juga menyediakan hosting di mana kamu bisa membuat sebuat website. Jangan khawatir, RumahWeb juga menyediakan fitur Website Builder di setiap paket hostingnya. Sehingga kamu bisa membuat website sendiri semudah drag n drop. Tanpa perlu bisa bahasa pemrograman.

Website merupakan elemen penting dalam berbisnis. Jika kamu memiliki website, otomatis customer kamu akan tahu, bahwa kamu telah menjalankan bisnis tersebut dengan serius. Artinya, kepercayaan terhadap bisnismu juga akan meningkat.

Domain secara umum digunakan untuk alamat website

Tidak memiliki website, domain bisa dialihkan ke marketplace atau profile sosial media bisnis kamu.

Jika dirasa kamu akan kerepotan mengelola website, jangan khawatir. Domain kamu juga bisa digunakan sebagai shortcut untuk mengakses halaman marketplace kamu (apabila bisnis kamu merupakan berjualan online), atau profil sosial media kamu (seperti Instagram, atau Facebook).

Jadi ketika mengakses domain kamu di browser, yang terbuka adalah profil sosial media kamu. Dengan begitu customer juga lebih mudah ketika ingin membuka profil bisnismu, atau ingin melihat-lihat katalog produk/jasa yang kamu tawarkan.

Domain juga bisa dialihkan ke social media ataupun marketplace

Apa cuma itu manfaat dari sebuah nama domain? Tentu saja tidak ferguso...

Manfaatkan nama domain untuk memiliki email professional sendiri

Dengan memiliki nama domain, bisnismu juga bisa memiliki email sendiri yang lebih professional. Tentu saja membutuhkan konfigurasi khusus pada hosting yang telah kamu miliki, atau bisa menggunakan layanan email custom sendiri seperti layanan email Zoho maupun Yandex.

Mengapa harus memiliki email bisnis yang professional? Selain meningkatkan rasa kepercayaan dari customer, juga sebagai tanda bahwa kamu menjalankan bisnis dengan serius. Dan yang paling penting, customer kamu tidak akan salah kirim email. Karena dalam berbisnis, pasti ada saja yang berusaha menjatuhkan kita dengan melakukan penipuan ataupun menggunakan nama bisnis yang mirip-mirip.

Dengan memiliki email custom sendiri, customer akan dengan mudah menemukan alamat email kita yang asli, dan terhindar dari email penipuan yang mengatas namakan bisnismu. Tuh, keren kan!

Dengan email custom domain,
maka akan lebih professional

Karena Gmail ataupun Yahoo Mail bisa didaftar gratis, sehingga semua orang bisa membuat email tersebut dengan nama yang mirip bisnismu untuk melakukan penipuan. Untuk menghindari kebingungan customer dan menghindari penipuan, alamat email dengan domain sendiri sangatlah penting dalam berbisnis.

Mungkin sebagian orang tidak mau memiliki email dengan custom domain dikarenakan kerepotan jika telah memiliki email lama, dan harus memiliki akun email baru.

Hal ini bukanlah masalah besar. Dikarenakan ada fitur email forwarding. Di mana jika seseorang mengirimkan email ke alamat email custom domain kamu, maka emailnya akan diteruskan ke alamat email yang kamu miliki saat ini, secara otomatis.

Selain itu, pada gmail, kamu juga bisa mengelola beberapa email sekaligus dalam satu akun gmail. Bahkan meskipun emailnya dari provider lain (seperti Yahoo dan Yandex misalkan), juga email custom domain kamu sendiri yang digunakan untuk berbisnis.

Sehingga untuk melakukan kirim dan terima email dari semua akun email tersebut, cukup menggunakan satu akun Gmail saja. Zaman serba canggih dan mudah. Jangan dipersulit 🙂 Untuk menikmati fitur ini, kamu cukup mengkonfigurasi SMTP dan POP/IMAP pada menu settings Gmail kamu untuk mengelola akun email lainnya.

Settingnya bagaimana? Kamu bisa membaca panduan di masing-masing email provider kamu yang ingin ditambahkan ke akun Gmail. Karena konfigurasinya pasti berbeda-beda.

fitur pop imap smtp gmail untuk beberapa email sekaligusFitur SMTP dan POP/IMAP Gmail
untuk mengelola beberapa email sekaligus
dalam satu akun Gmail saja

Jangan lupa, sertakan domain di profile social media

Nah, bisnis kamu telah memiliki nama domain sendiri nih. Jangan lupa sertakan di semua profil sosial media bisnis kamu. Agar follower kamu semakin yakin dan tau bahwa profile kamu merupakan akun yang asli. Untuk menghindari penipuan juga. Dan lebih professional tentunya.

Dan jika telah memiliki email dengan custom domain sendiri, boleh juga dicantumkan di bio profil. Contohnya seperti di bawah ini.

cantumkan domain di profil sosial mediaCantumkan domain kamu di profil sosial media.
Juga email bisnismu untuk mempermudah customer menghubungimu

Nah, itu tadi berbagai pemanfaatan nama domain untuk bisnis dan cara menentukan domain yang tepat. Karena kebanyakan masih sering ditemukan orang memilih nama domain asal-asalan untuk bisnisnya, dan tidak selaras dengan profil sosial medianya. Sehingga berkesan kurang professional.

Yuk, segera miliki domain untuk bisnismu, agar bisnis juga semakin berkembang dan professional di era digital ini.

Summary
Pentingnya Nama Domain Untuk Bisnismu di Era Digital
Article Name
Pentingnya Nama Domain Untuk Bisnismu di Era Digital
Description
Di era digital ini bisnis semakin mudah dijalankan dengan online. Namun, bisnis online tidak lengkap sebelum memiliki nama domain sendiri.
Author
Publisher Name
Eirudo
Publisher Logo
Caci Maki Kalian
Site of the Year - Indonesia Website Awards (IWA) 2018
Download